Penggunaan Aplikasi Contoh, Tujuan dan Klasifikasi

Penggunaan aplikasi

Penggunaan Aplikasi – Tahukah kamu, definisi aplikasi, apa itu aplikasi dan pengertian dari aplikasi? Tujuan, operasi (mekanisme), jenis, apa perbedaan dengan perangkat lunak ( software ) dan program dan mengapa itu penting? Ya, mungkin seperti ini sudah kamu ketahui, jika pengguna menggunakan langsung dengan software, sering disebut sebagai aplikasi perangkat lunak. Misalnya, Microsoft Word atau Excel adalah software aplikasi, seperti browser umum atau browser web seperti Firefox atau Google Chrome. 

Untuk kelompok aplikasi seluler ini termasuk aplikasi komunikasi seperti WhatsApp atau game seperti Mobile Legend atau PUBG. Ada juga dari kategori aplikasi dari layanan umum, seperti kesehatan, menyediakan informasi cuaca atau lalu lintas, atau aplikasi yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan bisnis. Aplikasi seluler berbeda dari perangkat lunak sistem yang berinteraksi dengan software atau hardware lain. mengenai hal tersebut, pada artikel sebelumnya membahas pengertian aplikasi, fungsi aplikasi dan manfaatnya disini kita membahas tentang tujuan aplikasi, klasifikasi aplikasi dan contoh dari aplikasi. Berikut ulasannya!

Tujuan dari Penggunaan Aplikasi 

Saat membahas arti aplikasi dan penting untuk memahami tujuannya, bukan? Ya, pengembang ponsel cerdas atau aplikasi seluler membuat kode untuk aplikasi asli, web, atau hibrida. Istilah aplikasi ini juga dapat merujuk ke aplikasi desktop. Mereka mengizinkan user hardware tertentu, seperti kamera dan GPS, untuk berjalan dalam bahasa pemrograman dengan sistem operasi yang umumnya. Misalnya, aplikasi Foto Mac OS X ditulis  pemrograman Objective C. 

Aplikasi hibrida biasanya mempunyai API untuk mengakses perangkat seperti aplikasi asli, tetapi dasarnya ditulis seperti HTML dan CSS. kemudian, mereka (pengembang) sering memprogram aplikasi seluler untuk bekerja untuk platform perangkat tertentu. Apa yang membuat tujuan aplikasi adalah aplikasi ini dirancang dan dimaksudkan untuk berinteraksi dengan pengguna akhir komputer atau perangkatnya dan berfungsi dengan membantu user melakukan tugas-tugas tertentu.  Tujuan aplikasi merupakan dibentuk untuk pengguna, aplikasi ini memiliki grafis (GUI) yang digunakan pengguna untuk melakukan interaksi dengan aplikasi. Oleh sebab itu, tujuan dari aplikasi adalah untuk melengkapi kebutuhan user atau pengguna.

Klasifikasi dan Jenis dari Penggunaan Aplikasi 

Untuk mempergampang kamu dalam mengkategorikan jenis – jenis aplikasi yang dipakai, berikut klasifikasi dari aplikasi yaitu : 

  • Bisnis Software

Bisnis Software aplikasi berfungsi sebagai mengolah sistem keuangan, melihat jumlah pesanan dari pelanggan dimana aplikasi ini mempunyai fungsi untuk bisnis / perusahaan.

  • Personal Komputer Software

Aplikasi yang dipakai oleh pengguna secara resmi atau penggunaan pribadi

  • Sistem Software

System Software adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan proses operasi internal yang akan dikelola pada suatu sistem PC/ komputer

  • Real Time Software

Real time software adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan, menganalisis serta mengamati keadaan secara langsung di dunia nyata.

  • Engineering dan Sains Software

Aplikasi yang berfungsi untuk menolong manusia memecahkan masalah yang bersifat khusus

  • Web Based Software

Web based software adalah aplikasi yang digunakan sebagai penghubung dari media ke pengguna dalam internet yang dilakukan secara langsung

Cara Pengaplikasian atau Penggunaan Aplikasi 

Sebuah “aplikasi web” atau fungsi atau mekanisme operasi dari aplikasi web. Artinya, bagaimana menggunakan aplikasi ? terlihat seperti ini: 

  1. Dipicu ketika pengguna menggunakan aplikasi web melalui browser web atau aplikasi seluler dan memulai awal ke server web melalui internet. 
  2.  Server web kemudian meneruskan permintaan dari aplikasi web ke server, melakukan tugas yang diinginkan (seperti permintaan basis data atau pemrosesan data), dan  menghasilkan keluaran dari data yang diminta. 
  3.  Kemudian web server dari aplikasi web mengirimkan hasilnya lalu  kembali ke server web. 
  4. Dan terakhir, server web mengirimkan data yang diminta ke perangkat keras kita (desktop, ponsel, tablet, dll.) lalu,  informasi tersebut ditampilkan di layar.

Contoh Aplikasi yang Sering Digunakan

contoh aplikasi terpopuler yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari atau mungkin kamu sudah gunakan : 

  1. Whatsapp
  2. Instagram
  3. Youtube
  4. Spotify
  5. Microsoft Office
  6. Gmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *