Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi Komunikasi

Pengertian teknologi informasi komunikasi

Pengertian TIKApa itu TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi? Secara terminologi, pengertian TIK adalah  proses transmisi informasi melalui komputasi, dimana informasi dikirim dan diterima dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Menurut pendapat lain, pengertian TIK adalah hasil ergonomi yang melakukan proses penyimpanan informasi dan pesan, ide dan gagasan dari satu server ke server lain agar lebih cepat, lebih luas, dan lebih lama. Pengertian lainnya , TIK adalah semua teknologi yang terkait dengan perangkat teknologi yang digunakan untuk memproses dan mendistribusikan informasi. Dalam hal ini TIK mencakup teknologi, informasi, dan teknologi khusus yang berkaitan dengan penguasaan, pemrosesan, penggunaan, dan  hubungan antara manusia dan peralatan komputer dalam berbagai kegiatan. Sosial, ekonomi, budaya, dll. 

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi Menurut Ahli

Setelah kamu mengerti apa itu TIK, kamu bisa melihat melihat pengertian lainnya dari para ahli : 

  • Menurut William E. Sawyer

Pengertian TIK adalah Struktur teknologi yang menggabungkan hardware seperti komputer dengan jaringan komunikasi yang kuat untuk mentransfer file, data, video, dan audio. Jaringan ini bisa disebut Internet. 

  • Menurut Eric Deeson

Pengertian TIK adalah Kebutuhan manusia dalam melakukan proses memperoleh, mentransmisikan, mengolah informasi dalam konteks sosial yang bermanfaat bagi manusia dan masyarakat secara keseluruhan. “Teknologi Informasi (TI) berarti pemrosesan informasi dengan sarana listrik dan elektronik (dan mikroelektronika).”

  • Menurut Puskur Diknas Indonesia

Pemrosesan mencakup transmisi, pemrosesan, penyimpanan, dan akses. Secara khusus, TI menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk tugas-tugas individu ini untuk mempengaruhi orang dan masyarakat.

  • Menurut Anatta Sannai

Secara keseluruhan,  Pengertian TIK adalah seperangkat struktur yang saling berhubungan yang berisi kegiatan untuk memproses, mengelola, memanipulasi, dan mentransfer data dan informasi dari satu media ke media lainnya.  TIK adalah alat yang dipakai orang untuk membentuk informasi dan pengetahuan dari orang lain.

Fungsi TIK ( Teknologi dan Komunikasi )

Fungsi teknologi informasi dan komunikasi 

fungsi teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mendukung proses pengiriman dan penerimaan informasi. Fungsi TIK dalam kehidupan manusia adalah sebagai berikut. Dengan fitur  : 

  1. capture, ICT bertindak sebagai alat untuk mendapatkan informasi dari bermacam sumber. Ini memungkinkan pengguna untuk menyingkirkan informasi terpercaya dan fakta
  2. Kemampuan pemrosesan, dalam hal ini TIK, dapat berupa kombinasi dari beberapa rangkaian kegiatan. Misalnya, komputer menerima data input dari pemindai dan memproses data itu menjadi  informasi dalam bentuk teks atau gambar.  
  3. Fungsi pembangkitan, teknologi informasi, dan fungsi komunikasi sebagai alat untuk pengelolaan informasi yang lebih terarah, sehingga lebih mudah dipahami. Sebagai contoh; deskripsi informasi dalam bentuk tabel atau grafik. Sebagai fungsi penyimpanan, TIK juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk menyimpan atau menyimpan informasi dan data pada media tertentu nantinya akan dapat digunakan setiap saat. 
  4. Fungsi pencarian memungkinkan orang dengan  TIK untuk mencari, menyalin, dan melanjutkan data dan informasi lama yang sudah disimpan di  media penyimpanan. Misalnya, seorang user komputer membuka data yang terdapat pada flash drive. TIK yang merupakan fungsi transmisi, juga berfungsi sebagai alat untuk mentransmisikan data dan informasi digital dengan menggunakan perangkat komputasi sebagai medianya. Misalnya, mengirim data ringkasan dari satu komputer di jaringan Anda ke komputer lain.

Manfaat teknologi informasi dan komunikasi 

Tentu saja, setelah membahas fungsi TIK, kita dapat menggali manfaat apa yang mereka bawa ke manusia. Di bawah ini adalah lima manfaat utama TIK bagi manusia. 

  1. Sebagai Sarana Komunikasi 

Sekarang cara orang berkomunikasi telah berubah dari waktu ke waktu. Surat dulunya merupakan alat komunikasi yang paling umum, tetapi alat komunikasi sekarang ini menggunakan email, ponsel, dan media sosial.  

  • Mempermudah proses belajar. Dahulu media informasi dan pendidikan hanya berupa media cetak seperti buku, majalah, dan surat kabar, namun kini media tersebut dengan mudah dikonversi dari informasi artikel website, ebook, video, dan format lainnya, telah  digantikan oleh internet yang dapat diakses
  • Media Informasi dan Komunikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi baik melalui perangkat mobile maupun komputer. Selain itu, siapapun dapat memperdalam ilmunya dengan saling bertukar informasi antar pengguna internet. 
  1. Hemat

Teknologi informasi dan komunikasi telah mengalami pertumbuhan yang sangat maju. Berbagai informasi dapat diperoleh secara gratis, dan komunikasi dengan orang lain menjadi lebih murah dengan menggunakan Internet, perangkat seluler, dan komputer pribadi. Meningkatkan produktivitas Manfaat TIK dalam meningkatkan produktivitas  dirasakan oleh masyarakat luas. Misalnya, karyawan dapat mengirim email hasil pekerjaannya kepada manajer dan kolega mereka. Ini membuatnya lebih cepat dan lebih aman.

Sejarah Singkat Perkembangan TIK 

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berjalan jauh. Ada peristiwa penting yang berperan penting dalam perkembangan TIK, beberapa di antaranya adalah; 

  1. Alexander Graham Bell (1875) menemukan telepon. 
  2. Transmisi audio nirkabel oleh siaran  AM (1910-1920).
  3.  Philo Farnsworth (1928) menemukan sistem televisi / televisi pertama di dunia. Penemuan komputer  (1943). 
  4.  Penemuan Internet oleh Leonard Kleinlock (1969).  
  5. Penemuan  email oleh Raymond Samuel Tomlinson (1971).  
  6. Penemuan telepon genggam atau handphone oleh Martin Cooper (1973).  

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dimulai sejak zaman penjajahan hingga dimulainya kemerdekaan, pada saat itulah penggunaan radio dan televisi dimulai. Dan saat ini penggunaan TIK di Indonesia begitu tinggi bahkan mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat secara umum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *