Apa itu Wifi? – Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya

pengertian Jaringan wifi

Apa itu Wifi ? WIFI adalah teknologi komunikasi nirkabel yang  mengkoneksikan dua perangkat atau lebih menggunakan gelombang radio dan bertukar informasi. singkatan Wifi dari Wireless Fidelity” dan merupakan teknologi komunikasi nirkabel yang  menghubungkan dua perangkat atau lebih menggunakan gelombang radio dan bertukar informasi.

Cara Kerja Jaringan WiFi

WiFi adalah jaringan area lokal atau LAN (local area network) yang tidak membutuhkan  kabel berkecepatan tinggi. WiFi disebut sebagai WLAN atau jaringan area lokal nirkabel. Sinyal nirkabel adalah kunci untuk memungkinkan komunikasi melalui jaringan WiFi. Teknologi ini memakai 2 frekuensi radio untuk mengirim dan menerima sinyal radio. Kedua frekuensi radio tersebut adalah 2.4GHz dan 5GHz. Router yang menerima data dari Internet mengubahnya menjadi sinyal nirkabel dan mengirimkannya melalui antena WiFi ke perangkat penerima Wi-Fi seperti smartphone atau laptop  dengan sirkuit Wi-Fi. Setelah menerima sinyal Wi-Fi ini, komputer atau smartphone segera membacanya dan mengubahnya menjadi data yang dapat dipahami perangkat. Oleh karena itu, ada koneksi antara pengguna dan jaringan. Demikian pula, saat mengirimkan informasi dari komputer atau ponsel, perangkat mengubah data menjadi sinyal nirkabel dan mengirimkannya melalui antena. Jangkauan dari router  Wi-Fi dalam ruangan atau hotspot WiFi adalah sekitar 100 kaki, tetapi bisa lebih lama lagi  di luar ruangan. Secara umum, kecepatan koneksi juga sangat bergantung pada kedekatan perangkat penerima dan sumber sinyal nirkabel. Koneksi Wi-Fi meningkat saat perangkat pengguna mendekati router atau hotspot. Di sisi lain, koneksi sinyal Wi-Fi akan lebih lambat jika kalian jauh dari sumber sinyal.

Secara teknis, jenis wi-fi ini adalah istilah industri untuk jenis protokol jaringan area lokal nirkabel yang didasarkan standar jaringan IEEE 802.11. Untuk alasan ini, banyak perusahaan mulai menawarkan Wi-Fi untuk memungkinkan pelanggan mereka tinggal lebih lama di kedai kopi dan restoran. Frekuensi WLAN oleh insinyur listrik dan elektronik atau IEEE dapat dibagi menjadi empat bagian. Yaitu, 

 802.11b 11 Mb / s 2,4 GHz B 

 802.11g 54Mbps 2.4GHz B, G 

 802.11a 54Mbps 5GHz

 802.11n 100Mbps 2.4GHz B, G, N 

 Tipe B adalah produk WLAN pertama, dan G dan N adalah  produk yang umumnya sangat populer untuk dijual pada tahun 2005.  Dari format fisik WLAN juga dapat dibagi menjadi dua bagian, format PCI bentuk USB.  Jenis PCI biasanya digunakan di PC dan PC, tetapi jenis USB sangat portabel, tetapi digunakan di laptop dan PC karena memiliki jenis konektor USB untuk kenyamanan pengguna.

Fungsi Jaringan WiFi

Berikut adalah fungsi jaringan wifi yang harus kalian tau adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai router, merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi mengkoneksi dua LAN yang berbeda dengan satu segmen IP.  Router WiFi adalah koneksi internet / penyedia internet dengan  klien atau pengguna Wi-Fi. Router sebagai access point yang berfungsi sebagai terminal pusat. Semua klien nirkabel harus terhubung ke titik akses sebelum berhubungan dengan klien lain. 
  2. Wi-fi berfungsi access point 

persamaan fungsi switch atau hubungan pada jaringan router dan access point adalah 2 fungsi perangkat jaringan yang bekerja sama membentuk unit transmisi sinyal Wi-Fi. Titik akses membentuk hotspot dan router mengatur jalannya data. Router mempunyai kemampuan untuk mengirim paket data atau informasi dari satu lokasi ke lokasi lain melalui Internet atau jaringan. Perangkat ini diperlukan untuk meneruskan paket data  ke jaringan pada rute yang benar. Sebagai perusahaan MSP dengan memiliki pengalaman 12 tahun di Indonesia, Hypernet menawarkan layanan teknologi dan informasi berupa layanan Wi-Fi yang dirancang untuk menangani ruang kerja yang berbeda dalam satu perangkat.

Manfaat WiFi 

Terdapat manfaat wifi yang sudah dirasakan pada kegiatan sehari hari, seperti: 

 1. Bisa untuk Membagikan Folder atau File 

 Ketika menggunakan jaringan wi-fi, perangkat yang terkoneksi dapat saling bertukar data file secara aman. 

 2. Dapat Terkoneksi Dengan Internet 

 Ketika menggunakan jaringan wi-fi, anda nantinya bisa saling berbagi internet dengan lebih mudah dan bisa terkoneksi dengan internet hanya dengan menyalakan perangkat wi-fi yang disediakan pada perangkat. 

 3. Dapat Mensinkronisasi telepon tanpa USB 

 Wi-Fi memudahkan untuk menghubungkan ponsel Anda ke laptop Anda tanpa perlu USB atau kabel. Pengguna harus mengaktifkan konektivitas nirkabel di  perangkat seluler mereka. 

4. Transfer video dan video dari kamera digital 

 Jaringan Wi-Fi memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau video dan kemudian mengirimkan hasilnya langsung ke laptop mereka saat terhubung ke jaringan

5. Dapat Langsung Cetak ke printer 

 Anda juga dapat dengan mudah mencetak data dari perangkat ke printer yang sudah memiliki jaringan Wi-Fi dengan menggunakan jaringan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menghubungkan port USB ke printer Anda hanya untuk mencetak dokumen.

Baca juga : 6 Keunggulan Cloud Storage untuk Bisnis Online Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *