Cara Mengembalikan Data WhatsApp yang Terhapus

Ada beberapa cara mengembalikan data WhatsApp yang terhapus. Hal ini bisa menjadi solusi tepat bagi kamu yang sering tidak sengaja menghapus data di aplikasi berkirim pesan ini.

Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp merupakan aplikasi untuk berkomunikasi yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berkirim pesan, telepon, video call, mengirim foto, video, hingga dokumen.

Jika dibandingkan dengan email, WhatsApp jauh lebih praktis untuk mengirim file. Sayangnya, banyak pengguna aplikasi ini yang sering tidak sengaja menghapus data di dalamnya tanpa mengecek ulang. Sehingga, data di dalamnya ikut terhapus. 

Terutama foto dan dokumen yang belum sempat disimpan ke memori smartphone. Tapi tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan data tersebut. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini.

Cara Mengembalikan Data WhatsApp yang Terhapus

Untuk mengembalikan data yang sudah terhapus, tentunya tidak bisa serta merta begitu saja. Sebab, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi di mana datanya akan terhilang secara permanen jika dihapus. 

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar data tersebut tidak terhapus secara permanen. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Gunakan Aplikasi File Backup

Aplikasi file backup merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi lain. Termasuk di dalamnya adalah data dari aplikasi WhatsApp.

Aplikasi ini banyak tersedia di Play Store dan App Store, bahkan banyak di antaranya yang gratis dan memiliki fitur lengkap. Cara menggunakan file backup adalah:

  • Pilih aplikasi file backup yang terpercaya di Play Store atau App Store.
  • Download, kemudian install aplikasi tersebut.
  • Buka, kemudian pilih aplikasi WhatsApp untuk membackup data di dalamnya.
  • Pilih rentang waktu untuk melakukan back up. Biasanya tersedia harian, mingguan, hingga bulanan. Semakin sering melakukan backup, maka risiko kehilangan data di masa depan semakin kecil.
  • Jika ada data WhatsApp yang terhapus, maka  tinggal mencari file backup di aplikasi ini. Maka secara otomatis akan terbuka di WhatsApp.

Kamu perlu tahu bahwa aplikasi gratis mungkin akan memiliki banyak iklan yang sedikit mengganggu. Oleh sebab itu, jika memang memiliki budget lebih kami menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi berbayar.

  • Kembalikan Data Melalui Google Drive

Selain menggunakan aplikasi file backup, kamu juga bisa menggunakan Google Drive untuk mengembalikan data yang hilang. Cara ini dianggap sangat praktis dan lebih aman dibandingkan dengan menggunakan aplikasi file backup.

Menariknya, kamu juga bisa memilih rentang waktu untuk melakukan backup. Misalnya harian, bulanan, hingga tahunan. Tapi, cara ini hanya bisa digunakan pada perangkat android. Berikut ini adalah cara mengembalikan data WhatsApp yang terhapus menggunakan Google Drive:

  • Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Google Drive.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Buka menu pengaturan.
  • Buka bagian Chat.
  • Scroll hingga bawah, kemudian buka menu Chat Backup.
  • Klik tombol hijau yang bertuliskan ‘Backup Chat’. Maka chat dan semua data di dalamnya akan di backup.
  • Cara mengembalikan data WhatsApp yang terhapus, kamu perlu menguninstall aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Kemudian, lakukan registrasi.
  • Akan muncul pilihan mengembalikan file yang di backup. Maka pilih akun Google Drive tempat kamu menyimpan file WhatsApp tersebut.
  • File yang terhapus akan muncul kembali seperti sedia kala, apa lagi jika kamu rutin membackupnya.
  • Kembalikan Data Melalui iCloud

Cara mengembalikan data dari iCloud hampir sama seperti Google Drive. Bahkan, langkah-langkahnya sama saja. Yang membedakannya adalah fitur iCloud dikhususkan untuk iOS.

Saat ini ada beberapa cara untuk mengembalikan atau mengamankan data WhatsApp yang terhapus dengan mudah. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan dari Cloud Storage For IndiHome yang terpercaya untuk mengamankan semua data penting.

Mulai sekarang, jangan pernah malas untuk membackup file WhatsApp. Sehingga, cara mengembalikan data WhatsApp yang terhapus dapat dilakukan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *