6 Keunggulan Cloud Storage untuk Bisnis Online Berikut

Masih sangat sedikit orang yang mengetahui keunggulan cloud storage untuk bisnis online. Hal itu membuatnya masih jarang digunakan dalam kegiatan pengembangan bisnis. Padahal jika kamu menggunakannya, bisnis bisa cepat berkembang.

Cloud storagenya tersebut merupakan wadah atau tempat menyimpan data-data di internet yang bisa diakses kapan dan oleh siapa saja. Untuk membukanya, kamu perlu terhubung ke jaringan internet.

Sekilas, penyimpanan awan atau cloud storagenya serupa dengan server yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tapi, terdapat perbedaan mencolok diantara keduanya yakni pada kecepatan dalam penerimaan datanya.

Meskipun berbeda, keduanya menjadi layanan yang sama-sama dibutuhkan dalam pengembangan bisnis. Baik server maupun penyimpanan awan, penggunaan dari keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Keunggulan Cloud Storage 

Cloud storage semakin diminati oleh para pemilik perusahaan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanannya. Seperti diketahui, penyimpanan awan bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyimpan berbagai data di internet.

Selain kapasitas penyimpanannya yang besar, kemudahan dalam mengaksesnya kembali juga menjadi alasan lain dari pemilihannya. Berikut adalah beberapa keunggulan lain ketika kamu menggunakan penyimpanan awan.

1. Mencadangkan Data Lebih Mudah

Keunggulan cloud storage  memiliki sistem pencadangan yang lebih baik daripada penyimpanan fisik. Saat ini, pencadangan tentu sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi keadaan darurat.

Seperti diketahui jika penyimpanan fisik sangat mudah untuk dihancurkan atau dimusnahkan dan sulit dicadangkan. Dengan begitu, data-data di dalamnya tentu akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

2. Peningkatan Kinerja dalam Bisnisnya

Ketika menggunakan penyimpanan awan berbasis internet ini tentu akan memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah tidak perlu membawa penyimpanan dalam bentuk fisik di setiap kegiatan bisnis penggunanya.

Tentu ini menjadi keunggulan cloud storage untuk bisnis online yang sangat menguntungkan penggunanya. Secara tidak langsung, penggunaannya berhasil meningkatkan kinerja dalam berbisnis agar lebih efisien.

3. Memberikan Kemudahan dalam Bekerja Sama

Jika menggunakannya, kamu bisa mengontrol karyawan yang bekerja hanya dengan melalui internet. Adanya sistem tersebut membuat kamu semakin mudah untuk melakukan kerjasama dengan karyawan atau rekan bisnisnya.

Beberapa kemudahan dalam bekerja sama yang bisa didapat salah satunya adalah berbagi file data. Apalagi ketika kamu sedang melakukan proyek yang membutuhkan kontrol secara cepat.

1. Penyimpanan Tanpa Batas

Keunggulan cloud storage untuk bisnis online lainnya adalah menawarkan kapasitas penyimpanan tidak terbatas. Penyimpanannya tersebut tentu akan membantu dan mendukung perkembangan bisnis kamu terutama dalam hal menyimpan data.

Hal ini tentu berbeda jika menggunakan penyimpanan dalam bentuk fisik. Penyimpanannya tersebut memberikan kapasitas ruangan yang besar, tapi masih memiliki batas misalnya saja seperti 512 GB hingga 1 Tera saja.

2. Kontrol Data dengan Mudah

Bisa dibilang, ketika menggunakan penyimpanan konvensional sangat mudah mengalami kebocoran data. Apalagi, sangat sulit untuk memantau dan mengontrol siapa saja yang menduplikat data-data di dalamnya.

Dengan kehadiran cloud storage berbasis internet sangat menguntungkan penggunanya. Bisa dibilang, salah satu keunggulan cloud storage untuk bisnis online adalah memudahkan penggunanya dalam mengontrol siapa saja yang membukanya.

3. Biaya Murah

Keunggulan lain ketika menggunakan penyimpanan ini adalah tidak memakan biaya yang mahal. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak ketika ingin menggunakan layanan tersebut.

Biayanya yang murah juga membuat para penggunanya tidak merasa terbebani. Jika dilihat dari banyaknya keunggulan yang akan didapatkan, biaya tersebut tentu murah jika dibandingkan dengan penyimpanan konvensional. 

Jika tertarik untuk menggunakannya, kamu tentu perlu memilih cloud storage terbaik yang tersedia. Dengan begitu kamu akan dengan mudah mendapatkan keunggulan cloud storage untuk bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *