Tahukah Kalian Apa itu Pengertian Aplikasi? Fungsi, Jenis dan Contohnya

pengertian, jenis dan manfaat aplikasi

Pengertian Aplikasi – Bagi kamu  pengguna smartphone pasti tidak asing lagi dengan istilah aplikasi. Tapi tahukah kamu arti aplikasi yang sering kamu gunakan sebagai user smartphone? Dari segi TI, aplikasi berjalan dalam bentuk software/program komputer. Perangkat lunak / program komputer berjalan pada sistem tertentu yang kemudian  dibuat dan dikembangkan untuk menjalankan instruksi tujuan tertentu. Desainer dan pengembang aplikasi, yang disebut pengembang, merancang atau merakit aplikasi sebelum menjualnya. Namun, kamu bisa mendownload berbagai jenis aplikasi gratis di store smartphone.

Bagi pengguna, aplikasi bisa menjadi hasil akhir pengembangan yang dapat membantunya. Namun untuk yang  masih bingung dengan istilahnya, yuk pelajari lebih lanjut aplikasinya di bawah ini. Simak dan pahami secara detail apa itu aplikasi, mulai dari definisi aplikasi, fitur aplikasi, klasifikasi aplikasi, fungsi aplikasi hingga contoh aplikasi.

 

Pengertian dari Aplikasi – Istilah

Pengertian Aplikasi – Aplikasi adalah perangkat lunak yang digabungkan dengan fitur khusus untuk akses pengguna.  App Store dan Android App Store memiliki jutaan aplikasi yang menawarkan layanan aplikasi. Aplikasi adalah pada dasarnya merupakan  ekonomi seluler. Dalam peluncuran iPhone pada tahun 2007 dan App Store pada tahun 2008, aplikasi telah menjadi titik masuk utama bagi pengguna ke dalam revolusi smartphoneKemudian, aplikasi bisa menolong menciptakan  industri multi-miliar dolar. Misalnya, game seluler saat ini memiliki pendapatan lebih dari $30 miliar per tahun, sedangkan aplikasi dari suatu perusahaan media sosial seperti Facebook mempunyai berkontribusi signifikan terhadap pendapatan miliaran dolar setiap kuartal. 

Peningkatan popularitas yang signifikan ini berdampak langsung pada pengiklan. Karena penggunaannya yang meluas, penggunaan seluler sebagai saluran periklanan utama untuk bisnis menjadi lebih penting. Selain itu, aplikasi seluler penting karena cukup fleksibel untuk sangat menyederhanakan kehidupan orang.

Pengertian dari Aplikasi Menurut Para Ahli

Supaya kamu bisa mengerti lebih paham arti aplikasi, kamu dapat membaca pengertian aplikasi menurut para ahli

  • Pengertian Aplikasi Menurut Harip Santoso

Pengertian aplikasi adalah sekelompok file “laporan, kelas, formulir”.Contohnya, itu dibuat untuk mengerjakan aktivitas tertentu yang saling tertautan suatu Aplikasi aset tetap dan penggajian. 

  • Pengertian Aplikasi Menurut Hengky W. Pramana

Konsep aplikasi adalah  misalnya, perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai pekerjaan dan profesi. Pelayanan publik, kegiatan komersial, periklanan, permainan, dan berbagai kegiatan lainnya

  • Pengertian Aplikasi Menurut Sri Widianti

arti dari aplikasi dibuat untuk front end untuk sistem yang digunakan untuk mengolah data, dengan informasi yang berguna seperti: Ini adalah perangkat lunak yang menjadi pengguna.

  • Pengertian Aplikasi Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community

Definisi aplikasi merupakan komponen yang berguna, misalnya sebagai media untuk melakukan pengolahan data  dan aktivitas lainnya. Membuat dan mengedit file atau dokumen..

  • Pengertian Aplikasi Menurut Rachmad Hakim S.

Konsep aplikasi adalah misalnya  perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan tertentu. Untuk memproses dokumen, game, dll

  • Pengertian Aplikasi Menurut Ibisa

Aplikasi merupakan alat yang mempermudah dan mempercepat proses kerja serta tidak membebani pengguna

  • Pengertian Aplikasi Menurut Yuhefizar

Aplikasi adalah program yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna saat melakukan tugas tertentu. 

  • Menurut Jogiyanto

Aplikasi adalah penggunaan atau instruksi (instruction) pada komputer dan dikonfigurasi untuk memungkinkan komputer memproses input menjadi output

  • Menurut Eko. I & Djokopran

Aplikasi merupakan suatu proses atau prosedur infrastruktur aliran data dalam teknologi informasi yang bisa digunakan oleh pengambil keputusan tergantung pada level dan kebutuhan (yang terkait).

Fungsi dari Penggunaan Aplikasi 

Berikut merupakan fungsi aplikasi serta dalam penggunaanya :

1.Bidang Sains / Ilmu Pengetahuan

Khususnya di bidang ini, aplikasi bisa dipakai untuk memperoleh informasi tentang sains. Aplikasi ini juga bisa  dikembangkan untuk membantu seseorang dengan penelitian. Contoh aplikasinya adalah aplikasi yang dapat menghubungkan siswa dengan guru atau tutor khusus mereka. 

2.Dalam Bidang Cabang Pendidikan 

Aplikasi berfungsi sebagai bahan pendidikan. Contoh aplikasinya seperti Microsoft PowerPoint  dapat menyediakan berbagai jenis dokumen di bidang pendidikan yang tidak hanya bahan tertulis. Namun bisa juga dalam bentuk video, audio, animasi dan sejenisnya agar proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. 

3.Bidang Medis 

 Fungsi Aplikasi dalam bidang medis ini dapat digunakan untuk menolong para dokter dalam berbagai hal. Mulailah dengan mendiagnosis penyakit, meracik obat, memprogram perawatan, dan banyak lagi. Saat ini, banyak aplikasi telah dikembangkan di bidang medis. 

4.Bidang dalam kemiliteran

Fungsi Aplikasi sebagai militer dapat bertindak sebagai pengontrol pesawat. Dengan cara ini, tidak banyak kontrol manual. Dengan demikian, identifikasi informasi kontrol  akan lebih optimal daripada manipulasi manual. 

5. Bidang kegiatan Bisnis dan Ekonomi

 Dilihat dari domain perusahaan, aplikasi dapat berperan sebagai alat untuk menghitung jumlah keuntungan dengan lebih cepat, mudah dan akurat. Dengan cara ini orang-orang dalam bisnis tidak perlu menghabiskan banyak waktu  hanya  menghitung angka karena aplikasi dapat mengesampingkan kinerja mereka

Manfaat dari Penggunaan Aplikasi 

Dalam zaman modern ini, aplikasi manfaat sangat banyak untuk pengguna maupun pembuat aplikasi . Berikut merupakan manfaat aplikasi

  • Pekerjaan dapat terasa lebih mudah

Kehadiran aplikasi sangat mempermudah seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya, cari alamat rumah Anda. Cukup unduh aplikasi Google Maps dari Play Store dan App Store. Kemudian gunakan untuk melihat atau melacak alamat. Demikian pula, jika seseorang ingin mengedit foto mereka, mereka hanya perlu melakukan pencarian aplikasi pengeditan foto di Play Store dan App Store, mengunduhnya, dan mengaksesnya dengan cepat dan mudah. 

  • Untuk Hiburan

Fitur Aplikasi umum lainnya dari aplikasi ini merupakan bisa menjadi alat yang menyenangkan dan membuat kamu bersemangat kembali. Serta terdapat beberapa aplikasi khusus dibuat berfungsi untuk bermain game, menonton film, dll. Manfaat aplikasi sebagai hiburan  ini dibuat agar tidak bosan atau bosan dimanapun kamu berada

  • Sebagai Informasi Bertukar Kabar

Fitur umum lainnya ketika seseorang memakai aplikasi ini adalah alat komunikasi dan pertemanan.Akhirnya aplikasi yang dibuat  dapat berfungsi sebagai sarana update berita terkini. Saat orang menggunakan aplikasi Anda, notifikasi  aplikasi Anda mungkin menyertakan berita terbaru. Jadi jangan sampai ketinggalan berita terbaru  saat ini.

  • Sebagai Media Komunikasi dan Menjalin Pertemanan

Fitur umum lainnya ketika seseorang menggunakan aplikasi ini adalah alat komunikasi dan pertemanan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berteman tanpa batasan jarak. Artinya seseorang dapat berkomunikasi dan menjalin persahabatan dengan orang yang berada atau berjauhan.

Baca juga : Keuntungan Layanan Cloud Storage dari Provider Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *