Pengertian Hybrid Cloud dan Keunggulannya Bagi Penggunanya

Hybrid Cloud menjadi salah satu metode penyimpanan yang sangat digemari oleh para pegiat online beberapa waktu belakangan ini. Istilah satu ini juga dikenal dengan komputasi awan hibrida. Metode penyimpanan satu ini sangat pas untuk diadaptasi oleh perusahaan yang ingin memaksimalkan sisi infrastruktur digital pada bisnis mereka.

Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari metode komputasi awan satu ini. Namun sebelumnya penting sekali bagi Anda untuk memahami pengertian dari penyimpanan hibrida itu sendiri terlebih dahulu.

Pengertian Hybrid Cloud atau Komputasi Awan Hibrida

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, mari kita bersama-sama membahas pengertian dari penyimpanan hibrida itu sendiri terlebih dahulu. Penting untuk dipahami kalau komputasi awan hibrida dibangun atas dua bentuk penyimpanan yakni private cloud dan public cloud.

Tentu saja ada beberapa tipe kombinasi yang bisa Anda temukan dari kedua jenis teknologi tersebut. Namun umumnya private cloud dijadikan sebagai infrastruktur utama atau primer yang diaplikasikan pada kebutuhan rahasia dari perusahaan, pemerintahan, instansi kesehatan dan lain sebagainya.

Sedangkan public hybrid cloud Lebih condong pada penyimpanan yang disediakan untuk publik. Bisa juga dianggap sebagai infrastruktur cadangan dari infrastruktur rahasia. Umumnya infrastruktur penyimpanan tersebut digunakan untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan teknologi informasi.

Jika melihat cara kerjanya, sebenarnya ini sama saja dengan jenis penyimpanan awan lainnya. Namun tentu saja ada beberapa pembeda yang membuat metode penyimpanan satu ini lebih digandrungi oleh para pegiat online. 

Deretan Keunggulan Hybrid Cloud yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai jenis penyimpanan online yang banyak dipilih oleh pelaku online di era modern ini, tentu saja ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh komputasi awan hibrida ini. 

Penting sekali bagi Anda untuk memahami apa saja keuntungan tersebut agar tidak ragu lagi ketika hendak memilihnya. Lantas apa saja keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan hybrid cloud tersebut langsung saja simak poin-poinnya berikut ini.

  • Fleksibilitas yang sangat tinggi

Keunggulan pertama dari komputasi awan hibrida adalah yang fleksibilitasnya yang begitu tinggi. Jadi pengguna bisa berpindah dari private Cloud ke public Cloud atau sebaliknya dengan sangat mudah. Dengan kemudahan tersebut, integrasi data bisa dilakukan dengan waktu yang sangat singkat.

  • Kontrol penuh terhadap data

Keuntungan lainnya dari hybrid cloud satu ini adalah kemudahan dalam melakukan pengendalian data. Jadi penggunaan penyimpanan satu ini bisa memaksimalkan akses pemilik terhadap data-data yang tersedia.

Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan beberapa fungsi atau fitur khusus yang memang sudah tersedia di dalam paket penyimpanan ke penyimpanan awan itu sendiri. 

  • Biaya yang lebih rendah 

Keunggulan lain dari penggunaan Hybrid Cloud ini adalah biaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan komputasi awan lainnya. Meskipun dibandrol dengan harga yang terjangkau, sisi keamanan dari penyimpanan hibrida ini terbilang sangat tangguh.

  • Skalabilitas

Keuntungan lain dari penggunaan cloud satu ini adalah skalabilitas yang sangat bagus. Jadi Anda bisa melakukan pembagian data di private cloud maupun public cloud dengan sangat mudah. Pencarian data-data perusahaan juga menjadi lebih efektif karena segmentasi data dikelola dengan baik.

  • Penyimpanan yang sangat efisien

Keuntungan lain dari penggunaannya ini adalah penyimpanan data yang begitu efisien. Teknologi komputasi awan hibrida mengusung integrasi dari private dan public cloud secara langsung. Hal ini membuat penyimpanan data Anda tidak terbatas 

Saat ini ada banyak sekali penyedia cloud storage terbaik yang bisa Anda temukan. Namun rekomendasi terbaik kami adalah Cloud Storage for Indihome dari cloudstorage.co.id  yang merupakan salah satu perusahaan terpercaya untuk kebutuhan Hybrid Cloud Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *