4 Keunggulan Cloud Server Dibandingkan Penyimpanan Offline

Cloud server atau server awan menjadi salah satu aspek terpenting dalam dunia web hosting di era modern ini. Jenis server tersebut pertama kali muncul pada tahun 2000 lalu. Fungsi utama dari server satu ini adalah menyimpan data di penyimpanan internet.

Tentu saja hal ini akan membuat data Anda jadi jauh lebih aman. Mereka yang menggunakan web hosting pasti bisa menggunakan server ini untuk menyimpan data apapun. Selain mudah, penggunaan metode satu ini memungkinkan Anda untuk menjaga data agar tidak hilang atau rusak.

4 Keunggulan Cloud Server Dibanding Penyimpanan Offline

Ada beberapa alasan kenapa server awan menjadi pilihan terbaik orang-orang di era modern ini. Bagi Anda yang hendak melakukan web hosting, penting sekali untuk memahami deretan keunggulan tersebut agar tidak ragu lagi ketika hendak memilihnya. Langsung saja simak poin-poinnya dibawah ini

  • Biaya yang sangat terjangkau

Kelebihan dari cloud server ini adalah biayanya yang sangat terjangkau. Umumnya penyedia server awan akan memberikan layanan sewa atau beli bagi para konsumennya. Jika dibandingkan dengan jenis penyimpanan perangkat keras seperti harddisk. 

Harga yang ditawarkan oleh server awan ini jauh lebih terjangkau. Bahkan Anda bisa melakukan penyimpanan data semaksimal mungkin tanpa batasan apapun. Tentu saja kapasitas penyimpanan awan ini disesuaikan dengan kuota penyimpanan yang Anda beli sebelumnya. 

  • Data yang Tersimpan dengan Aman

Kelebihan lain dari server awan ini adalah data yang akan tersimpan dengan aman tanpa risiko hilang sama sekali. Berbeda dengan penyimpanan melalui perangkat keras seperti hardisk. Data yang Anda simpan di cloud akan tetap tersedia meskipun cloud server tersebut sedang mengalami kerusakan atau hilang. 

Dengan kelebihannya satu ini tidak heran kalau kemudian ada banyak sekali orang yang menyimpan data-data penting perusahaan mereka pada penyimpanan awan. Di sisi lain penggunaan penyimpanan awan ini juga menghindarkan data Anda dari virus atau Malware berbahaya dan terjadinya corrupt akibat bad sektor pada hardisk.

  • Kapasitas Penyimpanan yang Tidak Terbatas

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, kapasitas penyimpanan awan ini tidak memiliki batasan sama sekali. Anda bisa menyimpan data apapun di cloud tanpa pembatasan apapun. Namun tentu saja Anda harus membeli kuota penyedia cloud itu sendiri sebelum melakukan penyimpanan data.

Pengelola cloud membutuhkan biaya maintenance untuk menjaga data-data tetap aman. Ketika Anda menggunakan perangkat keras seperti hardisk, umumnya penyimpanan maksimum hanya mencapai 2 TB atau 2000 GB saja. 

Namun ketika Anda melakukan penyimpanan di cloud, Anda bisa menyimpan dalam dalam ukuran apapun tanpa batasan sama sekali. Karena alasan inilah cloud server dapur menjadi incaran perusahaan besar di dunia.

  • Memiliki Fleksibilitas yang Tinggi 

Keunggulan lain dari penyimpanan awan ini adalah fleksibilitas yang sangat tinggi. Meskipun penyimpanan dilakukan secara daring, tetapi Anda tetap bisa mengakses file dengan sangat mudah.

Bahkan Anda bisa mengambil data dari komputer manapun jika menggunakan penyimpanan awan tersebut. Syaratnya juga mudah, Anda hanya perlu memiliki perangkat untuk mengakses internet dan mengakses cloud server itu sendiri secara langsung di manapun berada. 

Sayangnya fitur satu ini sama sekali tidak bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki koneksi internet. Saat ini ada banyak sekali penyedia server awan yang bisa Anda temukan. 

Namun cloud server terbaik yang sangat kami rekomendasikan adalah cloud storage terbaik dari cloudstorage.co.id yang memberi layanan dengan harga terjangkau dan menyimpan data Anda secara aman tanpa risiko apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *