Komponen dan Sistem Komputer : Hardware, Software dan Brainware

komponen kompyter software, brainware, hardware

Komponen komputer adalah gabungan dari berbagai komponen perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat keras yang memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah komputer dan saling berhubungan. Oleh karena itu, perangkat komputasi bekerja secara sinergis satu sama lain dan tidak dapat berdiri sendiri. Tahukah kamu siapa penemu komputer? 3 orang ini yaitu Charles Babbage, Ada Lovelace, dan Alan Turing merupakan orang-orang yang memiliki kaitan yang kuat dalam pembuatan komputer dan berperan penting sehingga menjadi sejarah komputer.

Sistem Komputer Komponen

Komponen komputer memiliki peran dan fungsinya masing-masing, sehingga kamu dapat terhubung dan bekerja dengan setiap komponen agar komputer kamu berfungsi dengan baik. Sama seperti di rumah, komponen komputer terus diperbarui dan selalu baru. Karena kebutuhan komputer semakin beragam dan  maju untuk memenuhi kebutuhan pengguna, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan perangkat komputasi kamu, seperti bermain game, membuat video, menjalankan aplikasi di Android, dan melakukan tugas. Komponen fisik yang membentuk sistem komputer. Tahukah kamu bahwa sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama? Apa saja ketiga komponen tersebut? bagian bagian komputer memiliki perangkat keras, perangkat lunak, perangkat otak. Setiap komponen memiliki fitur dan fungsi yang berbeda dan menunjukkan perbedaannya.

Baca Juga : Sejarah Komputer : Dari Generasi 1 Sampai Generasi 5

1. Komponen Komputer Hardware ( Perangkat Keras )

Perangkat keras atau hardware adalah perangkat keras komputer atau perangkat komputasi yang dapat disentuh yang memiliki kemampuan untuk menjalankan komputer. Hardware dalam sistem komputer adalah dibagi menjadi empat bagian: perangkat input, perangkat output, perangkat pemrosesan, dan perangkat penyimpanan. 

  • Perangkat Input / Input Device

Perangkat input adalah perangkat input yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi dari berbagai jenis perangkat input seperti perangkat komputasi ini, mouse, keyboard, situs web, pemindai dan sebagainya. Perangkat ini tergolong perangkat input karena memiliki kemampuan untuk memasukkan perintah dan input. Data, berbagai jenis data dengan menekan tombol dan menggerakkan kursor dari mouse ke keyboard, karena data harus dimasukkan terlebih dahulu kemudian diolah menjadi informasi yang penting bagi pengguna, begitu komputer dari dunia luar ke sistem. 

Perangkat input digunakan untuk memasukkan data secara eksternal ke komputer dengan prosesor. Prosesor memproses informasi yang diperlukan. Fitur lain dari perangkat input adalah dapat digunakan untuk memasukkan perintah. Karena fungsinya, perangkat komputer input dibagi menjadi dua. 

  1. Perangkat input langsung adalah perangkat yang memasukkan dan memproses secara langsung tanpa membutuhkan media tambahan seperti keyboard komputer, mouse komputer, pena ringan, dan pemindai.
  2. Perangkat input yang memerlukan media tertentu sebelum diproses oleh perangkat pemrosesan yang sebenarnya seperti perangkat input tidak langsung, kartu punch, floppy disk, dan hard drive.Ada banyak jenis perangkat input ini. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh perangkat komputasi yang termasuk dalam kategori perangkat input.
  • Prosesor Perangkat

Process Device adalah perangkat yang membantu memproses berbagai data  dari perangkat input. Contoh perangkat proses termasuk CPU (Central Processing Unit), motherboard, RAM, ROM, dan hard disk.

  • Perangkat Keluaran / Output Device

Perangkat keluaran adalah perangkat mengeluarkan hasil dari data sedang diproses. Contoh perangkat output ini adalah monitor komputer, printer, headphone, speaker, webcam, dan mikrofon. 

  • Perangkat Keluaran / Output Device

Perangkat penyimpanan adalah perangkat penyimpanan data yang diproses. Ada dua jenis perangkat penyimpanan: penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal. Contoh penyimpanan internal adalah hard drive dan SSD. Penyimpanan eksternal, misalnya hard drive eksternal, CD, DVD, dan flash. 

  • Perangkat periferal 

Perangkat Periferal adalah beberapa perangkat tambahan di komputer Anda yang  tidak mempengaruhi pengoperasian komputer Anda. Di bawah ini adalah beberapa perangkat yang secara khusus dapat diklasifikasikan sebagai unit tambahan.

2.Komponen Komputer Software ( Perangkat Lunak )

Software atau perangkat lunak adalah komponen yang tidak berwujud, atau tidak terlihat. Perangkat jenis ini terdiri macam program yang tugasnya mengolah data dimasukkan ke dalam perangkat keras. Perangkat lunak ini dipecah menjadi tiga bagian: Perangkat lunak sistem, Perangkat lunak aplikasi dan Perangkat lunak tambahan  Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengelola komponen seluruh komputer. Komponen tersebut meliputi sistem operasi (OS) seperti Windows XP, Windows 2000, Windows 7, Linux,  dan macOS. 

Perangkat lunak aplikasi adalah seperangkat program aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak aplikasi adalah program pelengkap di komputer Anda yang digunakan untuk terjadinya pengolahan data. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi: web browser (Chrome, Mozilla Firefox), Microsoft Office, game, dll. Perangkat lunak tambahan itu sendiri adalah kumpulan program yang dapat melakukan tugas tertentu atau tambahan berfungsi melindungi perangkat keras Anda. Contoh perangkat lunak tambahan termasuk pemulihan data, pengoptimalan hard drive, server layar, dan pencadangan.  Perangkat lunak juga dikenal sebagai perangkat lunak. Software adalah program yang berisi perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh komputer Anda. Perangkat lunak operasi harus datang dengan perangkat keras. Dengan perangkat lunak ini, pengguna dapat memasukkan, menghitung, menggambar, membuat suara, dan banyak lagi.

Bagian-bagian perangkat lunak, yaitu:

  1.  pengolah kata (word processing). Misalnya, Microsoft Word, Word Perfect, OpenOffice, dll. 
  2. Mengolah angka atau data tabel (tabel). Misalnya, Microsoft Excel, Lotus 123, SuperCalc, dll. Pengolah basis data. Misalnya, Microsoft Access, FoxPro, dll. Buat slide presentasi. Misalnya, Microsoft Power Print, StoryBoard, dll. 
  3. Pengolah gambar. Misalnya, Adobe Photoshop, ACDSee, dll. 
  4. bahasa pemrograman Java. Misalnya Pascal, Java, Visual Basic, dll. 
  5. Game (perangkat lunak permainan). Misalnya, game PC

3. Komponen Komputer Brainware ( Perangkat Lunak )

Brainware adalah orang yang mengoperasikan dan menggunakan komputer. Brainware penting karena komputer tidak berguna tanpa operasi manusia. Singkatnya, brainware adalah seseorang yang terlibat dalam aktivitas penggunaan komputer. Contoh brainware adalah programmer, analis sistem, operator, dan administrator.  Brainware disebut pengguna perangkat komputer atau disebut user atau orang yang menjalankan komputer (user). Brainware memiliki 4 tingkatan: 

  1. System Analyst = Tingkat yang terlibat dalam pemrosesan sistem komputer yang dirancang oleh analis sistem. Tergantung pada kebijakannya, administrator juga dapat bertindak sebagai verifikator pada saat yang bersamaan. 
  2.  Programmer Seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat berbagai aplikasi komputer yang  digunakan oleh banyak orang. Saat ini, ada kebutuhan besar untuk programmer dan perkembangan dunia teknologi yang sangat kompleks. Semakin banyak orang yang memenuhi syarat, semakin besar perusahaan membutuhkan mereka. 
  3. OperatorBertanggung jawab atas pemrosesan data di komputer. Saat memproses data, operator harus mengikuti aturan  yang  ditetapkan oleh programmer untuk menggunakan aplikasi. 
  4.  Desainer grafis = yang mendalami dunia desain grafis, biasanya mendalami dunia animasi visual. Selain  desainer grafis, ada juga desainer video.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Hardware

Pada dasarnya, komputer terdiri dari tiga komponen penting: perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat keras. Ketiga perangkat ini memiliki fitur dan tugas yang berbeda. Perangkat keras bertindak sebagai perangkat keras komputer seperti monitor dan keyboard. Perangkat lunak bertindak sebagai perangkat lunak komputer, seperti sistem operasi. Jika salah satu dari tiga komponen komputer tidak berfungsi, komputer akan berhenti berjalan. Oleh karena itu, sebagai perangkat otak, kita harus mampu mengoperasikan komputer harus sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Selain itu, mengoperasikan komputer tanpa mengetahui seperti apa setiap komponen itu seperti memaksimalkan potensi kerusakan pada komputer. 

 Tapi sekarang kamu mengerti? JIka masih belum mengerti berikut terdapat pertanyaan pertanyaan tentang komponen komputer.

1.Komponen komputer yang dapat dilihat secara fisik dapat dipegang atau dipindahkan disebut ?

Jawaban = Hardware

2.Komputer terdiri dari perangkat keras yang meliputi berikut ini kecuali

Jawaban = Windows 10, Linux, IOS, Screen Saver, Aplikasi, Game ini merupakan termasuk perangkat lunak

3.Perangkat lunak pada komputer yang digunakan disebut?

Jawaban = Software nama lain dari perangkat lunak

4.Teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk ?

Jawaban = teknologi informasi menggunakan komputer digunakan mengelola data, mempermudah untuk mendapat informasi, mempermudah kehidupan pekerjaan manusia sehari -hari. 

5.CPU dan storage merupakan perangkat komputer yang termasuk dalam perangkat?

Jawaban = CPU dan Storage termasuk dalam perangkat keras atau hardware dalam jenis storage device dan Process Device

6.Semua peralatan fisik dari sistem komputer disebut ?

Jawaban = Hardware

7.Seperangkat komputer agar dapat digunakan secara wajar minimal harus tersedia ?

Jawaban =  CPU, Monitor, Motherboard, Keyboard dan Mouse

8.Syarat yang harus dipenuhi sebelum mengoperasikan komputer adalah

Jawaban = Harus melengkapi 3 komponen komputer yaitu hardware, software dan brainware

9.Perintah untuk mematikan komputer adalah?

Jawaban = Terdapat pada di menu windows dan terdapat bacaan untuk shutdown yang digunakan untuk mematikan komputer

10. Proses awal kerja dari sistem komputer hingga siap digunakan disebut ? 

Jawaban = Proses booting komputer

11. Hardware yang berfungsi sebagai alat penunjuk untuk mengatur posisi kursor di layar adalah ?

Jawaban = Touchpad/mouse

Baca Juga : Penyimpanan Komputer : Internal dan Eksternal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *