Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Hardware

monitor merupakan salah satu contoh hardware

Komputer adalah mesin canggih yang terdiri dari banyak komponen. Mereka yang berkecimpung di dunia teknis perlu mengenal komponen  komputer. Namun, masyarakat umum biasanya hanya memahami komponen komputer eksternal. Padahal jika dicermati, ada banyak sekali komponen komputer dengan fungsi dan perannya masing-masing.  Dalam artikel ini, tentu saja membicarakannya. Menjelaskan bagian-bagian komputer dengan penjelasan, fitur, dan foto. Tapi pertama-tama komponen komputer.dibagi menjadi 3 : Hardware, Software dan Brainware. Disini kita akan membahas tentang hardware saja.

Pengertian Hardware / Perangkat Keras

Pengertian Hardware atau Perangkat keras adalah perangkat keras yang terpasang dengan kuat pada perangkat komputer kalian. Bagi kamu yang sudah tau banyak di dunia komputasi, hardware tentu bukan hal yang asing lagi. Bagi yang jarang mengenal dunia komputer, tentunya memiliki sedikit pengetahuan tentang perangkat keras atau hardware itu sendiri. 

Khusus yang memiliki  komputer atau laptop tentunya lebih mudah untuk lebih mengerti apa itu hardware dan apa fungsinya  hardware untuk komputer . Hal ini dalam dirinya sendiri. Tapi bukan hanya arti yang perlu di ketahui. Kamu bisa mengetahui banyak informasi mengenai hardware secara lengkap. Seperti apa saja jenis jenis hardware, fungsi dari perangkat keras atau hardware, sampai contoh hardware. Perangkat keras umumnya dianggap sebagai format keluaran dari setiap proses dalam sistem operasi  komputer. Namun, perangkat lunak tertentu masih diperlukan untuk mendukung pengoperasian perangkat ini. Ini memungkinkan kamu untuk menjalankan perintah yang ingin kamu jalankan dengan benar dan juga dapat melihat dari definisi perangkat keras di atas bahwa kita mengetahui beberapa fitur dari perangkat itu sendiri. 

Fitur awal dan umum dari perangkat keras di sini termasuk banyak. Misalnya berkaitan dengan proses agar bisa ditampilkan dan menerima input, memberikan output, mendukung kerja komputer, dan memproses data di dalam dan di luar komputer. Di bawah adalah deskripsi lengkap dari fitur umum perangkat keras di atas. 

Baca Juga : Komponen dan Sistem Komputer : Hardware, Software dan Brainware

Fungsi Hardware atau Perangkat Keras

1.Pemrosesan suatu data maupun informasi 

Artinya beberapa jenis perangkat keras yang mempunyai kemampuan untuk mengolah data dan informasi. pada sistem komputer untuk mengolah data dan menjalankan proses. Contoh perangkat proses termasuk CPU, RAM,  dan VGA. 

2.Menerima keluaran 

Dengan kata lain, itu adalah perangkat keras dengan fitur khusus untuk menerima masukan dari pengguna. Dengan cara ini, perangkat keras akan memprosesnya nanti menjadi informasi baru. Data pastinya diterima dari input dikirim sebagai output. 

3.Menyediakan Output

Ketika proses selesai, perangkat keras membuat output tersedia untuk pengguna lagi. Seluruh output terlihat oleh pengguna dan ditampilkan pada perangkat keras khusus. Sistem Komputer ini  mempengaruhi I/O

4.Mengamankan informasi dan data dengan cara disimpan 

Dalam hal ini, output yang dihasilkan komputer dapat disimpan di penyimpanan komputer. Penyimpanan ini dapat terjadi tidak hanya pada perangkat yang terpasang di dalam komputer,  tetapi juga pada perangkat  yang dipasang di luar komputer. Ini adalah beberapa fitur perangkat keras komputer. 

Baca Juga : Sejarah Komputer : Dari Generasi 1 Sampai Generasi 5

 Jenis – Jenis dan Contoh Hardware 

 Secara umum jenis- jenis perangkat keras dapat dibedakan berdasarkan masing-masing fitur yang ada. Berikut ini adalah beberapa perangkat keras yang dibedakan berdasarkan fungsi atau kegunaannya. 

1.  Perangkat masukan ( Input ) 

Jenis perangkat keras input yang berguna memasukkan informasi dan data. Baik itu dalam format video, teks, gambar, audio, dll di komputer. Berikut adalah contoh perangkat keras input tersebut: 

  • Mouse Komputer

Mouse Komputer adalah jenis – jenis perangkat keras yang digunakan untuk memindahkan kursor di atas layar komputer. Selain itu, mouse memudahkan pengguna untuk memilih menu yang diipencet di layar komputer mereka. 

  • Keyboard Komputer

Keyboard komputer adalah jenis – jenis perangkat keras yang menolong user untuk memasukkan angka, huruf, simbol, dan proses di komputer mereka. 

  • Scanner / Pemindai

Berguna untuk mengkonversi dokumen dari hardcopy ke softcopy. Jenis perangkat keras ini  sangat penting untuk digunakan secara umum. Pasalnya,  banyak orang yang membutuhkannya untuk mengarsipkan dokumen penting. 

  • Kamera Webcam

Komponen perangkat keras pada komputer kamu berupa kamera untuk komputer dengan input ke port USB yang digunakan untuk merekam kamu di depan komputer. Perangkat ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang perlu saling melihat wajah dan berinteraksi secara langsung dengan menggunakan media jaringan internet atau untuk menjadi seorang live streamer.

  • Microphone / Headphone

Mikrofon  adalah perangkat lain, tetapi dengan perkembangan teknologi headphone, mikrofon komputer telah menjadi  perangkat dengan headphone. Mikrofon sendiri merupakan perangkat input  yang digunakan untuk mengirimkan data ke prosesor dalam format audio, dan headphone merupakan perangkat output  yang bekerja dengan cara menerima data berupa audio ke telinga pengguna.

  • Touchpad

Touchpad komputer melakukan fungsi yang sama seperti mouse komputer, kecuali yang terhubung langsung ke laptop atau notebook. Menariknya, beberapa pengguna menyukai touchpad, sementara yang lain tetap menggunakan mouse meskipun sudah memilikinya di laptop mereka. Papan sentuh.

  • Joystick USB

Joystick juga berisi komponen hardware komputer tambahan yang berfungsi sebagai entri data saat memutar ulang di komputer. Ini sama dengan joystick PS yang kamu gunakan sejauh ini, tetapi sekarang hanya port yang menggunakan banyak USB universal.

  • Light Pen / Pena Komputer

Pena ringan adalah bagian tambahan dari perangkat keras komputer. Bentuk seperti papan tablet dan pulpen. Fungsi utamanya adalah input tulisan tangan manual, yang sulit dilakukan dengan mouse. Pena ringan lebih umum digunakan di komputer yang dirancang khusus untuk desainer pakaian dan animator.

  • Speaker

Speaker komputer merupakan perangkat keras hasil yg berfungsi mengeluarkan output pemrosesan sang CPU berupa audio/bunyi. Speaker jua sanggup pada sebut indera bantu buat keluaran bunyi yg didapatkan sang perangkat musik misalnya MP3 Player, DVD Player & lain sebagainya.

 2. Perangkat Keluaran ( Output )

Jenis perangkat keras output yang berguna untuk menampilkan informasi dan mencetak hasil entry data oleh pengguna. Data atau informasi diperoleh dari input perangkat keras yang telah melalui proses perangkat keras. Dari monitor, proyektor hingga printer. Berikut penjelasannya: 

  • Monitor 

Monitor Komputer Ini adalah komponen yang dibutuhkan setiap bisnis untuk melakukan tugas yang berbeda. Pada umumnya pekerjaan berkaitan dengan dokumen dan data. 

  • Pencetak/ Printer 

Printer Komputer Jenis hardware output yang dapat mencetak semua jenis dokumen yang kamu butuhkan. 

  • Proyektor LCD 

Perangkat keras yang nyaman yang memungkinkan kamu untuk dengan mudah menampilkan video dan foto dari komputer di layar LCD. Artinya, kamu dapat memberikan presentasi yang lebih jelas dengan proyektor LCD. 

 3. Perangkat Proses 

Jenis perangkat keras ini berguna baik untuk mengolah data maupun menjalankan proses yang ada pada sistem komputer. Menangani perangkat seperti CPU, RAM dan VGA. 

  •  CPU 

Alat yang berguna untuk mengontrol seluruh proses kerja di komputer. Menghasilkan output yang diinginkan, dari instruksi ke manajemen. VGA 

  • VGA 

Perangkat yang digunakan untuk memproses dan memanipulasi data grafik sehingga nantinya Anda dapat melihat hasilnya di layar komputer Anda. 

  • RAM 

  Jenis perangkat keras yang dapat menentukan kecepatan akses ke komputer Anda. 

4. Perangkat penyimpanan 

Perangkat penyimpanan atau lebih umum dikenal sebagai perangkat penyimpanan, adalah jenis perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data komputer. Berikut ini contohnya: 

  • Harddisk 

Sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan informasi dan data pada komputer  yang cukup besar. Perangkat ini berbentuk seperti perangkat portabel. 

  • Flashdisk 

Perangkat penyimpanan data komputer dengan konektor USB. Port ini memungkinkan untuk dengan mudah menghubungkan unit ke komputer atau media lain yang digunakan. Kamu dapat menggunakan flash disk ini untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain. 

  • Cakram optik 

Pembawa data yang dapat dibaca dan ditulis dengan sinar laser. Secara umum, optical disc disini berbentuk CD/compact disc atau DVD/digital Versatile disc. peningkatan Alat tambahan menolong komputer menjalankan perintah pengguna. Perangkat ini biasanya disebut sebagai periferal yang membantu menghubungkan perangkat komputasi ke jaringan Internet. Salah satu contohnya adalah modem. Anda kini dapat menggunakan modem sebagai alat komunikasi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Baca Juga : Penyimpanan Komputer : Penyimpanan Internal dan Penyimpanan Eksternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *