Sejarah Komputer : Lengkap dari Generasi 1 Sampai Generasi 5

Sejarah Komputer adalah Teknologi dapat mempermudah kegiatan manusia. Contohnya adalah komputer yang masih kita nikmati sampai sekarang. Menjadi canggih, terlihat tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. lalu bagaimana lengkapnya sejarah komputer? Berikut akan dibahas sejarah komputer dari generasi 1 sampai 5

Memahami komputer Awalnya, istilah komputer adalah julukan seorang ahli aritmatika (apakah dia menggunakan kalkulator atau tidak). Peralatan mesin mulai digunakan sebagai kalkulator pada tahun 1897.  Sampai saat ini terus mengalami perubahan hingga komputer diartikan sebagai suatu perangkat elektronik yang terbagi beberapa alat. Mereka bekerja sama untuk menciptakan informasi menghasilkan data, prosedur, dan program yang dikembangkan. sejarah komputer menurut para ahli yaitu  Donald H. Sanders mengartikan data sebagai sistem komputer yang dapat dimanipulasi dengan cepat dan akurat. Ini akan diatur dan dibuat dengan otomatis. Kemampuan untuk menerima dan menyimpan data dihasilkan  berupa output berdasarkan instruksi di dalam memori yang sebelumnya harus di proses.

Sedangkan Menurut  Larry dan Nancy Long Tentang sejarah komputer, sekarang menjadi alat elektronik yang dapat dijadikan untuk menghitung, mengeksekusi, dan menafsirkan perintah. Ini termasuk input, output, operasi logis, dan perhitungan lainnya. Menurut VC Hamacher ZG ringkasan sejarah komputer, komputer adalah kalkulator elektronik. Dapat menjangkau informasi input digital dengan cepat. Ini akan diproses sesuai dengan program yang diminta dan disimpan dalam memori. Informasi ditampilkan sampai akhir. William Sawyer mengartikan ini sebagai mesin serbaguna. Kamu dapat memprogram untuk menerima data (dalam bentuk foto atau fakta). Kemudian memproses dan memanipulasinya untuk membuat informasi yang dapat dicerna manusia. Singkatnya, komputer adalah seperangkat perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai tugas. Berikut artikel sejarah komputer bisa kamu baca untuk menambah pengetahuan tentang komputer.

Pengertian Komputer dan Sejarah Komputer 

Pengertian komputer dan sejarah komputer – Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan instruksi yang telah diprogramkan.Sejarah komputer dan penemunya kata komputer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tugasnya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat, akan tetapi arti kata itu kemudian digunakan ke mesin. Awalnya, pemrosesan informasi sebagian besar terkait masalah aritmatika, kemudian komputer modern digunakan untuk banyak tugas yang tidak terkait dengan matematika.  Kemudian, beberapa ahli menemukan rumus matematika, kode instruksi, pemrograman, dan memori instruksi. Bagaimana Anda menggunakannya saat ini? Oleh karena itu, setelah mengetahui pentingnya komputer. kamu juga perlu memahami bagaimana itu dikembangkan dan dari mana asalnya. Dikenal sebagai Electronic Numerical Integrator and Calculator, sejarah komputer generasi pertama adalah perangkat digital elektronik yang dikembangkan pada tahun 1942. Mari kita lihat perkembangan sejarah komputer.

 Sejarah Komputer Generasi 1

Sejarah komputer generasi 1 pada tahun 1946, komputer dikembangkan berjenis tabung vakum sebagai komponen utama. Beratnya sekitar 30 ton. Namun tidak efisien membutuhkan banyak tenaga dan panas yang berlebihan. Generasi pertama ini menggunakan bahasa mesin hanya dapat dipahami oleh komputer itu sendiri. Input menggunakan pita kertas dan kartu punch. Keluaran berupa printer. Saat itu, dibutuhkan biaya sekitar Rp 1 juta  untuk mendapatkannya. 

Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut: 

  1. Prosesnya tidak cepat 
  2. Umur simpan kecil 
  3. Pendingin diperlukan karena suhu naik tajam 
  4. Ukuran perangkat keras sangat besar sehingga menempati banyak ruang. 

Selama  ini, perkembangan komputer generasi pertama dimulai. Komputer generasi 1  menggunakan tabung vakum untuk sirkuitnya dan drum magnetik untuk penggunaan penyimpanan memorinya. Tabung vakum digunakan untuk memperkuat sinyal dengan mengontrol pergerakan elektron di ruang buang. Komputer generasi 1  sangat sulit digunakan dan sangat mahal. UNIVAC dan ENIAC merupakan contoh dari komputer generasi 1 yang digunakan dalam Sensus AS. Sejarah komputer generasi pertama sangat awal mulanya terbentuk komputer.

Baca Juga : Penyimpanan Komputer : Internal dan Eksternal

 Komputer Generasi 2

sejarah komputer generasi ke 2 Sebuah generasi tabung terjadi. Oleh karena itu, telah digantikan oleh teknologi transistor sebagai komponen utama yang sangat menuntut. Mulai digunakan antara tahun 1959 dan 1965. Beberapa kelebihan yang dimilikinya adalah ukurannya yang kecil, tidak terlalu panas, dan  tingkat kegagalan yang minimal. Generasi ini tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti dulu. Digantikan oleh bahasa FORTRAN dan COBOL. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa komputer transistor lebih unggul dari tabung vakum. 

Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut: 

  1.  Proses operasinya cepat 
  2. Kembangkan memori skor magnetik sebagai memori utama 
  3.  Penggunaan program diarahkan tidak hanya untuk manajemen bisnis, tetapi juga untuk teknis. 
  4.  Dapat menjalankan proses berbagi waktu nyata dan dunia nyata 
  5.  Memiliki Bahasa pemrograman tinggi 

Program tersimpan di dalam  komputer dan  pemrograman bahasanya yang tertanam di dalamnya sangat fleksibilitas 

komputer. Fleksibilitas ini mempengaruhi kinerja dengan biaya yang sesuai untuk penggunaan bisnis. Konsep ini memungkinkan komputer untuk mencetak faktur pembelian konsumen, melakukan desain produk, dan menghitung  gaji. Pada titik ini, beberapa bahasa pemrograman akan terus ditampilkan. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) menjadi semakin umum. Bahasa pemrograman ini menggantikan bahasa mesin yang kompleks dengan kata, kalimat, dan rumus matematika yang mudah dipahami  manusia. Ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengelola komputer Anda. Banyak profesi baru yang terus bermunculan (programmer, analis sistem, insinyur komputer). Industri perangkat lunak juga mulai berkembang dan terus mengembangkan komputer generasi kedua ini.

 Komputer Generasi 3

sejarah komputer generasi ke 3 memiliki bentuk transistor kecil dan ditempatkan pada IC beserta beberapa resistor dan kapasitor.Dikembangkan pertama kalinya oleh ahli listrik Jack Kilby. Keuntungannya adalah  cepat dan lebih efisien. Ini juga merupakan komputer pertama yang  menggunakan layar monitor dan keyboard. Pengalaman kemajuan dibandingkan dengan penggunaan kertas sebelum . Karena harganya cukup murah. Jadi pada saat itu, orang mampu membelinya. 

Fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut: 

  1. Kapasitas penyimpanan lebih besar 
  2. Gunakan terminal tampilan visual  yang dapat menghasilkan suara 
  3. Media penyimpanan berkapasitas besar 
  4. Performanya tinggi karena menggunakan IC. 
  5. Pembaruan perangkat lunak

contoh dari komputer generasi ketiga merupakan PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 

Komputer Generasi 4

sejarah komputer generasi ke 4 Pertama kali diproduksi oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian, pada tahun 1984, Apple memperkenalkan Macintosh ke pasar. Sejarah komputer dan perkembangan selanjutnya telah memasuki era mikroprosesor. Hal ini masih digunakan oleh beberapa orang Indonesia hari ini. 

 Internet lahir dengan generasi mikroprosesor ini. Tampilan monitor akan tetap menggunakan satu warna (hijau). Chip juga telah dikembangkan  sebagai memori komputer. Seiring  waktu, para ahli mencoba menyelesaikan sesuatu yang belum ada. Dengan kata lain, ini kompatibel dengan PC. Karena itulah muncul istilah PC pada generasi ini. Perangkat ini dirancang untuk individu dan mudah dibawa kemana-mana. Itu adalah laptop. Contoh komputer generasi ke-4 ini antara lain IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, dan IBM PC/386.  Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan komputer pribadi (PC) untuk penggunaan di mana saja. Jumlah PC yang digunakan meningkat dari 3 juta  pada tahun 1981 menjadi 5,6 juta  pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 66 juta PC digunakan. Komputer terus berkembang menjadi ukuran yang  kecil, seperti komputer yang duduk di atas meja kamu (desktop), komputer yang dapat  masukkan ke dalam saku (laptop), dan bahkan komputer yang dapat  ambil (palmtop). 

 IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh di pasar komputer. Apple Macintosh menjadi viral karena mempopulerkan sistem grafis pada komputer berbasis teks sementara pesaing mereka masih menggunakannya. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat mouse. Saat ini, kita mengetahui evolusi IBM yang kompatibel dengan penggunaan CPU: IBM PC / 486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (rentang CPU  Intel). Selain itu, saya tahu AMD k6, Athlon dan sebagainya. Semua ini termasuk dalam  komputer generasi ke-4. 

 Ketika komputer menjadi lebih luas di tempat kerja, cara-cara baru untuk mengeluarkan potensi mereka terus dikembangkan. Komputer ini dapat terhubung ke jaringan bersama dengan komputer yang lebih kecil dan lebih kuat untuk menggunakan memori, perangkat lunak,  dan informasi bersama-sama atau berkomunikasi satu sama lain. Jaringan komputer memungkinkan Anda untuk membentuk kolaborasi elektronik dan melakukan tugas pada satu komputer. Pengkabelan langsung (juga dikenal sebagai jaringan area lokal atau LAN) atau kabel telepon dapat membuat jaringan ini  menjadi sangat besar.

Baca Juga : Komponen dan Sistem Komputer : Hardware, Software dan Brainware

 Komputer Generasi 5

sejarah komputer generasi 5 memiliki perkembangan komputer terbaru adalah munculnya teknologi yang disebut AI. Ini mempunyai kecerdasan buatan untuk membantu  melakukan input lebih sangat baik. Dengan teknologi ini, kamu tetap dapat memasuki bahasa yang kamu gunakan sehari-hari, beradaptasi dengan situasi, dan mengenal lingkungan kamu.  Banyak pengembang sudah start memakai  komputer masa depan. Pengembangan oleh Intel dan Microsoft diprakarsai oleh Bill Gates, pelopor standar perangkat keras dan perangkat lunak di seluruh dunia. Itu dibentuk oleh munculnya smartphone, tablet, netbook dan  banyak lagi. Juga disebut LSI (Large Scale Integration) yang memampatkan ribuan mikroprosesor. Yang  terbaru adalah Pentium Four dari Intel Corporation. Meskipun komputer generasi ini berukuran kecil dan sederhana. 

Apakah kamu sudah mengerti sejarah sejarah komputer yang sudah dijelaskan pada artikel tentang sejarah komputer dimana kami sudah merangkum secara ringkas dan mudah dimengerti sejarah komputer generasi 1 sampai 5. Artikel ini bisa membantu kamu dalam tugas pembuatan makalah sejarah komputer. 

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Hardware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *