Keamanan Cloud Storage, Apakah Sudah Terjamin?

Keamanan Cloud Storage

Keamanan cloud storage mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang Anda tanyakan ketika ingin menggunakan layanan ini. Cloud computing pada dasarnya adalah sebuah inovasi yang berada di bidang teknologi dan digunakan untuk mempermudah pekerjaan. 

Ada begitu banyak platform yang menggunakan basis cloud, tanpa harus menyiapkan infrastruktur atau membeli lisensi. Contohnya saja seperti media sosial. Bukan hanya itu, banyak platform yang digunakan untuk kebutuhan bisnis yang menggunakan basis cloud.

Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mengimplementasikan teknologi cloud dalam bisnis yang dimilikinya. Tetapi, hal yang menjadi kekhawatiran ketika menggunakan sistem cloud adalah keamanan data. 

Sekilas Mengenal Penyimpanan Cloud Storage

Cloud storage adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan data serta informasi user dalam media penyimpanan dengan berbasis internet. Untuk keamanan cloud storage mempunyai kelebihan akses data yang mudah dimana saja dan kapan saja. 

Tentunya dengan syarat perangkat tersebut terhubung dengan jaringan internet. Untuk masalah penyimpanan data, cloud storage memang bisa dikatakan sangat membantu bila dibandingkan dengan penyimpanan data tradisional yang menggunakan harddisk eksternal.

Ketika menggunakan harddisk eksternal untuk menyimpan data, Anda harus membawa kemanapun bila ingin mengakses data di dalamnya. Meskipun demikian, hal tersebut menjadi hal yang harus diperhatikan.

Selain keamanannya, kelebihan lain yang dimiliki cloud storage ialah bisa dengan mudah melakukan permintaan penambahan memori penyimpanan pada layanan penyedia cloud. Dari segi harga juga jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan membeli harddisk eksternal. 

Padahal, ketika membeli harddisk eksternal, kita dihadapkan pada limit storage serta usia penggunaan device. Untuk masalah biaya, media penyimpanan di dalam cloud storage juga ada yang ditawarkan secara gratis. tentu saja untuk fiturnya akan berbeda. 

Namun untuk masalah keamanan cloud storage, baik yang gratis maupun yang berbayar, tingkat keamanannya akan sama saja. dari sisi kapasitas penyimpanan, layanan cloud storage berbayar memiliki memori lebih besar sesuai kebutuhan. 

Anda dapat menggunakan platform gratis yang telah disediakan oleh provider untuk media penyimpanan. Namun jauh lebih baik bila menggunakan layanan berbayar karena storagenya bisa diminta sesuai kebutuhan. 

Pentingnya Keamanan Cloud Storage untuk Penyimpanan Data

Seperti yang disinggung sebelumnya, cloud storage memiliki kaitan erat dengan privasi serta keamanan data. Dua hal ini menjadi hal yang sangat penting karena teknologi cloud storage adalah media penyimpanan dengan basis internet. 

Sudah pasti akan terdapat risiko hacking serta risiko pencurian akan selalu ada. Namun di sisi lain, cloud storage akan memudahkan pekerjaan serta membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel karena bisa diakses dari mana saja. 

Tetapi, salah satu risiko dari penggunaan cloud storage adalah tindakan cyber crime yang bisa merugikan. Hacker mungkin bisa menyerang sistem yang menyimpan data sensitive sehingga keamanan cloud storage akan terancam.

Inilah salah satu alasan mengapa penyedia dari layanan cloud storage harus secara terus menerus meningkatkan tindakan pengamanan pada sistem yang mereka miliki. Selain itu sebagai pengguna, Anda harus memilih perusahaan cloud storage yang tepat. 

Salah satu pilihan cloud storage terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Cloud Storage for Indihome. Memiliki layanan keamanan penyimpanan data yang terjamin, Anda tidak perlu khawatir terjadi peretasan data ketika menggunakan layanan cloud storage ini. 

Sebagai pengguna cloud storage, keamanan dari cloud storage memang menjadi yang paling utama. Oleh sebab itu, jangan sampai memilih cloud storage abal-abal, pastikan keamanan cloud storage Anda terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *