Fungsi IMEI adalah dan Cara Mengecek Nomornya

IMEI adalah nomor identitas yang bisa dipakai ketika melakukan identifikasi ponsel. Jumlah nomornya ada 15 digit, angka terakhir digunakan memverifikasi semua digit sebelumnya. 

Semua digit tersebut dapat memberikan informasi penting sehingga IMEI menjadi identitas resmi sebuah ponsel. Nomor tersebut bisa dipakai jaringan GSM ketika mengidentifikasi perangkat yang ingin terhubung. 

Saat ini banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecek nomornya di ponsel. Pengecekan tersebut harus dilakukan agar mempermudah dalam menemukan perangkat seluler yang hilang.

Intip Berbagai Fungsi IMEI adalah

Fungsi utama dari IMEI yaitu untuk membantu mengecek masa garansi dari ponsel. Hal ini penting untuk diperhatikan ketika membeli ponsel secara offline maupun online. 

Kamu juga bisa mengetahui apakah kondisi ponsel masih bagus atau tidak. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan ponsel berkualitas dan memiliki masa garansi panjang. 

Selanjutnya, berfungsi untuk mengetahui identitas dari ponsel. Kamu bisa menggunakan nomor tersebut untuk mengetahui informasi lebih detail tentang ponsel. 

Silahkan kunjungi situs resminya untuk melakukan pengecekan identitas. Selain itu, fungsi nomor IMEI adalah untuk melacak ponsel saat hilang sehingga mudah bagi kamu untuk menemukannya. 

Alasannya karena IMEI bisa digunakan untuk memblokir ponsel agar tidak dapat terhubung ke semua jaringan GSM. Di Indonesia sendiri dapat kamu manfaatkan untuk mencegah penggunaan ponsel black market (BM). 

Pada umumnya, ponsel BM diimpor secara ilegal sehingga kamu tidak dianjurkan untuk membelinya. Dampak jika menggunakan ponsel BM adalah tidak bisa memperoleh sinyal dari berbagai layanan seluler. 

Kamu harus mengetahui fungsi IMEI adalah dan struktur nomornya. Dua angka pertama berfungsi sebagai reporting body dan menunjukkan pabrik yang telah disetujui GSMA untuk mengalokasikan kode alokasi tipe ponsel. 

6 angka berikutnya merupakan sisa dari kode alokasi tipe. 6 angka selanjutnya merupakan urutan dari serial model perangkat. Angka ke 15 berfungsi sebagai kode verifikasi. 

 

Cara Mengecek Nomor IMEI dengan Cepat 

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengeceknya. Salah satunya menggunakan fitur phone dialer. Fitur tersebut dapat dipakai untuk menghubungi banyak nomor. 

Cara ini sangat mudah sehingga banyak orang yang memilihnya. Silahkan buka fitur phone dialer, lalu ketik *#06#. Langkah berikutnya adalah menekan tombol dial agar nomor bisa muncul. 

Selain itu, bisa memeriksa menggunakan HP android. Silahkan buka pengaturan pada HP, lalu pilih menu about phone. Posisinya terletak di halaman pengaturan paling bawah. 

Setelah menu terbuka maka pilihlah phone status. Lalu, untuk bisa menemukan nomornya maka harus mencari menu IMEI information. Mengecek IMEI adalah aktivitas yang mudah dilakukan baik melalui android maupun iPhone. 

Bagi pengguna iPhone juga tetap bisa mengetahui nomornya. Caranya dengan membuka settings, lalu pilih general. Langkah selanjutnya adalah pilih menu about untuk mengakses nomornya. 

Ada lagi cara lain yang bisa kamu pilih jika HP tidak dapat dibuka namun membutuhkan nomor IMEI. Kamu bisa mengaksesnya pada perangkat keras HP kamu. Silahkan bagian belakang HP dibuka. 

Selanjutnya cabut baterainya, nomor biasanya akan tertempel di bagian bawah baterai. Jika belum menemukan maka bisa jadi terletak di bawah slot SIM card. 

Apabila HP kamu menggunakan baterai tanam maka jangan khawatir. Carilah nomor pada box HP karena biasanya dari pabrik telah mencantumkan di sana. 

Kamu akan mendapatkan fasilitas cloud storage terbaik hanya di Cloudstogare for IndiHome. Segera meluncur ke website tersebut untuk berlangganan. Selain itu, kami juga bisa membantu mengecek nomor IMEI adalah dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *