Metaverse adalah, Ciri-ciri dan Cara Kerjanya

Metaverse adalah perpaduan antara beberapa elemen teknologi yang terdiri atas virtual reality, video dan augmented reality. Kombinasi di antara ketiganya membuat kamu bisa masuk dalam dunia digital. 

Kamu juga bisa berinteraksi dengan teman secara virtual. Metaverse juga dapat diartikan sebagai alam semesta yang bersifat fiktif, mewakili dunia virtual dan mencakup banyak pengalaman interaktif. 

Selain itu, juga terdapat tempat yang merupakan gabungan dari dunia fisik dan digital. Kamu bisa memanfaatkan tempat tersebut untuk menghadiri pertemuan atau konser tanpa harus ada kontak fisik. 

Teknologi tersebut telah berkembang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini ditandai dengan adanya game berbasis virtual reality (VR) seperti Fornite, Roblox dan Animal Crossing.

Mengenal Ciri-ciri dari Metaverse adalah

Salah satu karakteristik paling penting dalam metaverse yang harus diketahui adalah dunia virtual. Semua orang dapat menjelajahi dunia virtual menggunakan telepon seluler, komputer dan jenis perangkat lainnya.

Kamu membutuhkan headset VR untuk menikmati dunia metaverse. Fungsi headset di sini untuk membantu kamu masuk ke dunia maya dan merasakan seolah semua seperti nyata. 

Selama ini banyak orang yang sudah direpresentasikan menjadi avatar. Avatar dalam metaverse adalah agen virtual, manifestasi kecerdasan buatan dan bot. Kamu juga bisa bertemu sekaligus melakukan kegiatan bersama orang lain. 

Berdasarkan sejarahnya sebagai media sosial, maka pusatnya bisa menggunakan aspek sosial metaverse Facebook. Dunia maya seperti ini bisa dikunjungi kapan saja kamu memiliki waktu luang. 

Keberadaannya seperti media sosial karena bergantung pada konten yang dibuat oleh penggunanya. Konten tersebut bisa berupa cerita pribadi maupun sebuah karya digital. 

Visi metaverse adalah objek di dunia virtual bisa mewakili sesuatu yang nyata pada dunia ini. Contohnya orang menganggap bahwa menerbangkan drone secara virtual dan di dunia nyata tidak memiliki perbedaan.

Selain itu, bisa juga membangun sebuah lingkungan dari tingkat paling bawah. Demi mendukung aktivitas tersebut maka kamu membutuhkan ekonomi virtual. Contohnya NFT (Non-Fungible Token) dan cryptocurrency.

Pada umumnya, para pengguna NFT akan memanfaatkan platform seperti The Sandbox atau Decentraland untuk keperluan menjual karya seninya. Dengan demikian, bisa memperkaya pengalaman masyarakat untuk mengakses kemewahan. 

Intip Bagaimana Cara Kerja Metaverse

Kehadiran metaverse membuat kamu bisa melakukan perjalanan secara online, mengikuti konser virtual dan menghadiri rapat. Bahkan bisa membeli baju menggunakan media digital. 

Semua aktivitas tersebut hanya bisa dilakukan jika ada jaringan internet. Pastikan jaringan internet stabil sehingga kamu dapat melakukan aktivitas dengan lancar. Kamu juga membutuhkan headset dan smartphone.

Selain itu, juga membutuhkan kacamata AR maupun VR berteknologi tinggi. Produk lain yang mendukung yaitu tangan robot. Dengan demikian, perjalanan online kamu menjadi semakin menyenangkan.

Semua peralatan tersebut membantu kamu untuk melihat rekan kerja seperti saat melakukan video call. Kelebihan menggunakan metaverse adalah bisa berkumpul dan melakukan diskusi dengan rekan kerja melalui kantor virtual. 

Saat ini, penggunaan metaverse semakin banyak sehingga membuka peluang kerja bagi yang ahli di bidang tersebut. Contoh pekerjaan yang dibutuhkan seperti game designer. 

Desainer tersebut berperan membuat prototipe dan mendesain game berbasis VR. Selain itu, kamu juga berkesempatan menjadi manajer produk yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk. 

Seorang manajer produk harus memahami bagaimana perspektif dari pengguna. Selain itu, harus menemukan cara yang efektif untuk membawa produk agar bisa lebih dekat dengan komunitas.

Kamu dapat menikmati metaverse setelah mengetahui bagaimana cara kerjanya. Apabila ingin mengenal lebih dalam tentang metaverse adalah bisa berlangganan cloud storage terbaik kami dengan mengunjungi Cloud Storage For IndiHome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *