Hal-hal yang Harus Diketahui Tentang Cloud Storage Management

Hal-hal yang Harus diketahui tentang Cloud Storage Management

Cloud storage management merupakan sebuah teknologi terbaru yang dapat menunjang mobilitas pekerjaan kita sehari-hari. Biasanya, perusahaan-perusahaan atau organisasi-organisasi besar menggunakan cloud storage management untuk menyimpan data ke awan atau cloud.

Sistem yang dimiliki cloud ini berbeda dengan sistem penyimpanan di dalam komputer atau perangkat penyimpanan lainnya. Tentunya, sistem ini juga menawarkan biaya operasional yang lebih minim tapi memiliki manfaat dan keunggulan yang banyak dan lebih canggih. 

Apa Itu Cloud Storage Management?

Cloud storage management adalah sebuah sistem model komputasi cloud yang memungkinkan kita untuk menyimpan data-data atau dokumen-dokumen di internet melalui penyedia komputasi awan (cloud) yang berfungsi sebagai pengelola dan layanan penyimpanan data.Dengan menggunakan  ini, pengguna dapat menyimpan data untuk sebagai solusi penyimpanan data untuk pemulihan, pencadangan, dan pengarsipan dalam jangka waktu panjang. 

Pengguna dapat membeli daya simpan cloud sesuai dengan kebutuhan pribadi atau bisnisnya masing-masing. Pada dasarnya, fungsi sistem ini merupakan pembaruan sistem manajemen data tradisional yang menjadi lebih sederhana dan praktis.

Tentang Cloud Storage Management

Berikut penjelasan mengenai cloud storage management beserta hal-hal yang harus kamu ketahui!

1. Aksesibilitas

Tidak hanya berfungsi sebagai gudang penyimpanan data saja, cloud storage juga memiliki fitur yang dimana kamu sebagai pemilik data dapat membagikan data-data tertentu kepada orang lain atau klien bisnis.

Misal, jika kamu adalah seorang grafis desainer dan ingin membagikan hasil pekerjaan kepada klien, kamu dapat mengunggah data ke dalam folder khusus untuk klien saja. Setelah dokumen sudah berhasil terunggah, kamu bisa membagikan link folder tersebut kepada klien dengan hanya mengirimkan link URL saja.

Jangan khawatir jika kamu takut klien bisa mengakses file-file lain yang kamu miliki. Kamu bisa menyunting folder-folder mana yang hanya bisa diakses oleh kamu dan tim saja. Jadi, orang lain tidak akan bisa melihat dapur bisnis kamu.

2. Penyimpanan Data yang Aman

Biasanya penyedia layanan cloud memiliki sistem keamanan yang canggih untuk menjaga keamanan dan pencurian data-data pengguna. Tentunya, hal ini tidak bisa kamu temukan saat menyimpan data di komputer atau hardisk external yang mudah di curi.

3. Gratis Biaya Pemeliharaan

Kamu sudah membayar kapasitas penyimpanan di cloud, jadi kamu tidak perlu mempekerjakan seorang ahli untuk memelihara server penyimpanan data kamu. Penyedia layanan tersebutlah yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan server penyimpanan semua data-data pelanggan mereka.

4. Pilihan Kapasitas Penyimpan yang Banyak

Keunggulan selanjutnya adalah,  memiliki banyak pilihan kapasitas penyimpanan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan.

Jangan khawatir jika suatu saat kapasitas penyimpanan kamu hampir mencapai batas karena kamu bisa menambah daya kapasitas penyimpanan kepada provider. Tentunya, tambahan kapasitas penyimpanan ini berada di server yang sama dengan server yang sudah kamu gunakan.

5. Lebih Efisien

Seperti yang sudah kami jelaskan, jika kamu menggunakan penyimpanan tradisional kamu akan mengeluarkan biaya untuk membeli hardisk external yang baru. Dengan begitu, semua data yang kamu miliki akan terpisah-pisah dan membuat kamu dan tim kebingungan untuk mencari data. Ini sangat tidak efisien!

Dengan cloud storage management, kamu bisa mengakses semua data kamu di satu tempat saja. Tentunya hal ini akan berbeda jika kamu masih menggunakan sistem penyimpanan tradisional yang memaksa kamu untuk membeli hardisk external tambahan.

Yuk, Mulailah Berlangganan Cloud Storage Management!

Jadi itulah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang cloud storage management. Jika kamu tertarik dengan layanan ini, kamu bisa mencoba berlangganan cloud storage management di Cloud Storage Indonesia.

Hanya dengan Rp.16.000 saja, kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB. Tentunya, dengan ruang penyimpanan sebesar ini, kamu bisa menyimpan data-data pribadi atau pekerjaan kamu. Jadi tidak takut hilang atau rusak lagi, deh! Yuk, coba layanan Cloud Storage Indonesia sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *