Macam-Macam Cloud Storage yang Dipakai di Seluruh Dunia

Macam-Macam Cloud Storage yang Dipakai di Seluruh Dunia

Di masa kini, banyak pengguna internet baik individu maupun perusahaan yang menyimpan data mereka di cloud storage. Apakah kamu tahu macam-macam cloud storage yang dipakai di dunia saat ini? Jika belum tahu, silakan baca artikel berikut.

Apa Itu Cloud Storage?

Sebagai pendahuluan, kita akan membahas dulu apa cloud storage itu. Cloud storage adalah media penyimpanan data berbasis digital yang menggunakan koneksi internet untuk bisa mengakses file yang telah tersimpan.

Data yang disimpan ke dalam cloud storage dimasukkan ke sejumlah server yang dikelola oleh server host atau pihak penyedia layanan penyimpanan, baik secara gratis maupun berbayar.

Dewasa ini, menyimpan file menggunakan cloud storage lebih diminati oleh para pengguna internet karena berbagai alasan. Yang pertama, kamu tidak usah takut dengan serangan virus komputer atau masalah error seperti yang bisa terjadi kalau kamu memakai hardisk atau flashdisk. 

Selain itu, karena seluruh data disimpan ke dalam server, data kamu dijamin keamanannya. Kemudian file-file yang kamu simpan juga dapat diakses kapan saja kamu mau. Enak ya ternyata menggunakan cloud storage itu?

Macam-Macam Cloud Storage di Dunia

Karena rata-rata pengguna internet berasal dari luar negeri, maka tak heran jika cloud storage yang tersedia di internet kebanyakan dibuat oleh negara-negara selain Indonesia. Berikut adalah contoh cloud storage buatan perusahaan mancanegara:

1. Cloud Storage for IndiHome

Layanan cloud storage yang pertama adalah Cloud Storage for IndiHome yang melayani penyimpanan file digital seperti foto, video, dokumen yang dijamin aman dengan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun. Selain itu cloud storage indonesia ini memiliki sistem pencadangan otomatis sehingga tidak perlu khawatir data hilang. 

Cloud Storage ini menawarkan paket murah mulai dari Rp16.000/bulan, kamu dapat menikmati penyimpanan 16 GB, bahkan untuk pembelian paket 128GB kamu hanya akan dikenai biaya RP99.450/bulannya.

  1. OneDrive

Microsoft, Inc. pada tahun 2007 merilis sebuah layanan cloud storage bernama OneDrive. Jika kamu memiliki komputer atau laptop yang menggunakan Windows 10, aplikasi OneDrive secara otomatis telah ter-install di komputermu.

Salah satu keunggulan OneDrive adalah integrasi dengan komputer manapun yang punya operating system Windows. Hanya saja, kapasitas penyimpanan gratis di OneDrive cuma sebesar 5 Gigabyte.

3. iCloud

Perusahaan Apple. Inc. di Amerika Serikat juga tidak mau kalah; mereka merilis cloud storage bernama iCloud untuk smartphone dan tablet yang menggunakan operating system iOS. iCloud mampu mencadangkan data-data seperti kontak telepon, kalender, bookmarks, catatan digital, foto, dan lain sebagainya.

Kamu mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 5 Gigabyte secara gratis, yang bisa ditambah menjadi 50 Gigabyte dengan cara berlangganan ke penyedia layanan iCloud.

Indonesia Pakai Cloud Storage yang Mana?

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia, kebutuhan akan penyimpanan data pun tumbuh pesat dari tahun ke tahun, termasuk didalamnya permintaan terhadap cloud storage. Adapun dibawah ini macam-macam cloud storage yang tersedia di Indonesia:

  • Indihome
  • OneDrive
  • Dropbox
  • Google Drive
  • Mega

Meskipun ada banyak sekali jenis cloud storage yang digunakan oleh penduduk Indonesia, kamu perlu tahu cloud storage mana yang kapasitas penyimpanan datanya cukup untuk data-data yang ingin kamu simpan. 

Sebagai contoh, Indihome mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 32 Gigabyte, Mega mempunyai kapasitas 50 Gigabyte, sedangkan Dropbox hanya sampai 2 Gigabyte saja.

Nah, jika kamu masih penasaran mengenai cloud storage setelah kamu membaca artikel ini, ada baiknya jika kamu ikut berlangganan ke website Cloud Storage Indonesia sebagai layanan penyedia cloud storage terbaik untukmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: