7 Fungsi Cloud Storage yang Harus Kamu Ketahui

7 Fungsi Cloud Storage yang Harus Kamu Ketahui

Cloud storage adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk menyimpan dan menjaga data melalui internet. Data yang tersimpan dalam storage hanya dapat diakses melalui sambungan internet. Adapun bentuk data yang dapat kamu simpan bisa berbentuk dokumen, data grafis, multimedia, dll.  Keamanan dalam menggunakan cloud storage pun terjamin. Setiap pengguna yang ingin mengakses data akan dimintai password dan bahkan ada yang meminta autentikasi dua langkah (two-step authentication atau two-factor verification). Nah, apa saja sih fungsi cloud storage yang dapat memberi keuntungan? Yuk simak artikel di bawah ini.

1. Berbagi Data 

Fungsi cloud storage yang pertama adalah dapat membagikan data melalui internet. Kamu dapat membagi data kepada orang lain tanpa menggunakan flash disk atau hard disk. Cloud storage juga memiliki fungsi auto-synchronization yang berguna untuk menyimpan perubahan terbaru dalam data yang kamu simpan. 

2. Pengarsipan Data

Kelebihan lain yang kamu dapat dalam menggunakan cloud storage adalah kemudahan dalam menyimpan dan mengarsipkan data. Cloud storage akan membantu kamu untuk menyimpan data tanpa harus merusak data yang sudah ada. Dengan fungsi pengarsipan ini, dapat kamu pastikan bahwa data tetap aman, tidak hilang, dan juga tidak rusak. 

3. Kolaborasi

Fungsi ketiga adalah membagikan data dan memperbolehkan sang penerima data untuk mengubah data yang diterima. Hal ini akan memudahkan kamu yang butuh pendapat atau ide dalam suatu proyek tanpa harus bergerak lebih banyak. Cukup kirimkan pranala data kepada rekan, dan diskusi pun siap dimulai. 

4. Pengontrol Data

Ketika bekerjasama menggunakan data melalui cloud storage, akan ada dua orang atau lebih yang melakukan penyuntingan. Fungsi cloud storage sebagai pengontrol data adalah untuk memeriksa bagian mana yang telah disunting dengan memberikan catatan tertentu. 

Data yang paling mutakhir masih ada, dan catatan perubahan pun tidak akan hilang. Sebuah layanan penyimpanan yang menguntungkan, bukan?

5. Mudah dan Ringkas

Cloud storage berfungsi memberikan kemudahan dan keringkasan yang tidak akan diberikan oleh device gadget secara offline. Kamu dapat mengakses data dengan mudah, memori yang digunakan pun ringan, dan kamu tidak membutuhkan waktu banyak untuk membagikan data. Mudah, ringan, dan ringkas adalah kelebihan yang sungguh menguntungkan pengguna cloud storage

6. Hemat Biaya

Selain mudah dan ringkas, cloud storage juga tidak membutuhkan banyak biaya dalam perawatan dan pengaksesan. Kamu hanya perlu menggunakan internet yang bisa kamu dapatkan melalui WIFI terdekat atau paket internet di handphone. Data masih aman, dompet pun tetap tebal. 

7. Ramah Lingkungan

Fungsi terakhir dari cloud storage adalah membuat kamu merasakan kemudahan yang tak berkesudahan. Kamu tidak perlu menggunakan hardisk atau flashdisk yang apabila rusak akan berubah dan menjadi limbah. Cloud storage membuatmu memperhatikan sekitar tanpa harus menggunakan device gadget yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. 

Yuk, Manfaatkan Fungsi Cloud Storage dengan Maksimal!

Fungsi-fungsi yang diberikan cloud storage akan sangat bermanfaat apabila kamu dapat menggunakannya secara maksimal. Sering-seringlah memeriksa storage untuk melihat perubahan terbaru. Yuk gunakan Cloud Storage Indonesia untuk mendapatkan fungsi cloud storage yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *