5 Aplikasi Cloud Storage Terbaik Untuk Backup Data

5 Aplikasi Cloud Storage Terbaik Untuk Backup Data

Aplikasi cloud storage masuk ke dalam teknologi cloud computing. Cloud computing sudah menjadi bagian penting dalam kegiatan manusia sehari-hari yang mengandalkan sistem komputasi cerdas. Layanan cloud storage ini  sering digunakan untuk pengelolaan data secara online.

Ya seperti artinya, aplikasi cloud ini fungsi utamanya memang sebagai tempat penyimpanan file secara online, baik file pribadi atau file bisnis. Mulai dari file dokumen, gambar, video, dan lain-lain. Selain sebagai tempat penyimpanan, aplikasi cloud storage juga berguna sebagai tempat pencadangan dan sekaligus media berbagi file kepada orang lain dengan mudah, cepat, dan aman.

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan cloud yang semakin banyak dan kompleks, banyak provider menawarkan  dengan fasilitas yang berbeda pula. Dalam artikel ini, kami akan merangkum beberapa jenis aplikasi cloud storage yang bisa kamu gunakan kedepannya.

1. Cloud Storage for IndiHome

Provider IndiHome tak hanya andal sebagai penyedia layanan berlangganan WiFi dan TV kabel, kini mereka menyediakan Cloud Storage or Indihome. Aplikasi cloud ini diperuntukkan khusus para pelanggan IndiHome untuk menyimpan berbagai data digital.  Terdapat banyak manfaat apabila anda menggunakan cloud storage for IndiHome :

  1. Bisa Terintegrasi dengan Indihome
    Jika kamu pengguna Indihome, kamu cukup menggunakan akun MyIndihome kamu untuk masuk ke dalam layanan Cloud Storage. Pastikan jika akun MyIndohome kamu sudah terverifikasi terlebih dahulu sebelum mengakses layanan Cloud Storage. 
  2. Backup Kontak Otomatis
    Cloud Storage memiliki fitur penyimpanan berbagai macam jenis data. Kamu bisa menyimpan berbagai data atau file seperti foto, video, dan juga dokumen lainnya di dalam satu tempat yang terintegrasi.
  3. Berbagi Akun dengan Keluarga
    Fitur lain dari Cloud Storage adalah kamu dapat berbagi bermacam-macam data seperti foto video, dan dokumen lainnya dengan anggota keluarga kamu. Kamu bisa berbagi data dengan mudah dan aman menggunakan layanan Cloud Storage.
  4. Server Cloud Storage di Indonesia
    Keamanan dan kenyamanan data yang kamu simpan dalam Cloud Storage juga lebih terjamin. Hal ini karena server Cloud Storage berada di dalam negeri.

Untuk Aplikasinya sendiri sudah bisa kamu unduh gratis di Google Play Store dan App Store. Paket berlangganan yang tersedia cukup bervariasi, mulai dari Rp16.000 kamu sudah bisa mendapatkan cloud storage hingga kapasitas 128GB.

2. Google Drive

Google Drive adalah salah satu aplikasi cloud storage paling terkenal dan banyak orang andalkan, khususnya pengguna Google Workspace dan Android. Kepopuleran Google Drive disebabkan oleh kemampuan integrasi dan keserbagunaannya dalam kolaborasi pengelolaan data. Apalagi storage ini bisa diakses di berbagai device tanpa syarat. 

Pada awal mendaftar akun Google, kamu akan langsung mendapatkan fasilitas Google Drive gratis dengan kapasitas 15GB. Dan jika ingin upgrade kapasitas, kamu perlu membayar sekitar Rp30.000/bulan untuk 100GB. 

3. Dropbox

Jenis aplikasi cloud storage terbaik selanjutnya datang dari Dropbox. Sama seperti Google Drive, Dropbox sudah lama terkenal di kalangan perusahaan besar sebagai tempat penyimpanan cloud dengan banyak fitur menarik. 

Dengan Dropbox, kamu bisa menyimpan berbagai jenis ekstensi file apapun tanpa batasan ukuran yang bisa diakses di berbagai platform dan device. Mulai dari web, device Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. 

4. Microsoft OneDrive

Sejak pembaruan Windows 10 beberapa tahun yang lalu, OneDrive menjadi solusi terbaik aplikasi cloud storage dari Microsoft. Walau OneDrive identik dengan OS Windows, kamu bisa menggunakannya melalui web, device Android, hingga bahkan iOS. 

Kelebihan lain dari penyimpanan cloud OneDrive adalah terintegrasi dengan Outlook, Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan Skype.OneDrive tersedia dalam dua jenis layanan, yaitu untuk kebutuhan individual (home) dan bisnis. Masing-masing menawarkan paket gratis di awal hingga 5GB.

5. iCloud

Aplikasi cloud storage terakhir yang kami rekomendasikan adalah iCloud dari Apple. Yap, pada dasarnya iCloud hanya bisa digunakan oleh pengguna device bersistem operasi iOS, macOS, dan iPadOS. 

Tapi, jika kamu pengguna Windows dengan smartphone iPhone, kamu bisa menyinkronkan file dengan iCloud Drive melalui aplikasi klien resmi atau web iCloud untuk mengakses aplikasi iWork.

Bagi first timer user produk Apple, ia akan langsung diberi storage iCloud gratis berkapasitas 5GB. Dan apabila ingin upgrade storage, kamu cukup bayar Rp14.000-an/bulan untuk mendapatkan storage 50GB.

Aplikasi Cloud Storage Mana yang Jadi Jagoan Kamu?

Dari kelima pilihan aplikasi cloud storage di atas, masing-masing punya keunggulan agar bisa bersaing di industri provider cloud storage. Tapi, jika kamu pengguna IndiHome, jangan sia-siakan fasilitas penyimpanan cloud kami sebagai Cloud Storage Indonesia terbaik. Dapatkan penawaran terbaik dengan kualitas keamanan dan pelayanan cloud storage yang terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *