Private Cloud Storage: Definisi, Fungsi, dan Kelebihannya

Private Cloud Storage: Definisi, Fungsi, dan Kelebihannya

Mungkin kamu sudah paham bahwa cloud storage sangat penting dalam menggantikan penyimpanan data secara tradisional. Sistem penyimpanan ini punya tingkat keamanan yang sangat baik, terlebih apabila kamu menggunakan jenis private cloud storage.

Seperti namanya, storage ini diperuntukkan bagi penggunaan pribadi. Namun, apakah kamu tahu apa yang dimaksud private cloud storage secara teori? Dan apa saja fungsi penting serta keuntungan yang kamu dapatkan jika menggunakan jenis cloud storage ini? Untuk tahu jawabannya, yuk baca artikel ini sampai habis!

Definisi Private Cloud Storage

Private cloud storage adalah model layanan penyimpanan cloud yang dibuat dan digunakan secara pribadi, biasanya cloud storage ini digunakan oleh pengguna di suatu organisasi. Sama seperti layanan private cloud lainnya, private cloud  juga menawarkan kapasitas penyimpanan sesuai permintaan. Jenis penyimpanan ini juga dilengkapi dengan fungsi private cloud yang sama, yang terdiri dari: 

  • Akses penyimpanan sesuai permintaan, 
  • Pengumpulan resource komputasi sesuai permintaan,
  • Elastisitas, dan 
  • Pengukuran.

Pada sebuah organisasi, biasanya pihak berwenangnya rela berinvestasi  dalam rangka memenuhi persyaratan kepatuhan atau keamanan data. Fungsi atau interaksi lain dari cloud storage ini adalah sebagai aplikasi lokal yang memerlukan akses data dengan latensi tinggi atau throughput tinggi. Dengan begitu, pengguna perlu menempatkan storage secara fisik di dekat penyimpanan milik konsumen.

Fungsi Private Cloud Storage

Idealnya, Jenis Cloud Storage ini ditawarkan sebagai layanan untuk konsumen. Seperti private cloud resource lainnya, cloud storage pribadi ini harus mendukung:

1. Elasticity (Elastisitas)

Pengguna dapat mengakses storage sesuai permintaan dan menggunakan sistem layanan mandiri (self-service) untuk menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan mereka. Storage harus ditawarkan sebagai layanan yang diabstraksi dari sistem penyimpanan yang mendasarinya.

2. Multi-tenancy

Private cloud  harus mendukung banyak konsumen yang berasal dari departemen atau unit bisnis yang berbeda, dengan pembatasan yang mencegah setiap konsumen melihat data milik orang lain. Setiap konsumen harus memiliki jaminan kinerja storage terlepas dari beban.

3. Reporting dan Billing (Pelaporan dan Penagihan)

Private cloud dapat melaporkan konsumsi storage dari setiap konsumen yang berbeda. Dan dalam beberapa kasus, private cloud  akan menagih departemen atau unit bisnis terkait dalam hal penggunaannya, atau setidaknya menghitung bagian mereka dari biaya storage.

Kelebihan Private Cloud Storage

Pada dasarnya, private cloud  melibatkan biaya modal yang cukup besar dan pemeliharaan yang kompleks. Hal ini berkebalikan dengan layanan public cloud yang dipatok dengan prinsip harga pay-per-use. 

Meskipun tersedia dengan harga yang cukup mahal, private cloud  hadir dengan banyak kelebihan yang akan menguntungkan kamu dalam penyimpanan data. Berikut ini kelebihannya.

1. Keamanan yang kuat

Jenis cloud storage ini terkenal memiliki sistem dan kontrol keamanan yang kuat dan selalu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan private cloud dioperasikan di lingkungan yang benar-benar terisolasi, sehingga ia menawarkan lapisan keamanan tambahan yang tidak dimiliki public cloud.

2. Latensi rendah

Khusus aplikasi lokal, storage lokal akan memberikan latensi yang jauh lebih rendah daripada storage yang diterapkan dari pusat data cloud jarak jauh.

3. Performa tinggi

Pada public cloud storage, peralatan storage digunakan bersama oleh banyak pengguna. Layanan storage itu mungkin tidak menjamin kinerja sebaik private cloud. 

Kini Saatnya Menggunakan Private Cloud Storage!

Apabila kamu bekerja di industri yang mengandalkan cloud computing dan ingin performa penyimpanan data lebih baik, maka saatnya beralih memanfaatkan private cloud storage. 

Solusi penggunaan cloud storage yang tepat dapat membantu suatu organisasi berhasil di pasar industri digital yang kompetitif ini. Dapatkan cloud storage Indonesia terbaik untuk kamu di Cloud Storage for IndiHome ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *