Cloud Storage Indonesia Terbaik- Panduan lengkap

cloud-storage-indonesia-panduan-lengkap

Cloud Storage Indonesia Terbaik –  Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan teknologinya sudah semakin maju,dimana keamanan suatu data harus sangat diperhatikan dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi. Terdapat banyak data yang ada di dalam berkas mengandung informasi-informasi yang penting dan hanya boleh diketahui oleh pihak tertentu. Pada umumnya, berkas yang berisi informasi penting disimpan atau dibagikan ke dalam suatu penyimpanan yang dapat diakses dengan menggunakan internet atau yang dikenal sebagai penyimpanan awan atau cloud storage. 

Pengertian Cloud Storage Beserta Sejarahnya

Cloud Storage atau Penyimpanan awan adalah suatu bentuk model media penyimpanan data komputer file berbasis online yang dapat di akses dengan mudah dan dapat disesuaikan dengan permintaan kumpulan sumber daya komputasi yang dapat dikonfigurasikan dengan cepat disediakan. Koneksi internet sangat dibutuhkan untuk mengakses data yang telah kamu simpan di suatu server dan terdapat layanan penyimpanan cloud storage  yang bisa diakses melalui layanan komputasi cloud, antarmuka pemograman aplikasi  (API) layanan web atau aplikasi yang menggunakan sistem API, seperti penyimpanan desktop cloud, gateway dan penyimpanan awan.

 

Menyimpan file menggunakan cloud storage dapat meningkatkan popularitas penyimpanan cloud sehingga membuat organisasi mempertimbangkan kembali untuk memindahkan data dari pusat data mereka sendiri ke cloud. Namun, dalam keberhasilan penyedia penyimpanan cloud dapat menghadirkan beberapa risiko yang sangat signifikan bagi pelanggan. Seperti, menjadi sangat mahal untuk beralih ke penyedia penyimpanan lain. Pada tingkat penyimpanan cloud storage dapat disimpulkan bahwa menghapus data pengguna di beberapa penyedia dapat memungkinkan pelanggan untuk menghindari penguncian vendor, mengurangi biaya beralih ke penyedia lain, dan lebih menerima pemadaman atau kegagalan yang dilakukan oleh penyedia.

Beberapa keuntungan sistem penyimpanan cloud storage yang memberikan pelanggan kemampuan untuk menyimpan jumlah data tak terbatas untuk durasi waktu kapan pun. 

 

Penyimpanan awan atau could storage adalah salah satu yang terbesar pengeluarannya dalam proyek IT.  Dalam sistem keamanan penyimpanan data ada kekhawatiran kuat bahwa perusahaan akan tenggelam dengan mengorbankan penyimpanan data, terutama data yang tidak terstruktur. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, cloud storage telah mulai menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Cloud storage adalah konsep baru dan inovasi yang muncul bersamaan dengan komputasi awan, yang pada umumnya mengandung dua arti yaitu bagian penyimpanan cloud komputasi, sumber daya penyimpanan ter-virtualisasi dan memiliki skalabel tinggi. Selain itu, hubungan antar konsep cloud storage penyimpanan komputasi sebagai layanan, penyimpanan berbasis cloud harus jelas. Cloud Storage dibagi menjadi penyimpanan cloud publik, penyimpanan cloud pribadi dan penyimpanan cloud hybrid. 

 

Sejarah Cloud Storage – Terbentuknya

Kemampuan dasar kita sangat bergantung pada internet untuk sebagian besar sudah ada sejak awal. Dalam beberapa hal, inovasi teknologi internet menemukan cara untuk membuat kapabilitas asli dapat diakses oleh banyak orang. Komputer mainframe yang digunakan mulai tahun 1950-an memiliki kemampuan komputasi awan servet yang kuat, menyediakan penyimpanan data, perangkat lunak dan pemrosesan. Komputasi awan diyakini telah ditemukan oleh ilmuwan Joseph Carl Robnett Lickllder pada tahun 1960-an dengan karyanya pada ARPANET untuk menghubungkan orang dan data dari mana saja dan kapan saja. Pada saat itu, pemerintah AS dan peneliti ARPA memiliki sejumlah kecil pusat komputasi besar namun terpisah secara geografis. 

joseph-carl-robnett-licklider
joseph-carl-robnett-licklider

 

 

Mereka meminta J.C.R Licklider dari BBN Tekonologi untuk membuat jaringan komputer ini untuk berbagai informasi. Licklider menyebut idenya untuk proyek ini dalam memo tahun 1963 sebagai “Jaringan komputer Intergalaksi” (Licklider, 1963) . Ide tersebut akan menjadu ARPANET dan berkembang menjadi internet modern. Meskipun bukan cloud storage seperti yang kita kenal sekarang, cloud storage memiliki semua fitur penting yang diharapkan di cloud dalam hal mengakses dan berbagai data ke perangkat lunak maupun perangkat keras. 

 

Pada awal 1970-an, cloud storage  memiliki kemampuan virtualisasi perangkat keras (Amrehn dan Elliot. 2012).  Komputasi awan awal ini memang mengelami berbagai keterbatasan antar pengguna. Munculnya komputer pribadi dan komputer rumahan pada 1980-an memindahkan kekuatan komputasi dari mainframe ke komputer pribadi yang dapat di akses oleh banyak orang. 

Arsitektur Cloud Storage

Merancang arsitektur penyimpanan cloud storage untuk aplikasi intensif data yang muncul menghadirkan beberapa tantangan dan peluang. Untuk mengatasi masalah ini di perlukan kombinasi optimasi arsitektur ke perangkat penyimpanan dan lapisan hierarki memori / penyimpanan serta teknik perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengelola aliran data antara inti dan penyimpanan. 

 

Saat kita akan melangkah lebih dalam ke era di mana data adalah warga kelas satu dalam desain arsitektur, mengoptimalkan arsitektur penyimpanan cloud storage akan menjadi lebih penting. Arsitektur Penyimpanan Cloud storage adalah topik utama saat ini karena penggunaan data dan kapasitas penyimpanan akan meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun. Sehingga beberapa perusahaan besar terutama berkonsentrasi pada opsi penyimpanan permintaan seperti penyimpanan cloud. Penyedia penyimpanan cloud yang ada terutama terkonsentrasi pada kinerja, masalah biaya, dan beberapa opsi penyimpanan.

 

Arsitektur penyimpanan cloud storage terdiri dari Front End, Middleware dan Back end. Ujung depan merupakan frontend layanan web, front end berbasis file, dan bahkan front end yang lebih tradisional. Sedangkan, middleware terdiri dari logika penyimpanan yang

Mengimplementasikan  berbagai fitur seperti replikasi, data reduksi dan algoritma penempatan data. Bagian belakang atau back end mengimplementasikan penyimpanan fisik untuk data. Metode akses untuk cloud storage berbeda dari penyimpanan tradisional karena cloud storage memiliki perbedaan jenis data pelanggan yang berbeda. Sebagian besar penyedia menerapkan beberapa metode akses. 

 

Beberapa layanan penyimpanan objek seperti Oracle Cloud Storage, Microsoft Azure Storage dan Amazon S3 . Perangkat lunak penyimpanan objek seperti Openstack Swift. Sistem penyimpanan objek lainnya seperti Hitachi Content Platform, EMC ECS, EMC Atmos dan Hitachi Content Platform, dan proyek penelitian penyimpanan terdistribusi seperti OceanStore dan VISION Cloud adalah salah satu contoh penyimpanan cloud yang dapat dihosting dan dibagikan dengan karakteristik penyimpanan cloud storage

Layanan ini secara garis besar dibagi menjadi empat kategori:

  1. Infrastructure as a Service (IaaS) / Infrastruktur sebagai layanan 

menyediakan server virtual dengan alamat IP unik dan blok penyimpanan sesuai permintaan. Customer  juga dapat membayar sesuai dengan jumlah layanan yang mereka pakai, seperti listrik atau air, layanan ini juga disebut komputasi utilitas.

Kelebihan : Anda tidak perlu membeli PC dan peralatannya secara fisik, tidak perlu melakukan perawatan rutin dan melakukan konfigurasi pada perangkat anda. 

 

Kerugian : Anda harus selalu terhubung ke internet untuk menggunakannya dan membutuhkan penambahan sumber daya yang mengharuskan menghubungi pihak penyedia layanan. Anda mengurus sendiri database, keamanan, aplikasi OS dan framework.

 

  • Platform as a Service (PaaS) / Platform sebagai layanan

Layanan cloud jenis ini terdapat set perangkat lunak dan alat pengembangan yang dihosting di server penyedia. Google Apps adalah salah satu platform paling terkenal sebagai penyedia layanan. Platform sebagai layanan adalah platform pengembangan dan penerapan aplikasi yang disampaikan sebagai layanan kepada pengembang melalui web. Contoh lainnya seperti Amazon Web Service, Facebook, Microsoft Azure.

 

Kelebihan : Anda dapat lebih fokus mengembangkan aplikasi karena PaaS memiliki fitur utama dengan skalabilitas yang tinggi. Kekita aplikasi yang anda upload mulai digunakan oleh banyak orang maka secara otomatis layanan PaaS akan menskalakan aplikasi anda menjadi lebih baik dann ketika aplikasi kembali tidak digunakan maka akan diskalakan ulang. 

 

Kerugian : Platform as a Service memiliki fitur keamanan yang telah disediakan yaitu layanan keamanan platform, bukan keamanan untuk aplikasi anda. Jadi anda harus tetap memperhitungkan risiko keamanan dari aplikasi anda sendiri. 

 

  1. Software as a Service (SaaS)  / Perangkat lunak sebagai layanan 

Software as a Service (SaaS) meruapakan perangkat lunak sebagai layanan cloud jenis ini merupakan pasar terluas. Dalam hal ini penyedia mengizinkan pelanggan hanya untuk menggunakan aplikasinya. Perangkat lunak SaaS dapat berinteraksi dengan pengguna melalui antarmuka pengguna lainnya. Aplikasi ini bisa saja di mulai dari email berbasis web, hingga aplikasi seperti twitter, Google Apps, Adobe Creative Cloud dan Office 365

 

Kelebihan : Anda dapat mengakses langsung layanan secara gratis atau berbayar tanpa harus mengeluarkan uang untuk membuat sendiri atau membeli lisensi yang mahal.

 

Kekurangan: Anda tidak dapat mengubah fitur- fitur yang disediakan dengan semaunya karena SaaS mempunyai sifat multi-tenant sehingga fitur yang dibuat bersifat umum (tidak bisa digunakan secara spesifik terhadap kebutuhan anda) 

 

  1.  Storage as a Service (SaaS)  /Penyimpanan sebagai Layanan 

Penyimpanan sebagai layanan adalah model bisnis di mana perusahaan besar menyewakan ruang  infrastruktur penyimpanannya kepada perusahaan atau individu yang lebih kecil. Di perusahaan vendor SaaS akan menargetkan aplikasi penyimpanan sekunder.

Fungsi dari Cloud Storage

Fungsi Cloud storage akan membantu anda dalam menyimpan data dan mengetahui seberapa penting cloud storage dalam melakukan aktivitas sehari- hari.Dengan berkembangnya teknologi di era serba digital seperti sekarang banyak pengguna internet menggunakan dan memerlukan penyimpanan data dalam penyimpanan cloud. Penyimpanan cloud merupakan tempat penyimpanan file data secara online di internet. Berikut ini kami telah menyimpulkan beberapa fungsi penyimpanan cloud storage dalam aktivitas sehari-hari : 

  1. Cloud Storage Dapat Mencadangkan Data Penting

Pada umumnya kita sering menyimpan data penting pada flash disk, hard drive eksternal, Laptop, PC dan perangkat lainnya. Kita ketahui bahwa perangkat elektronik sangat mudah rentan terhadap kerusakan dan memiliki ancaman risiko virus yang dapat merusak atau menghilangkan file data penting pada perangkat elektronik. Dengan adanya penyimpanan cloud storage dapat mengunggah data penting kita ke layanan penyimpanan cloud dan tidak perlu lagi khawatir kehilangan data penting yang telah kita simpan. 

  1. Data Dapat di Kontrol Dengan Mudah serta Dapat Berkolaborasi

Fungsi cloud storage selanjutnya dapat dikontrol dengan mudah hal tersebut bisa dikerjakan beberapa orang yang bekerja tidak dalam satu kantor dan memanfaatkan menggunakan akses internet, cloud storage juga bisa dijadikan sebagai tempat bagi setiap hasil kerja maupun ide sehingga membuat kecepatan pengerjaan dari suatu tugas menjadi lebih cepat selesai. Dengan adanya cloud storage dalam melakukan kolaborasi menjadi lebih mudah karena setiap orang bisa bekerja sama dengan melakukan penyimpanan pada komputer server. Penyimpanan cloud dapat menggunakannya sebagai wadah untuk berkolaborasi antar kolega kantor untuk bertukar data. Oleh karena itu, pekerjaan jadi lebih efektif , tidak memakan banyak waktu untuk bertukar data dan lebih cepat.

  1. Cloud Storage Membutuhkan Biaya yang Lebih Kecil dan Merupakan Alat Berbagi 

Biaya cloud storage yang dibutuhkan tidak banyak jika jumlah file yang disimpan hanya sedikit. Namun, apabila file yang disimpan membutuhkan ruang dalam jumlah yang besar. Tentu saja, biaya penyimpanannya cukup mahal. Semua tergantung kondisi pengguna dan akan terlihat apabila cloud storage dimanfaatkan dengan sangat baik. Selain hanya membutuhkan biaya lebih kecil cloud storage juga ramah lingkungan karena limbah bekas perangkat akan menjadi menurun. 

 

Layanan cloud storage digunakan untuk berbagi data milik pengguna dengan pengguna lainnya dan dapat mensinkronisasikan secara otomatis yang tidak dibagikan layanan berbagai file sehingga pengguna tidak perlu mengunggah file untuk di distribusikan  . Fitur seperti ini sama seperti dropbox dan Mediafire yang sering kita temukan pada layanan berbagai file. 

Karakteristik dari Cloud Storage

Penggunaan Cloud Storage berarti bahwa pengguna/pelanggan/perusahaan akan menyimpan data mereka di dalam cloud sebagai gantinya dari pada menggunakan sistem lokal. Akses ke data dilakukan oleh konektivitas jaringan dan layanan klien. Satu keuntungan dari Cloud Storage adalah pelanggan yang dapat mengakses data mereka dari lokasi mana pun, bahkan jika mereka tidak memiliki akses ke jaringan organisasi mereka (Galloway, 2013). 

 

Jaringan nirkabel yang lebih kuat dan penggunaan seluler yang lebih besar

perangkat di bawah BYOD (Bring Your Own Device) telah meningkatkan ketergantungan padapenyimpanan online (Erturk & Iles, 2015)

 

Secara keseluruhan, cloud storage memiliki empat karakteristik dasar berikut :

 

  1. Elastisitas: Layanan atau penyimpanan akan disediakan sesuai permintaan ketika pelanggan membutuhkan lebih banyak sumber daya, yang akan disediakan secara otomatis. Di sisi lain, layanan akan berkurang jika klien tidak membutuhkannya.
  2. Penyediaan swalayan dan pencabutan akses otomatis: Pelanggan dapat meminta sejumlah penyimpanan secara langsung.
  3. Antarmuka pemrograman aplikasi (API): Antarmuka standar merupakan keuntungan karena aplikasi dan sumber data dapat dikomunikasikan dengan mudah.
  4. Penagihan berdasarkan penggunaan layanan: Perusahaan membayar, sebanyak yang mereka gunakan (Hurwitz, Bloor & Kaufman, 2009).

Manfaat Cloud Storage

Cloude storage memiliki konsep yang sama seperti pada konsep file server di perusahaan. Beberapa perbedaan terletak pada infrastruktur media storage dikelola oleh provider cloud. Kemudian, dijadikan sebagai layanan file yang bisa di akses melalui internet. Di era digital zaman sekarang cloud storage memiliki manfaat untuk membantu kita dalam menjalankan kehidupan sehari – hari, Berikut merupakan manfaat yang dimiliki oleh cloud storage :

 

  • Cloud Storage Memudahkan dalam Mengatur Pengarsipan Data

Cloud storage sendiri memiliki kemampuan untuk menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah dan efektif. Cara ini mencengah terjadinya data yang hilang atau rusak ketika akan disimpan di penyimpanan lokal.

 

  • Cloud Storage Meningkatkan Kinerja dalam Perusahaan

Ketika kita akan menyimpan data pada cloud storage maka kita tidak perlu melakukan penyimpanan data menggunakan penyimpanan lokal dan membawanya kemana – mana disetiap kegiatan bisnis/rapat. Cloud storage dapat diakses dimanapun, kapanpun selama terkoneksi dengan internet. Sehingga manfaat cloud storage ini membantu meningkatnya kinerja perusahaan dalam berbisnis.

3 Model Penyerapan Cloud Storage

Penerapan komputasi awan berbeda-beda tergantung pada persyaratan. Ada akses penyimpanan berbasis cloud berikut model dan masing-masing memiliki karakteristik tertentu yang mendukung kebutuhan penggunanya dan kebutuhan layanan dengan cara tertentu

 

  • Public Cloud / Awan Publik

Jenis infrastruktur cloud ini tersedia untuk umum dikomersial, disediakan oleh penyedia penyimpanan cloud. Layanan ini membutuhkan pengeluaran keuangan yang sangat sedikit dibandingkan dengan persyaratan pengeluaran model penyimpanan lainnya dari

komputasi awan

  • Private Cloud / Awan Pribadi

Cloud pribadi dikerahkan dan dipelihara untuk organisasi tertentu atau perusahaan oleh penyedia layanan. Operasi ini bisa dilakukan di rumah atau dengan pihak ketiga di

tempat.

  • Hybrid Cloud / Awan Hibrida

Infrastruktur Hybrid Cloud terdiri dari beberapa cloud berbagai jenis dan menyediakan kemampuan untuk mentransfer data dari satu cloud ke cloud lainnya melalui kemampuan antarmukanya. Tergantung pada kebutuhan dan persyaratan organisasi,

kombinasi bisa dari awan pribadi dan publik

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Storage

Penyimpanan cloud  sebagai layanan memberikan ruang kepada klien atau pelanggan di cloud daripada harus membeli penyimpanan fisik. Popularitas layanan ini sangat meningkat karena memberikan harga yang murah dan menjadi solusi untuk pencadangan, replikasi, dan pemulihan bencana. Dengan demikian, penyimpanan cloud disewakan menggunakan harga sesuai permintaan oleh vendor cloud yang mengurangi biaya operasional. Maka dari itu, kami menyimpulkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki cloud storage :

 

Ada banyak kelebihan untuk menyimpan data di cloud melalui penyimpanan lokal.

Kelebihan cloud storage

  • Dengan cloud storage perusahaan hanya membayar penyimpanan yang mereka gunakan saja sehingga dapat memangkas biaya operasional sehingga lebih hemat
  • Cloud Storage menjadikan bisnis dengan menggunakan penyimpanan awan dapat mengurangi konsumsi energi mereka hingga 75%  dan menjadikannya bisnis yang lebih sangat ramah lingkungan. Pada di tingkat tertentu vendor mereka pasti akan sering berurusan dengan adanya tingkat energi yang sangat tinggi sehingga mereka akan lebih diperlengkapi dengan mengelola  untuk menjaga biaya mereka agar tetap selalu rendah.
  • Organisasi juga dapat memilih antara opsi cloud storage di luar lokasi dan di tempat, atau campuran dari beberapa opsi, tergantung pada kriteria keputusan yang relevan yang akan melengkapi potensi penghematan biaya langsung di awal. contohnya, ada beberapa kesinambungan operasi (COOP), pemulihan bencana (DR), keamanan (PII, HIPAA, SARBOX, IA / CND), dan merekam undang-undang, peraturan, dan kebijakan penyimpanan cloud storage.
  • Perusahaan hanya membayar untuk penyimpanan yang mereka gunakan. Ini menciptakan biaya operasional daripada biaya modal.
  • Data dapat diakses dengan cepat dan dapat diandalkan. Data terletak di web di beberapa sistem penyimpanan bukannya situs lokal.
  • Perlindungan yang lebih baik jika terjadi bencana. Terkadang, organisasi memiliki cadangan lokal dan jika terjadi kebakaran atau bencana alam, cadangan tidak akan tersedia.
  • Vendor cloud menyediakan redundansi perangkat keras dan failover penyimpanan otomatis. Bantuan ini untuk menghindari layanan pemadaman yang disebabkan oleh kegagalan perangkat keras. Vendor tahu cara mendistribusikan salinan untuk mengurangi perangkat keras apa pun kegagalan.
  • Kapasitas penyimpanan yang hampir tak terbatas. Jika pelanggan tidak memiliki kebutuhan penyimpanan ekstra, biayanya akan berkurang.
  • Keseimbangan beban kerja. Vendor cloud membantu pelanggan mencapai kinerja terbaik dengan menyeimbangkan beban kerja.
  • Tampilan penyimpanan yang terpadu. Vendor cloud menyediakan ekspor untuk mendapatkan tampilan terpadu tentang pemanfaatan penyimpanan (Galloway, 2013).
  • Karakteristik pada cloud storage dan perlindungan data adalah intrinsik untuk arsitektur penyimpanan objek, jadi akan tergantung pada aplikasi, teknologi tambahan, upaya dan biaya untuk menambah ketersediaan dan perlindungan yang  dapat dihilangkan oleh pengguna.
  • Penyimpanan Awan atau cloud storage akan mendapat notifikasi pemeliharaan pada cloud storage , seperti pembelian pada kapasitas penyimpanan tambahan yang akan diturunkan ke tanggung jawab penyedia layanan komputasi awan.
  • Pada cloud Storage akan selalu menyediakan kebutuhan pemakai dengan dapat mengakses langsung ke berbagai sumber daya untuk aplikasi yang di infrastruktur oleh organisasi lain melalui antarmuka layanan web.

 

Kekurangan Cloud Storage

 

Di sisi lain, ada banyak kerugian untuk menyimpan data di cloud storage melalui penyimpanan lokal : 

  • Ketidakdewasaan. Vendor harus menulis ulang lagi solusi untuk mengatasi beberapa ketidakcocokan dengan penyimpanan data online, dan Ini telah menciptakan kesulitan bagi organisasi (Galloway, 2013).
  • Harga dan Keandalan. Pelanggan harus menghitung efektivitas biaya solusi cloud terhadap hosting dan memelihara data mereka.
  • Keamanan. Ada kemungkinan bahwa data tersebut dapat dicuri atau dilihat oleh orang yang tidak berwenang. Jika pelanggan tidak memiliki kendali penuh, risiko meningkat. Setelah klien memastikan bahwa vendor mengambil langkah-langkah keamanan, mereka harus mempertimbangkan transfer data dengan menggunakan teknologi enkripsi (Galloway, 2013).
  • Keterbatasan bandwidth. “Bandwidth adalah ukuran seberapa banyak data dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam jumlah waktu tertentu” (Marks & Lozano, 2010, hlm. 235). Jika bandwidth tidak secepat yang dibutuhkan pelanggan, solusinya tidak akan cocok.
  • Jarak Jaringan (Latency). Jumlah penundaan temporal dalam propagasi dan transmisi paket dalam jaringan mempengaruhi solusi penyimpanan cloud (Marks & Lozano, 2010
  • Sangat Rentan. Pengguna layanan cloud storage memiliki sesuatu yang paling ditakutkan adalah terjadinya peretasan dan pembobolan layanan cloud tersebut. Sehingga menimbulkan pembajakan terhadap file dan data yang disimpan di cloud storage

Aplikasi Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Datamu Agar Tidak Mudah Hilang! 

Ketika kita ingin menyimpan file di penyimpanan lokal dalam jumlah yang sangat banyak dan sering terjadinya keterbatasan penyimpanan. Sehingga harus membelinya lagi dengan kapasitas yang besar dengan biaya yang besar juga. Akan tetapi, saat ini tersedia penyimpanan data yang besar melalui aplikasi cloud storage. 

 

Lantas, Aplikasi cloud storage apa yang terbaik? Cloud storage buatan indonesia? 

cloud storage indonesia terbaik

Cloud Storage Indihome adalah layanan penyimpanan cloud storage terbaik di Indonesia. Cloud storage Indihome memiliki server di indonesia sehingga jauh lebih aman dan lebih terjaga privasinya selain itu pelanggan juga lebih mudah dalam mengakses cloud karena cloud storage indihome memiliki aplikasi desktop dan mobile. Cloud storage ini dapat dipergunakan untuk penyimpanan berbagai file penting untuk keluarga anda

layanan cloud storage lainnya

  • OneDrive

Aplikasi OneDrive merupakan cloud storage yang pada umumnya digunakan bagi pengguna Windows. OneDrive secara otomatis akan ter-install pada Windows 10 di perangkat-mu. Akan tetapi, cloud storage milik Microsft ini memiliki kekurangan dalam kapasitas. OneDrive hanya memiliki kapasitas sebesar 5GB

 

  • Dropbox

Cloud Storage ini hanya menyediakan kapasitas sebesar 2GB. Akan tetapi, kapasitas Dropbox masih bisa ditambah sampai 18GB jika kamu berhasil mengajak 32 orang untuk menggunakan Dropbox. 

 

  • IDrive

IDrive merupakan storage terbaik karena cloud drive ini tidak akan membuat file kamu terhapus atau dihapus dari komputer hilang otomatis.

 

  • PCloud

Cloud storage ini berasal dari Swiss dan sangat cocok digunakan untuk mengirim data dalam ukuran yang besar. PCloud tidak akan memberikan batasan kepada pengguna untuk menentukan ukuran file dan memiliki fitur sharing file dalam satu tim. Cloud Storage ini juga dapat di gunakan pada Ponsel, Website maupun PC- mu

  • Mega

Mega merupakan penyimpanan cloud storage gratis dengan kapasitas ruang penyimpanan 50GB dan berbagai jenis file atau data bisa kamu simpan dalam aplikasi cloud storage ini

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: