Perbedaan Cloud Storage dan Lokal Storage Yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Cloud Storage dan Lokal Storage

Sebagai seseorang yang berhubungan erat dengan teknologi, tentu saja kita sangat membutuhkan memori penyimpanan yang berguna untuk menyimpan memori-memori penting yang kita miliki. Memori penyimpanan tersebut juga mempunyai peranan penting untuk kita yang sudah mulai melaksanakan semua hal secara online. Nah, secara umum, media penyimpanan yang bisa kita pakai terbagi atas 2 jenis, yaitu Cloud Storage dan Lokal Storage. Walaupun sama-sama berguna untuk menyimpan file memori yang kita miliki, dua jenis memori penyimpanan tersebut mempunyai banyak sekali perbedaan yang spesifik. Dari bentuk, kapasitas, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sebelum kamu memilih mana memori penyimpanan yang cocok denganmu, mari simak beberapa fakta perbedaan cloud storage dan lokal storage.

Perbedaan Cloud Storage dan Lokal Storage

Memori penyimpanan lokal adalah sebuah memori yang mempunyai fisik. Contohnya adalah hard disk atau flash disk, perangkat penyimpanan memori internal yang biasanya ada pada ponsel dan perangkat elektronik milikmu, dan lain sebagainya.

Sementara itu, memori penyimpanan berupa cloud storage adalah sebuah memori yang tidak memiliki bentuk fisik. Sebuah cloud storage berada langsung pada internet sehingga data-data yang kita simpan tersimpan dan bisa kita akses hanya dengan memanfaatkan jaringan internet dan online. Contoh dari lokal storage adalah Google drive, Icloud, OneDrive, Dropbox, dan lain sebagainya.

Cloud Storage VS Local Storage

Berikut akan penulis sampaikan berbagai macam perbedaan antara memori penyimpanan lokal dengan Cloud Storage menilik dari berbagai macam faktor-faktornya.

1. Kapasitas

Dalam faktor kapasitas, memiliki cloud storage bisa sangat unggul karena penyimpanan jenis ini menawarkan memori penyimpanan yang sangat besar bahkan tersedia juga versi premiumnya yaitu kamu dapat membeli memori cloud storage versi unlimited. Sedangkan memori penyimpanan lokal biasanya hanya sanggup sampai 1 Terabyte, itupun hanya berlaku pada laptop.

2. Harga

Tidak seperti lokal storage, cloud storage tidak mengutip biaya apapun untuk dapat menyimpan file di dalamnya. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan local storage yang harus kamu bayar. Namun, cloud storage biasanya hanya mengizinkan kamu untuk menyimpan secara gratis sebanyak 10GB saja. Jika lebih dari situ, kamu harus membayar sejumlah harga untuk mendapatkan penyimpanan yang lebih besar.

3. Keamanan

Untuk faktor keamanan, kedua jenis penyimpanan ini mempunyai tingkat yang berbeda. Tidak seperti lokal storage yang tidak memiliki keamanan apapun (Kamu bebas melihat file yang ada di dalamnya asalkan kamu mempunyai bentuk fisik dari lokal storage tersebut), sementara untuk bisa mengakses local storage, kamu diwajibkan untuk memasukkan username dan password yang sesuai.

4. Resiko

Local storage yang mempunyai bentuk fisik artinya kamu mempunyai resiko kehilangan data yang kamu simpan di dalam memori penyimpananmu jika kamu menghilangkan local storagenya. Belum lagi resiko virus yang bisa ada pada local storage. Sementara itu, jika kamu memakai cloud storage, file yang kamu miliki tidak akan hilang selama kamu mengingat username dan password milikmu.

5. Kemudahan

Jika kamu masih memakai local storage, kamu pasti tahu memori penyimpanan lokal hanya bisa diakses jika kamu mempunyai perangkat lain seperti laptop atau ponsel. Sedangkan jika kamu memakai cloud storage, kamu bisa mengakses data kamu dimanapun dan kapanpun. Yang kamu perlukan hanyalah data internet yang memadai.

Tertarik Menggunakan Cloud Storage dan Lokal Storage?

Itulah beberapa perbedaan utama yang bisa kamu pelajari sebelum memutuskan untuk memakai salah satu jenis memori penyimpanan untuk menyimpan data kamu. Karena cloud storage lebih memudahkan kamu, maka direkomendasikan untuk berlangganan Cloud Storage Indonesia terbaik yaitu Cloud Storage For IndiHome, Semoga artikel ini membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *