Cara Mengetahui Alamat IP Website Menggunakan Tools

Cara mengetahui alamat IP website ternyata bisa dilakukan dengan cepat karena sangat mudah. Bahkan, saat ini sudah ada berbagai tools gratis untuk mengetahui alamat IP.

Sebagai pengguna internet kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah IP. Tapi, tidak dapat dipungkiri masih banyak orang yang belum benar-benar memahami apa itu IP dan apa pentingnya dalam berinternet.

Padahal dengan mengetahui alamat IP sebuah website, banyak manfaat yang bisa diperoleh. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail apa itu alamat IP dan bagaimana cara mengetahuinya.

Apa Itu Alamat IP Website?

Alamat IP (internet protocol) merupakan kumpulan angka tertentu yang digunakan sebuah perangkat agar dapat terhubung dengan internet. Setiap jaringan yang digunakan oleh pengguna internet memiliki IP khusus.

Salah satu alasan orang melakukan cara mengetahui alamat IP website adalah untuk mengetahui pemilik website. Sebab, IP mengandung informasi yang sangat penting.

Angka-angka yang terdapat dalam IP adress dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok dipisah dengan tanda titik, rentang jumlah angka setiap selompok adalah 1 hingga 3 digit angka.

Untuk rentang angkanya sendiri terdiri dari 0 hingga 255. Sedangkan berdasarkan fungsinya, kumpulan angka di alamat IP terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah network ID dan bagian kedua adalah Host ID.

Network ID mengandung informasi mengenai lokasi jaringan tersebut aktif. Bahkan, bagian ini dapat disebut juga sebagai perumahan. Sifatnya kurang spesifik karena bisa dimiliki oleh lebih dari satu jaringan.

Sedangkan Host ID mengandung informasi mengenai identitas perangkat dalam jaringan. Dalam cara mengetahui alamat IP website, host ID disebut juga sebagai nomor rumah tujuan. Sifat dari nomor ini cukup spesifik.

Sebuah website pada dasarnya terdiri dari kumpulan alamat IP. Tapi, sayangnya kumpulan angka tersebut sulit untuk diingat oleh pengunjung. Sehingga, digunakan domain agar lebih mudah dikenali.

Meski sudah dibungkus menggunakan domain, kamu masih tetap bisa melihat alamat IP sebuah website. Caranya bisa menggunakan fitur dari perangkat atau tools khusus.

Cara Mengetahui Alamat IP Website Menggunakan Tools

Setiap perangkat, khususnya komputer biasanya sudah disediakan sebuah fitur untuk mengetahui alamat IP. Meski dapat diakses secara gratis, tapi caranya cukup rumit.

Oleh sebab itu, kami lebih merekomendasikan kamu menggunakan tools khusus. Selain lebih mudah, hasilnya juga jauh lebih cepat. Simak caranya berikut ini:

  • DNS Checker

DNS Checker merupakan tools yang bisa diakses secara online. Informasi yang disajikan di antaranya adalah DNS, data lokasi, dan penghosting website tersebut. 

  • Domain IP Lookup

Cara mengetahui alamat IP website berikutnya adalah dengan menggunakan Domain IP Lookup. Dengan tools ini, kamu akan mendapatkan informasi lokasi, zoma waktu, kontak pemilik domain, dan ISP.

  • DNS Checker

Tools online gratis berikutnya adalah DNS Checker. Dengan tools ini kamu bisa mendapatkan informasi lokasi, negara yang dapat mengakses domain website, hingga ISP dari alamat IP.

  • IP Checker

IP Checker besutan Geotek IT-Outsourcing merupakan tools gratis yang akan memberikan berbagai informasi akurat dari sebuah website. Misalnya saja lokasi, pemilik website, alamat IP, dan masih banyak lainnya.

Cara mengetahui alamat IP website ini tidak hanya berguna untuk pengunjung website, tapi juga untuk pemilih website. Sehingga kamu bisa melakukan optimasi website agar lebih mudah diakses oleh banyak orang.

Selain itu, sebagai pemilik website kamu juga memerlukan ruang penyimpanan yang besar untuk berbagai data terkait website. Kamu bisa menggunakan layanan Cloud Storage melakukan penyimpanan data.

Dengan layanan tersebut, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan besar dengan harga terjangkau. Segera kunjungi website resmi Cloud Storage di https://cloudstorage.co.id untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Alamat IP website memang memiliki berbagai informasi yang sangat penting, baik untuk pengunjung website atau pemiliknya. Kabar baiknya, cara mengetahui alamat IP website sekarang bisa dilakukan dengan tools gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *