Aplikasi Penyimpanan Online, Bisa Simpan Data Lebih Banyak

Sekarang tersedia aplikasi penyimpanan online yang dapat memudahkan kamu dalam menyimpan berbagai data tanpa menggunakan memori perangkat lagi. Kemajuan teknologi dan semakin tingginya penggunaan internet dalam masyarakat modern mendukung hal ini.

Sekarang kamu sudah tidak perlu lagi membeli perangkat dengan memori paling banyak atau repot memasang dan melepas hardisk untuk menyimpan file. Kamu bisa menggantikan media penyimpanan dengan satu layanan saja, bahkan data digital dapat tersimpan di sini.

Mengenal Apa itu Aplikasi Penyimpanan Online

App untuk menyimpan file secara daring atau disebut juga sebagai cloud storage merupakan perkembangan teknologi dimana basis kerjanya menggunakan internet. Ini artinya jika kamu ingin menyimpan berbagai data secara digital maka koneksi internet adalah keharusan.

Singkatnya, aplikasi penyimpanan online ini akan memiliki beberapa server yang dikelola langsung oleh hosting. Nantinya server-server ini menjadi tempat bagi banyak data digital yang sudah diatur untuk disimpan oleh pemiliknya. Cara seperti ini lebih hemat memori.

Kelebihan metode ini selain tidak memakan memori juga lebih mudah diakses melalui perangkat mana saja, asalkan terkoneksi dengan internet. Keamanan file juga terjamin karena terhindar dari serangan virus serta data dapat diakses kapan saja sebelum dihapus.

Tidak ada pihak manapun yang memiliki akses untuk menghapus, menyalin, maupun memindahkan data selama akses mengelola file itu hanya kamu yang bisa. Menyimpan data di aplikasi penyimpanan online merupakan layanan gratis untuk manusia modern saat ini.

Mengetahui Cara Kerja Cloud Storage

Sebelum lebih jauh membahas cara kerja, lebih dulu pahami dua istilah yang ada dalam cloud storage, yakni server dan client. Client merupakan pemilik data atau file yang menginginkan datanya tersebut tersimpan secara digital dalam server.

Server sendiri merupakan sekumpulan sistem komputer dengan kemampuan sebagai pemberi komputasi jaringan, seperti untuk menyimpan data. Server dan client dapat bertemu dan menjalin kerja sama ketika ada koneksi internet diantara keduanya.

Ketika client melakukan proses simpan secara daring maka satu server yang terhubung akan menyebarkan data tersebut ke berbagai server lainnya. Saat kamu butuh mengakses data itu kembali maka tinggal membuka aplikasi penyimpanan online yang digunakan saja.

Sebagai pemilik, kamu leluasa untuk melakukan apapun terhadap data tersebut. Mulai dari menambah, mengurangi, menghapus, maupun membagikan file dengan orang lain. Biasanya tiap app memiliki kebijakan tertentu, ada yang harus berbayar ada yang hanya buat akun.

Manfaat Menyimpan Data Secara Digital

Sekarang orang-orang mulai melek teknologi dan sepertinya sudah mulai beralih dari media penyimpanan konvensional ke media simpan digital. Reaksi seperti ini sangat wajar, mengingat terdapat banyak sekali manfaat yang didapatkan, seperti:

  • Akses Mudah

Aksesnya sangat mudah karena bisa kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja. Melalui aplikasi penyimpanan online, kamu bisa menggunakan perangkat apapun asalkan masuk ke akun dengan kata kunci yang tepat maka berbagai file bisa kamu akses.

  • Keamanan Terjaga

Biasanya butuh username dan password untuk bisa mengakses file yang tersimpan. Kebijakan ini menjadi hal penting karena menjaga keamanan file dari pihak luar. Selain itu, ketika satu perangkat rusak tidak akan berpengaruh terhadap perangkat lainnya.

  • Efisiensi Biaya

Biaya jauh lebih murah karena kamu tidak perlu keluar uang untuk membeli perangkat tertentu. Selain itu, tidak ada biaya perbaikan juga apabila terjadi kerusakan pada perangkat simpan.

Untung sekali kamu terlahir di zaman modern yang teknologinya serba maju. Berbagai aplikasi penyimpanan online atau cloud storage membantu manusia modern dalam banyak hal, jadi tunggu apa lagi? Mari segera beralih ke Cloud Storage For IndiHome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *