Cloud Storage Adalah Alternatif Media Penyimpanan Terbaik Saat Ini

mengenal cloud storage dan cara kerjanya

Kapasitas penyimpanan kamu lagi menipis? Mungkin cloud storage bisa jadi solusi terbaik buat kamu. Cloud storage adalah alternatif yang muncul dalam permasalahan terkait media penyimpanan. Media ini sangat terkait dan bergantung pada internet sebagai akses untuk melakukan kegiatan penyimpanan berkas digital.

Mari kupas tuntas tentang apa itu cloud storage dan cara kerjanya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah model layanan yang mana data ditransmisikan dan disimpan pada sistem penyimpanan jarak jauh. Kemudian, data tersebut dipelihara, dikelola, dicadangkan, dan tersedia bagi pengguna melalui jaringan internet. 

Bagi kamu yang ingin menggunakan cloud storage umumnya harus membayar penyimpanan data cloud mereka dengan tarif bulanan per konsumsi. Penyimpanan ini didasarkan pada infrastruktur penyimpanan tervirtualisasi dengan antarmuka yang dapat diakses, elastisitas dan skalabilitas yang instan dengan sumber daya terukur. 

Data berbasis cloud disimpan dalam kumpulan logis di berbagai server penyimpanan komoditas yang terletak di lokasi atau di pusat data yang dikelola oleh penyedia cloud pihak ketiga. Penyedia layanan cloud bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara data yang ditransfer ke cloud

Layanan penyimpanan yang disediakan sesuai permintaan di cloud, dengan peningkatan dan penurunan kapasitas sesuai kebutuhan kamu. Cloud storage secara radikal telah menurunkan biaya penyimpanan per gigabyte.

Akan tetapi, penyedia cloud storage telah menambahkan biaya operasional yang dapat membuat teknologi ini jauh lebih mahal, tergantung pada cara penggunaannya.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Storage?

Penyedia layanan cloud memelihara pusat data besar di berbagai lokasi di seluruh dunia. Misalnya, ketika kamu membeli penyimpanan cloud dari penyedia, mereka menyerahkan sebagian besar aspek penyimpanan data ke vendor.

Aspek tersebut termasuk keamanan, kapasitas, server penyimpanan dan sumber daya komputasi, ketersediaan data, dan pengiriman melalui jaringan. Kamu dapat mengakses data cloud yang disimpan melalui protokol penyimpanan atau indikator pemrograman aplikasi (API), atau mereka juga dapat dipindahkan ke cloud.

Cara kerja penyimpanan cloud bervariasi tergantung pada jenis penyimpanan yang digunakan. Tiga jenis utama adalah block storage, file storage, dan penyimpanan objek. Untuk lebih rincinya, simak penjelasan berikut:

1. Block Storage

Cara kerja cloud storage yang pertama adalah block storage. Penyimpanan ini membagi volume data yang besar menjadi unit yang lebih kecil yang disebut block

Setiap blok dikaitkan dengan pengidentifikasi unik dan ditempatkan di salah satu drive penyimpanan sistem. Block storage dinilai cukup cepat, efisien, dan menyediakan latensi rendah yang dibutuhkan oleh aplikasi seperti database dan beban kerja berperforma tinggi.

2. File Storage

Salah satu jenis cloud storage adalah file storage atau penyimpanan file. Penyimpanan ini mengatur data dalam sistem hierarki file dan folder. Umumnya, bisa kamu gunakan dengan drive penyimpanan komputer pribadi dan penyimpanan yang terpasang ke jaringan (NAS). 

Data dalam sistem file storage disimpan dalam file, untuk kemudian disimpan dalam folder. Cloud berbasis penyimpanan file dapat membuat akses dan pengambilan data lebih mudah, dengan format hierarki yang akrab buat kamu dan diperlukan oleh beberapa aplikasi.

3. Penyimpanan Objek

Penyimpanan ini berfungsi untuk menyimpan data sebagai objek, yang terdiri dari tiga komponen, yakni data yang disimpan dalam file, metadata yang terkait dengan file data, dan pengenal unik. 

Menggunakan Restful API, protokol penyimpanan objek mampu menyimpan file dan metadata terkaitnya sebagai objek tunggal dan memberinya nomor identifikasi (ID). Sistem penyimpanan berbasis objek memungkinkan metadata untuk disesuaikan, serta dapat mempermudah akses dan analisis data. 

Dengan penyimpanan objek, data dapat kamu simpan dalam format aslinya dengan skalabilitas yang besar.

Cloud Storage adalah Solusi Kapasitas Storage yang Bisa Kamu Coba!

Nah, demikianlah artikel tentang apa itu cloud storage beserta cara kerjanya yang perlu kamu ketahui. Dari pembahasan di atas maka, dapat disimpulkan bahwa cloud storage adalah model komputasi cloud yang menyimpan data di Internet melalui penyedia yang mengelola dan mengoperasikan penyimpanan data sebagai layanan.

Tertarik untuk menggunakannya? Yuk, gunakan Cloud Storage For IndiHome yang akan menjamin datamu tersimpan secara praktis dan aman. Kini, tidak ada lagi alasan data yang kamu miliki hilang/terhapus, karena semua bisa di backup secara mudah di cloud storage. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *