Apa itu Cloud Backup? Ini Pengertian dan Rekomendasi Terbaiknya!

cloud backup

Sekarang ini penyimpanan online sudah lazim digunakan. Namun, di manapun data tersimpan salah satu hal paling mengkhawatirkan bagi banyak orang adalah kehilangan data-data tersebut. Karena itu, dengan semakin canggihnya teknologi saat ini terdapat layanan cloud backup.

Jika dulu kamu mungkin hanya bisa mengandalkan tempat cadangan yang konvensional, maka sekarang sekarang dengan adanya transformasi digital kamu bisa menggunakan teknologi yang lebih modern yaitu cloud backup. Yuk, cari tahu pengertian lengkap dan rekomendasinya!

Apa itu Cloud Backup?

Cloud backup adalah sebuah layanan proteksi atau strategi yang akan memindahkan salinan dari sebuah data ke tempat yang berbeda sebagai cadangan. Tujuannya sendiri adalah untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan atau kehilangan data karena insiden yang tidak terduga.

Pencadangan ini tentunya akan sangat berguna apalagi jika kamu menyimpan banyak data penting yang tidak boleh hilang. Selain itu, kelebihan pencadangan menggunakan cloud adalah kamu tidak membutuhkan perangkat tambahan dan hanya membutuhkan internet. Sehingga kegiatan pencadangan akan jauh lebih mudah dan efisien.

Umumnya pencadangan melalui cloud bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Kamu bisa memilih untuk melakukan backup setiap jam, hari, minggu, bulan, dan sebagainya. Backup juga akan dilakukan secara otomatis, kamu tidak repot melakukannya secara manual.

Apakah Aman Menyimpan Data di Cloud Backup?

Menggunakan cloud backup terjamin keamanannya. Karena, melalui pencadangan secara online kamu juga bisa menggunakan sistem enkripsi yang akan menjaga keamanan data dari peretasan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bila mungkin privasi kamu terganggu karena ada orang lain yang ingin mengakses atau mencuri data.

Data yang tersimpan juga akan dipantau dan dikelola oleh server pusat. Selain itu, sistem pencadangan cloud berbasis internet, sehingga memiliki kapasitas yang juga sangat besar. Kamu tidak perlu takut data tiba-tiba terhapus atau hilang. Melakukan recovery juga menjadi lebih mudah dan fleksibel.

Rekomendasi Cloud Backup Terbaik

Sekarang ini sudah banyak sekali layanan cloud backup yang dapat kamu temukan dengan mudah. Berikut adalah rekomendasi cloud pencadangan terbaik untuk kamu:

1. Cloud Storage for Indihome

Pertama adalah Cloud Storage for Indihome yang merupakan layanan penyimpanan file eksklusif untuk pengguna Indihome. Setiap pengguna dapat menyimpan berbagai data seperti dokumen, foto, dan video secara praktis. Serta dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun mereka berada. 

Cloud Storage for Indihome juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang akan semakin memudahkan akses penggunanya. Ketika menggunakan layanan ini kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti pencadangan kontak secara otomatis serta berbagi berkas dan folder dengan semua anggota keluarga.

Selain itu, server Cloud Storage ada di Indonesia sehingga kamu bisa menyimpan data dengan lebih aman dan nyaman. Akses pengguna juga terjamin aman karena telah menerapkan standar otentikasi biometrik. 

Kamu juga bisa memilih berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau, yakni mulai Rp16.000 saja. Dengan harga murah, banyak manfaat dan  kualitas terbaiknya maka tidak heran jika layanan Cloud Storage for Indihome menjadi pilihan no 1 di Indonesia.

2. Google Drive

Layanan yang dapat menjadi cloud backup selanjutnya adalah Google Drive. Google Drive merupakan cloud yang terhubung dengan semua layanan dari Google, seperti Gmail, Google Photos, Google Docs, dan masih banyak lagi. 

Karena saling terhubung, semua file dalam layanan Google akan secara otomatis berada dalam Drive. Google Drive memberikan penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Namun, kamu harus membayar jika ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

3. Dropbox

Lalu terdapat Dropbox yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data. Namun, kapasitas penyimpanan gratis yang ditawarkan oleh Dropbox hanya sebesar 2 GB. Jika kamu mampu mengajak sekitar 32 teman untuk menggunakan Dropbox kamu bisa menambah storage hingga 18 GB.

4. Microsoft OneDrive

Layanan lain yang bisa menjadi cloud backup adalah Microsoft Onedrive. Microsoft OneDrive terhubung dan terintegrasi langsung dengan sistem operasi dari Windows. Pada Windows 10, OneDrive juga telah terpasang secara otomatis.

Layanan ini lebih cocok untuk menyimpan file dengan ukuran yang kecil seperti dokumen, karena cloud gratisnya hanya sebesar 5 GB. Jika kamu ingin penyimpanan yang lebih besar, biaya yang harus kamu bayarkan cukup mahal, yaitu mencapai Rp1.000.000,00. 

5. iCloud

Penyimpanan online selanjutnya adalah iCloud. Hanya saja jika kamu ingin mengakses cloud ini, kamu harus memiliki perangkat dari Apple atau sebuah Apple ID. Jika kamu memiliki banyak perangkat Apple dan ingin melakukan sinkronisasi kamu bisa menggunakan layanan yang satu ini.

Namun, kapasitas yang Apple tawarkan secara gratis hanya sebesar 5 GB saja. Tentu kamu harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

6. pCloud

Layanan cloud backup yang terakhir adalah pCloud. pCloud menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10 GB. Seperti Dropbox yang harus mengajak orang lain untuk menggunakannya terlebih dahulu jika ingin mendapatkan tambahan storage, pCloud juga menggunakan aturan yang sama.

Sayangnya pCloud hanya menyediakan ekstra storage sebesar 5 GB saja. Namun, kamu tetap bisa menggunakan versi premium dengan melakukan pembayaran tiap bulannya.

Sudah Memilih Mana Cloud Backup Pilihanmu?

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu cloud backup dan berbagai rekomendasi rekomendasinya yang bisa kamu pilih. Dari semua rekomendasi layanan di atas, salah satu yang paling terpercaya di Indonesia adalah Cloud Storage for Indihome. 

Kamu bisa menikmati kemudahan layanan melalui smartphone dengan harga yang terjangkau. Jika kamu tertarik untuk menggunakan layanan terbaik, kunjungi cloudstorage.co.id untuk informasi yang lebih detailnya. Tunggu apalagi, yuk pilih layanan Cloud Storage for Indihome sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *