Bandwidth adalah Maksimal Besar Transfer Saat Pertukaran Data

Bandwidth adalah istilah yang cukup populer. Biasanya bandwith ini dibahas ketika mengulas tentang dunia teknologi. Bisa dikatakan, kebanyakan dari kamu juga belum mengetahui mengenai istilah dari bandwidth tersebut.

Perlu diketahui, bandwith sendiri sebenarnya bicara tentang kapasitas dari sebuah kabel ethernet. Nantinya kapasitas tersebut akan menentukan maksimal trafik data yang bisa lewat. Intinya bandwith ini berbicara tentang maksimal konsumsi transfer data.

Untuk memahami lebih jauh mengenai bandwidth, keberadaannya bisa diibaratkan layaknya sebuah jembatan. Lalu data yang ditransfer bisa diibaratkan sebagai orang yang melewati jembatan tersebut. Nantinya lebar jembatan atau bandwith akan sangat menentukan.

Jika jembatan atau bandwithnya luas, orang atau data yang bisa berjalan melewatinya sangat banyak. Namun jika jembatan atau bandwith tersebut sempit, orang atau data yang lewat pasti terbatas. 

Ketika ada kondisi di mana orang atau datanya banyak, kondisi macet pasti terasa. Oleh karena itu, bandwidth adalah hal yang sangat vital. Jangan sampai kondisi bandwidth tidak sesuai dengan data yang ditransfer.

Bandwidth adalah Hal yang Memiliki Banyak Fungsi

Popularitas bandwith tentu bukan terjadi tanpa alasan. Bandwith ini memiliki fungsi yang sangat banyak. Jika dilihat secara keseluruhan, keberadaan bandwith sangat vital sehingga dunia teknologi bisa berkembang dengan pesat.

Namun jika dilihat secara keseluruhan, ada tiga fungsi utama yang dimiliki bandwith. Berikut ketiga fungsi tersebut yang perannya paling vital.

  • Ukuran Media

Bandwidth adalah hal yang berfungsi sebagai ukuran media. Nantinya ini akan menjadi kapasitas maksimal dari komputer atau jaringan. Jaringan komputernya sendiri pasti memiliki bandwith.

Perlu diketahui, bandwith sendiri merupakan hal yang sangat vital dalam distribusi jaringan. Nantinya hal ini akan berefek pada provider yang dipilih. Apabila bandwithnya kecil, seseorang perlu memilih provider dengan layanan yang tidak terlalu tinggi.

Jika pelayanannya terlalu berkualitas, Bandwidth tersebut tidak akan bisa menampungnya. Namun jika bandwithnya besar, layanan yang diberikan bisa semakin baik sehingga pemilihan providernya bisa dilakukan dengan mudah.

  • Membagi Kecepatan

Perlu diketahui, bandwidth adalah hal yang juga bisa berfungsi untuk membagi kecepatan. Nantinya hal ini membuat pengguna internet tidak perlu merasa kesal. Itu karena, setiap pengguna akan bisa menggunakan internet secara lancar tanpa perlu berdebat.

Mungkin beberapa dari kamu menganggap pembagian kecepatan ini sebagai hal yang tidak terlalu penting. Tetapi coba bayangkan ketika dua orang pengguna memakai internet namun pembagian kecepatan tidak terjadi.

Nantinya jika seorang pengguna mengunduh file dalam jumlah besar, pengguna yang satunya tidak akan bisa mengakses internet sama sekali. Terlebih lagi jika download manager digunakan. Hal tersebut membuat pembagian kecepatan menjadi lebih sulit.

  • Mengatur Besar Data

Administrator jaringan perlu melakukan berbagai hal supaya internet bisa berjalan lancar. Jika trafik internet terlalu tinggi pada satu waktu, kondisinya pasti membuat internet tidak stabil. Disini, pengaturan merupakan hal yang perlu dilakukan.

Bandwidth adalah hal yang sangat tepat untuk mengatur hal tersebut. Karena perannya sebagai jalan, bandwith bisa membuat pembatas sehingga kapasitas maksimal penggunaan internet perlu diikuti.

Berikut Contoh Bandwidth Pada Komputer

Perlu diketahui, ada dua tipe bandwidth pada komputer. Tipe pertama adalah bandwith digital. Nantinya data digital akan dikirim baik melalui kabel maupun tanpa kabel.

Lalu ada juga bandwidth analog, sebenarnya bandwidth analog ini memiliki fungsi yang hampir mirip. Hanya saja, satuan bandwidth analog menggunakan hertz. Hal berbeda akan terlihat pada bandwidth digital dimana satuan hitungnya memakai bit per second.

Pastikan untuk memahami mengenai dunia internet dengan lebih baik. Jika pemahamannya tidak dimiliki, Anda pasti akan tertinggal. Selain itu jika kamu memiliki niat untuk berlanggan layanan could storage, kunjungi saja https://cloudstorage.co.id/ .

Kami merupakan penyedia Cloud Storage Terbaik yang selalu menjadikan kepuasan konsumen sebagai prioritas. Berbagai pengetahuan juga bisa kami bagikan. Oleh karena itu, bandwidth adalah salah satu hal yang bisa kamu tanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *