Penyimpanan Online, Alasan Kamu Harus Menggunakannya, Penting!

Penyimpanan online

Jika kamu sering mengalami kehilangan data-data penting di komputer, laptop, atau handphone karena perangkat tersebut rusak, sudah saatnya kamu beralih ke penyimpanan online.

Cloud storage atau penyimpanan online merupakan media yang berbasis online untuk menyimpan file serta membutuhkan koneksi internet saat mengaksesnya. Dibanding media offline, cloud storage memiliki banyak kelebihan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Pentingnya Penyimpanan Online

Jika kamu sering menggunakan komputer, laptop, atau smartphone untuk menyimpan file-file penting, sebaiknya kamu harus tetap waspada. Alat-alat tersebut sangat rentan terhadap kerusakan. Akibatnya, file-file yang kamu simpan tidak terjamin keamanannya.

Maka dari itu, kamu harus menggunakan media simpan yang aman yaitu penyimpanan online. Kamu tidak perlu khawatir data akan hilang atau rusak jika laptop, komputer, atau smartphone kamu mengalami kerusakan.

Cloud storage sangat penting untuk media penyimpanan. Sebab, data yang tersimpan memiliki keamanan ketat. Ketika mengakses data, kamu harus login terlebih dahulu. Sehingga, tidak sembarang orang dapat mengakses data yang kamu miliki.

Cara Kerja Penyimpanan Online

Secara sederhana, cara kerja penyimpanan online dapat dibagi menjadi dua tahap yaitu:

1. Pengiriman File

Sebelum kamu menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi ke penyedia layanan penyimpanan.Biasanya, proses pendaftarannya tidak rumit dan cepat asal kamu memiliki koneksi internet yang baik.

Setelah itu kamu bisa mengirim file yang ingin kamu simpan ke server. Tunggu hingga file telah tersalin ke server dengan sempurna. Pastikan jaringan internet kuat agar proses berjalan dengan cepat.

2. Akses Modifikasi File

Setelah file tersalin, maka server akan memberikan akses kepada pengguna untuk memodifikasi file tersebut. 

Kamu bisa membuka file yang telah tersimpan, mengedit, atau mengunduhnya kembali. Prinsipnya, kamu memiliki akses untuk melakukan perubahan terhadap file tersebut.

Kamu tidak usah merasa bingung karena cara kerjanya sangat mudah dipahami dan tidak rumit. Sehingga, kamu bisa langsung menggunakannya.

Kelebihan Penyimpanan Online dibanding Offline

Selain cara kerja yang mudah, penyimpanan online memiliki banyak kelebihan dibanding media simpan offline. Kelebihannya tersebut antara lain:

1. Tidak Mudah Hilang

Media simpan offline seperti hardisk eksternal, flashdisk, dan DVD/CD sangat rentan terhadap kerusakan. Misalnya, DVD/CD mudah terkena goresan atau guncangan yang mengakibatkan data tidak terbaca.

Kemudian,penyimpanan seperti flashdisk akan mudah terselip atau kamu lupa meletakkannya. Jika demikian, sudah pasti file akan hilang. Belum lagi jika terkena air atau zat lainnya yang mengakibatkan kerusakan.

Berbeda dengan media simpan online, cukup dengan koneksi internet dan login menggunakan password kamu bisa menyimpan file dengan aman tanpa takut hilang.

2. Data Tidak Gampang Rusak

Data yang disimpan di penyimpanan offline sangat mudah rusak. Kondisi ini terjadi karena flashdisk atau penyimpanan offline lainnya sering berpindah-pindah perangkat. Akibatnya, rentan terkena virus.

Jika sudah terinfeksi virus, kondsi file-file kamu akan sangat terancam. Bahkan, kemungkinan tidak bisa terbaca. Sedangkan, penyimpanan online memiliki sistem antivirus yang akan melindungi data dari ancaman virus berbahaya.

3. Akses Mudah

Cloud storage bisa diakses dimana saja dan kapan saja asal kamu memiliki jaringan internet. Kamu hanya perlu login ke server yang sangat mudah dilakukan. Sehingga, kamu bisa mengakses data yang kamu butuhkan dengan cepat tanpa terkendala.

4. Privasi Terjaga

Selain akses mudah, privasi kamu akan terjaga jika menggunakan penyimpanan online. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk bisa menikmati layanan ini kamu harus registrasi terlebih dahulu.

Maka, saat mengakses kembali data tersebut kamu harus masuk ke server menggunakan username dan password yang telah dibuat saat mendaftar. Maka, orang lain tidak bisa mengakses atau mencuri data yang sudah tersimpan. Sangat aman, bukan?

5. Tersedia Fitur Back Up

Nah, kelebihan media penyimpanan online adalah memiliki fitur back up. Maksudnya, setiap data yang kamu simpan sudah dicadangkan di server lain. 

Tujuannya agar saat data di server awal rusak, kamu bisa memulihkannya. Selain itu, kamu bisa melakukan restore data yang sudah dicadangkan kapan saja. 

Penyedia Cloud Storage Terbaik di Indonesia

Jika kamu ingin menggunakan penyimpanan online, pilihlah penyedia layanan cloud storage yang terbaik. Sehingga, data yang kamu simpan terjamin aman. 

Cloud Storage for IndiHome merupakan penyedia layanan cloud storage terbaik di Indonesia yang akan membantumu untuk menyimpan foto, video, atau data lainnya dengan tingkat keamanan tinggi.

Manfaat layanan Cloud Storage for IndiHome yang akan kamu dapatkan antara lain:

1. Pencadangan Data Kontak Otomatis

Kamu dapat menyimpan berbagai jenis file atau dokumen penting seperti foto, video, maupun berkas lainnya dengan satu tempat. Sangat praktis, bukan?

2. Berbagi Akun dengan Keluarga

Jika kamu sering menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur atau acara yang lain, pasti banyak foto atau video kenangan yang harus disimpan dan dibagikan kepada mereka. 

Tapi, sangat sulit untuk membagikan foto atau video ke semua anggota keluarga satu per satu bukan? Maka Cloud Storage for IndiHome adalah solusinya. Kamu bisa membagikan berbagai berkas ke semua anggota keluarga dengan mudah.

3. Penyimpanan Data di Indonesia

Kamu tidak perlu khawatir karena data yang sudah kamu simpan memiliki keamanan yang terjamin di dalam negeri. Sehingga, tidak perlu takut data akan bocor atau dicuri. 

4. Akses Pengguna yang Aman

Di samping itu, Cloud Storage for IndiHome sudah menjamin keamanan akses bagi pengguna. Sebab, layanan ini sudah standar otentikasi biometrik.

Teknologi  ini memungkinkan kamu untuk masuk ke akun penyimpanan online tanpa password. Namun, memerlukan verifikasi identitas seperti wajah, sidik jari, atau suara untuk akses yang lebih aman.

Selain manfaat tersebut, kamu dapat menikmati layanan Cloud Storage for IndiHome dimanapun, kapanpun, dan dengan perangkat apa saja. Kamu bisa mengunduh aplikasi versi mobile yang sudah tersedia untuk android dan iOS.

Dengan kemudahan dan manfaat layanan tersebut, sudah saatnya kamu beralih ke penyimpanan online bersama Cloud Storage for IndiHome. Jadi, tunggu apalagi? Amankan data penting kamu segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *