Tips Menjaga Keamanan Data Cloud, Penting!

Menjaga keamanan data cloud sangat penting untuk kamu lakukan. Teknologi Cloud Saat ini semakin booming dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengolah data dengan mudah dan fleksibel.

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki teknologi cloud ini sangat mudah untuk diterima oleh para pebisnis. Karena memang ini memungkinkan untuk melakukan pengontrolan data secara dinamis dan juga fleksibel.

Biaya untuk menggunakan teknologi Cloud bisa juga dikatakan masih cukup terjangkau dibandingkan harus menggunakan penyimpanan data secara konvensional.

Menjaga keamanan data cloud menjadi salah satu isu yang sering menjadi pembahasan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan memang, keamanan menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih provider penyedia layanan cloud storage.

Karena jika sampai data-data penting perusahaan bocor yang lain tentunya ini bisa sangat merugikan. Untuk menjalin tersebut kamu harus bisa memilih provider yang terpercaya dan memiliki sistem keamanan cloud yang canggih.

Anda bisa mencari tahu fitur keamanan apa saja yang dimiliki dan juga layanan apa saja yang diberikan oleh provider penyedia layanan cloud yang kamu gunakan. Ini sangat penting untuk mengetahui seberapa aman data yang kamu simpan pada cloud. 

Untuk menjaga keamanan data cloud kamu bisa memilih provider yang menyediakan fitur keamanan dalam berbagai layar atau berbagai macam lapisan. Dengan begitu harapannya nantinya para hacker akan kesulitan untuk membobol data atau melakukan pencurian data.

Di era modern seperti saat ini modus-modus atau cara yang dilakukan oleh para hacker untuk melakukan tindakan kejahatan semakin kreatif. Oleh karena itu, kamu harus selalu berhati-hati ketika menggunakan media penyimpanan cloud. 

Beberapa Tips Menjaga Keamanan Data Cloud

Selain harus memastikan provider terbaik kamu juga harus melakukan beberapa langkah preventif untuk mencegah adanya orang menyusui data-data kamu secara tidak bertanggung jawab.

Karena terkadang seorang hacker bisa membobol data cloud akibat kesalahan yang dilakukan oleh para user. Berikut beberapa tips menjaga keamanan data cloud yang bisa kamu lakukan dengan cukup mudah.

  1. Membuat password yang unik dan juga rumit

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah untuk menjaga keamanan data yang disimpan pada cloud yaitu adalah membuat password yang unik dan rumit sehingga sulit untuk dibobol.

Jangan sampai kamu membuat password yang ada hubungannya dengan diri kamu seperti misalnya tanggal lahir, nama lengkap, alamat rumah dan lain sebagainya.

Karena ini akan memudahkan orang lain untuk mencoba menebak password yang kamu gunakan. Pastikan untuk menggunakan password yang unik dan rumit sehingga nantinya orang lain tidak bisa menebak password yang kamu gunakan.

   2. Jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai macam akun

Tips menjaga keamanan data cloud selanjutnya yaitu adalah jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai macam akun. Ini banyak dilakukan oleh orang-orang demi Menghindari lupa password.

Padahal ini tidak disarankan karena dapat memudahkan para hacker ketika ingin membobol akun kamu. Usahakan jika memiliki banyak akun yang berbeda buatlah password yang berbeda.

   3. Pastikan untuk selalu logout dan jangan memberikan password kepada orang lain

Ketika kamu membuka akun melalui browser Jangan pernah menggunakan fitur save password. Ini sangat tidak disarankan apalagi device yang kamu gunakan juga digunakan oleh orang lain. Pastikan juga untuk selalu logout setelah membuka akun. Selain Itu sangat tidak disarankan bagi kamu memberikan password kepada orang lain secara sembarangan.

Jadi ketika menggunakan penyimpanan cloud, kamu bukan hanya harus menemukan provider terbaik. Kamu juga harus menerapkan cara menjaga keamanan data cloud agar nantinya para hacker semakin kesulitan untuk membobol akun kamu dengan menggunakan cloud storage terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *