Perkembangan Cloud Storage di Indonesia

Perkembangan Could storage di Indonesia

Cloud computing atau komputerisasi awan telah berkembang pesat di Indonesia. Seiring dengan peningkatan kecanggihan teknologi di dunia, tanah air tercinta pun secara alami mengharuskan diri untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Cloud Storage adalah salah satu model dari komputerisasi awan yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dalam berbagai sektor di Indonesia , seperti sektor ekonomi.

Indonesia diharapkan untuk bertransformasi secara keseluruhan ke era digitalisasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Cloud. Seperti yang diberitakan oleh Suara.com, Direktur Jendral Aplikasi Informatika mengatakan bahwa visi Indonesia untuk meraih industry 4.0 akan tercapai secepatnya.

Aspirasi itu sangat memungkinkan, apalagi banyak industri yang mengadopsi digitalisasi untuk kebutuhan bisnis di masa pandemi. 

3 Fakta Perkembangan Cloud Storage di Indonesia

Cloud tidak dapat dipungkiri telah berkembang dengan pesat di Indonesia. Berikut adalah tiga fakta menarik tentang komputerisasi awan yang semakin marak digunakan:

1. Cloud Storage Dapat Meniadakan Sistem Penyimpanan Manual

Sistem penyimpanan data tradisional mempunyai beberapa kekurangan, termasuk kebutuhan area penyimpanan yang luas apalagi jika suatu perusahaan sudah berjalan lama. 

Cloud telah sukses dengan tipe cloud yang private dan public. Tipe yang private sendiri menawarkan sistem keamanan yang lebih eksklusif dan aman. 

Walaupun tergantung bagaimana penerima layanan ini mengatur data yang disimpan, private cloud berfokus bagi siapa saja yang ingin keamanan tinggi dan yang bersifat pribadi. Umumnya layanan ini digunakan untuk menyimpan sesuatu yang penting. 

Berbanding terbalik dengan private cloud, public cloud adalah layanan sistem yang dapat menyimpan data melalui internet dan memungkinkan untuk membagikan data kepada pihak ketiga. Layanan ini umumnya digunakan untuk kebutuhan organisasi dan kerjasama. 

Kedua layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, munculah layanan dengan tipe baru, yaitu hybrid cloud. Layanan ini secara garis besar adalah gabungan dari private dan public

Public cloud cenderung bersifat bersama menawarkan biaya layanan yang murah dibandingkan private cloud yang berperan untuk mengamankan data. Di lain sisi, private cloud lebih bersifat eksklusif karena harus teguh pada peran awal. Namun, hybrid cloud menghapus segala kekurangan kedua tipe tersebut.

Hybrid cloud menawarkan keamanan yang tinggi, tetapi tetap flexibel untuk digunakan. Selain itu, layanan terbaru ini memberikan kesempatan bagi pemakai untuk mengelola dan mengendalikan biaya, sehingga pengeluaran dapat dihemat. 

2. Berkembangnya SDM Digital Seiring dengan Perkembangan Cloud Storage

Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang mempunyai potensi tinggi dalam pengembangan Cloud. Hampir seluruh sektor bisnis di negara ini telah bergantung pada digitalisasi, apalagi di masa-masa pandemi.

Banyak bisnis dari yang berskala kecil hingga besar sudah mengimplementasikan aktivitas secara digital demi kemajuan bisnis. Dengan adanya situasi ini, kebutuhan untuk sumber daya manusia yang berpengalaman atau berkompetensi di bidang digital semakin meningkat. 

Dari sumber Suara.com, Direktur Jendral Aplikasi Informatika dari Kementrian Teknologi dan Informatika menyuarakan harapan akan peningkatan orang-orang yang memiliki kompetensi digital.

Hal ini bukan hanya dapat mendorong digitalisasi di Indonesia, tapi juga dapat meningkatkan daya saing sumber daya manusia di Indonesia dengan yang dari luar Indonesia. 

3. Prediksi Keamanan yang Dipertanyakan. Benarkah?

Oracle adalah salah satu pemberi layanan resmi cloud. Baru-baru ini, lembaga penyedia wadah untuk infrastruktur cloud ini memprediksikan bahwa ada ribuan data penting yang disimpan dan terancam keamanannya. 

Perwakilan Oracle Indonesia memberikan tips untuk menjadi sukses, yaitu untuk mempertimbangkan segalanya dengan rencana yang matang, termasuk sudah memiliki platform yang tepat. 

Mari berlangganan cloud storage yang terpercaya di Cloud Storage Indonesia, demi keamanan dan rencana yang tepat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *