Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage, Sudah Tahu?

Tidak banyak orang mengetahui bagaimanakah perbedaan cloud computing dan cloud storage tersebut. Walaupun keduanya memang sama-sama digunakan sebagai ruang penyimpanan, tetapi hampir sebagian besar dari orang ternyata belum memahami dengan baik apa sajakah perbedaannya tersebut. 

Seperti sudah Anda ketahui, sejak hadirnya internet, media menyimpanan memang menawarkan beberapa alternative yang bisa digunakan seperti penyimpanan storage dan komputer. Keduanya ini sendiri memang mempunyai keterkaitan erat. 

Selain itu juga sama-sama saling mengandalkan keberadaan jaringan internet tersebut. Sama-ama digunakan sebagai media penyimpanan online, Keduanya memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Namun, tidak banyak orang tahu apa sajakah perbedaan antara cloud computing dan cloud storage tersebut. Padahal memahami hal tersebut merupakan hal penting karena akan membantu dalam menentukan keputusan nantinya. 

Pengertian Cloud Storage dan Cloud Computing 

Sebelum, Anda mengetahui bagaimanakah perbedaan cloud computing dan cloud storage maka penting agar memahami pengertiannya terlebih dahulu. Sebab nantinya dengan memahami pengertiannya, Anda bisa mengerti apa sajakah perbedaan masing-masing tersebut. 

Untuk tipe storage adalah media penyimpanan online dimana jauh lebih canggih dan modern. Selain itu, untuk penggunaannya juga akan sangat tergantung dengan kehadiran jaringan internet. 

Dibandingkan dengan jenis penyimpanan konvensional seperti flashdisk ataupun harddisk, jenis inipun ternyata jauh lebih menguntungkan. Banyak orang akhirnya berlomba-lomba mencari cloud storage terbaik karena berbagai macam alasan. 

Termasuk karena aman dari berbagai macam jenis serangan virus ataupun kerusakan yang biasanya Anda temukan pada perangkat flashdisk ataupun memori eksternal lainnya. Tetapi memang kendalanya terletak pada jumlah kapasitasnya tersebut. 

Sedangkan untuk tipe computing sendiri adalah proses pengolahan daya komputasi dengan menggunakan beberapa perangkat seperti RAM, CPU, OS, network speed, storage internet ataupun bahkan penggunaan software tertentu. Ini juga termasuk perbedaan dari keduanya.

Transfer data yang ada didalamnya sendiri juga tidak akan dilakukan secara fisik dan prosesnya terletak pada lokasi dari pengguna dari layanan tersebut. Sedangkan focus dari kegiatan ini adalah pengolahan sekaligus pemrosesan data didalam server supaya nantinya dapat ditampilkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. 

Dari pengertiannya saja, Anda sudah mengetahui adanya perbedaan antara keduanya bukan? Untuk memahaminya lebih jauh, maka Anda perlu menyimak penjelasan dari kami berikutnya. 

Apa Saja Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage? 

Jika sebelumnya adalah perbedaan dari kedua Cloud dari pengertiannya, maka penjelasan berikutnya adalah perbedaannya dimana jauh lebih spesifik. Agar semakin paham, maka Anda dapat segera membaca rangkuman berikut ini. 

  • Kapasitas yang Dibutuhkan

Perbedaan  pertama adalah terletak dari kapasitas yang dibutuhkan dimana jenis storage ternyata membutuhkan ruang penyimpanan jauh lebih besar dibandingkan dengan computing. Sebab penyimpanan computing biasanya hanya membutuhkan memori ataupun CPU guna melakukan proses didalamnya. 

  • Penggunaannya 

Selain dilihat dari jumlah kapasitas yang dibutuhkan, perbedaan lainnya adalah terletak pada penggunaannya. Yakni pada cloud computing biasanya digunakan buat kebutuhan untuk tingkat lanjut baik aplikasi ataupun sebuah bisnis. Sedangkan, satunya biasanya hanya digunakan buat keperluan pribadi, pekerjaan ataupun kelompok saja. 

  • Pengelolaannya 

Bukan hanya penggunaannya saja, perbedaan lain adalah dalam pengelolaannya. Storage jauh lebih sederhana tetapi untuk tipe satunya wajib mendapatkan komponen atau atribut tambahan lainnya didalam proses pengelolaannya. Jangan lupa gunakan Cloud Storage terbaik dari cloudstorage.co.id.

Kedua penyimpanan diatas memang sama-sama digunakan untuk menyimpan data ataupun file penting tetapi apabila Anda membutuhkan penyimpanan dengan teknologi lebih kompleks bisa berlangganan di Cloud Storage. Sudah paham bukan bagaimanakah perbedaan cloud computing dan cloud storage diatas?

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: