Penyimpanan Komputer : Penyimpanan Internal dan Penyimpan Eksternal

penyimpanan komputer internal dan eksternal

Apakah kamu melihat jumlah jam di PC kalian? Perhatikan baik-baik saat kalian menggunakan komputer. Jika kamu sudah ingat angka jam di komputer kalian. Kemudian coba untuk mematikan komputer kalian dan lepaskan semua kabel dari komputer. Dalam hal ini, restart komputer kalian setelah sekitar 30 menit atau 1 jam. Saat kalian memasuki halaman utama dan memeriksa nomor jam komputer kalian, kalian akan takjub melihat bagaimana jam berubah tepat setelah satu jam. Kenapa seperti itu? Apakah kalian mematikan komputer dan mematikannya aliran listrik? 

Jika kalian penasaran, ini adalah salah satu hal hebat tentang memori komputer.kalian mungkin selalu berpikir bahwa memori komputer kalian hanyalah RAM dan hard drive. Faktanya, PC memiliki jenis memori lain selain RAM dan hard drive. Ingin tahu lagi? Laporan pengujian adalah sebagai berikut: Pada dasarnya, memory PC dan laptop dibagi menjadi dua bagian. Penyimpanan pertama adalah penyimpanan internal dan penyimpan bagian kedua adalah penyimpanan eksternal. Berikut penjelasan untuk mengetahui apa saja yang ada di memori internal. 

Dunia teknologi telah berkembang pesat. Sampai saat ini, hanya ada sedikit penyimpanan adalah hanya dapat menampung satu video. Tapi sekarang  mudah untuk menemukan perangkat berkapasitas tinggi. Hampir semua perangkat teknis saat ini memiliki penyimpanan internal atau eksternal. Namun tahukah perbedaan definisi penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal? Perbedaan antara keduanya agak membingungkan, dan beberapa orang awam mungkin menyebut memori internal dan eksternal sebagai hal yang sama. Untuk itu, kali ini kita akan melihat lebih dekat laci-laci tua agar bisa memahaminya.

Baca Juga : Sejarah Komputer : Dari Generasi 1 Sampai Generasi 5

Pengertian Penyimpanan Internal pada PC dan Laptop

Penyimpanan internal adalah memori yang disimpan langsung oleh prosesor. Fungsi penyimpanan internal adalah untuk “mengingat” data atau program yang digunakan saat PC atau laptop sedang berjalan. Oleh karena itu, jam disimpan dalam memori komputer meskipun komputer dimatikan.Jenis penyimpanan ini biasanya ada di perangkat dan tidak terlihat. Fitur penyimpanan internal ini termasuk menyimpan sistem operasi ke perangkat sebagai pinjaman memori saat  aplikasi atau perangkat lunak berjalan. Semua perangkat laptop, komputer, atau smartphone memerlukan ini untuk menjalankan sistem.

Fungsi Penyimpanan Internal Terhadap PC dan Laptop

  1. Data disimpan yang asal menurut perantimasukan hingga program dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) buat diproses.
  2. Daya output pemrosesan diproses ALU sebelum dikirimkan ke penyimpanan keluaran lalu membuat   program/instruksi yg asal menurut masukan atau menurut peranti pengingat sekunder

Jenis Jenis Penyimpanan Internal

Jenis jenis penyimpanan internal ini sangat berbagai macam jenisnya. jenis jenis penyimpanan data Memori yang bisa langsung diakses oleh prosesor. Dalam hal ini, apa yang disimpan di primary memory berbentuk data atau program.

1. ROM (Read Only Memory) 

ROM adalah perangkat keras pada komputer berbentuk chip memori semikonduktor  isinya  dapat dibaca. Jenis data penyimpanan ini hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulis berulang kali. Memori jenis ini bersifat non-volatile, sehingga data yang disimpan tidak hilang saat listrik dimatikan..

2. RAM 

Memori RAM dikenal  memori paling populer di dunia komputasi. Fungsi dari RAM adalah untuk menyimpan software yang sedang berjalan di komputer kalian. RAM adalah “wadah” untuk semua aktivitas yang berlangsung di komputer kalian. 

Perbedaan antara RAM dan ROM 

Perbedaan ram dan rom adalah Baik RAM maupun ROM terpasang di ponsel dan tidak dapat dihapus, sehingga tergolong penyimpanan internal. Perbedaan antara RAM dan ROM adalah cara kerjanya. 

RAM (Random Access Memory) bertindak sebagai penyimpanan sementara saat menjalankan aplikasi. Oleh karena itu, semakin banyak memori kosong atau tidak terpakai yang kalian miliki, semakin cepat aplikasi akan berjalan. RAM  bersifat sementara, sehingga akan mengosongkan memori yang digunakan oleh aplikasi saat berhenti berjalan. 

ROM (memori hanya-baca) bertindak seperti penyimpanan persisten. ROM ini biasanya digunakan untuk menginstal aplikasi, tetapi dapat dipakai untuk menyimpan file seperti foto, musik,  dan video.

3. DRAM 

 DRAM adalah jenis RAM yang sering di-refresh oleh CPU. Fungsi dari DRAM  untuk mencegah memori yang ada di dalam RAM agar tidak langsung hilang sehingga bisa digunakan terus menerus. DRAM merupakan singkatan dari dynamic RAM. 

4. CMOS 

CMOS adalah bagian dari ROM. Fungsi CMOS ini adalah untuk menyimpan pengaturan dasar komputer. merupakan pengaturan dasar yang digunakan oleh CMOS ini adalah tanggal dan waktu di komputer Anda. Pada dasarnya, CMOS adalah chip dengan memori hanya 64 byte.

 5. SDRAM 

 Kalian mungkin mengira ini merupakan versi mungil dari RAM. Faktanya, SDRAM adalah bagian lanjutan dari DRAM. Kelebihan SDRAM sendiri adalah lebih cepat dari DRAM. 

6. Cache 

Memori cache sering terdengar di area browser. Salah satu bagian dari memori tersebut berperan cukup besar sebagai bagian dari “filtering” saat menggunakan komputer. Data difilter terlebih dahulu di area cache sebelum mencapai memori utama. Oleh karena itu, kecepatan memori cache sangat cepat.

Baca Juga : Komponen dan Sistem Komputer : Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Penyimpanan Eksternal pada PC dan Laptop

Penyimpanan eksternal adalah penyimpanan yang berfungsi sebagai pendukung perangkat  atau komputer tambahan. Selain itu, Storage eksternal ini berfungsi sebagai pendukung untuk membuka perangkat lunak, aplikasi, dan file di komputer kalian. Apa saja  jenis jenis penyimpanan eksternal yang ada di penyimpanan eksternal?

1. Flashdisk 

Flashdisk adalah media data eksternal yang dihubungkan ke port USB dan dapat menyimpan berbagai format seperti file Word, foto, video, dan  jenis file lainnya. Flashdisk adalah perangkat penyimpanan yang sangat terkenal dan populer saat ini karena banyaknya fitur flash. Selain itu, karena flashdisknya kecil, jadi sangat efisien karena bisa dibawa kemana-mana. Flash disk telah berkembang sangat lama, dengan beberapa ukuran penyimpanan  dari 512MB hingga saat ini, dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB hingga flash 1TB atau 1000 ditemukan sejauh ini. drive GB. Sekarang setelah Anda memiliki flash drive, Anda perlu tahu cara memindahkan file ke flash drive. Fungsi flashdisk sendiri sesuai dengan fungsi floppy disk. Dengan kata lain berfungsi sebagai pembawa data yang dapat dibawa kemana-mana. Kekurangannya ketika flashdisk tak terbaca data yang disimpan akan hilang untuk semuanya.

2. Harddisk

Harddisk adalah nama lain dari hard drive perangkat yang melakukan banyak hal yang sama seperti flash drive. Selain pengertian harddisk perbedaannya dilihat dari segi bentuk barang yang sangat besar dan memiliki kapasitas yang lebih besar. Ada dua jenis hard drive: harddisk internal dan harddisk eksternal. Hard drive internal pada umumnya dipasang di PC kamu sebagai ROM atau memori sistem. Hard drive eksternal bersifat eksternal ke komputer kalian dan dapat dibawa ke mana saja seperti flash drive, tetapi banyak yang mungkin memikirkan penyimpanan internal. Padahal, dari sisi definisi, hard drive adalah bagian dari kelas penyimpanan eksternal. Harddisk berfungsi sebagai alat untuk menyimpan aplikasi, software, dan file di komputer atau laptop Anda. Hard disk sudah ada dalam format eksternal yang berfungsi sebagai alat cadangan untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Harddisk tidak terbaca juga membuat file di komputer kamu akan hilang dan tidak bisa dikembalikan untuk itu jangan lupa untuk mencadangkan.

3. CD ( compact Disk )

CD adalah cakram optik yang dapat menampung hingga 700MB data. Ada beberapa jenis CD: CDROM, CDWORM, dan CDRW (rewrite). Berbeda dengan memori lainnya, CDROM dan CDWORM hanya mendukung satu proses tulis. Ini berarti bahwa data  harus dibakar ketika disimpan dan CD hanya mendukung satu  pembakaran. Karena penggunaannya yang sedikit lebih rumit, CD sebagai penyimpanan eksternal telah ditinggalkan oleh pengguna dan banyak pengguna telah beralih ke flash drive. Selain itu, CD hanya dapat dibuka di drive CD. CD dibalik kekurangan tersebut memiliki kelebihan yaitu terlindung dari virus. Berbeda dengan Flash yang mudah terkena virus yang menyebabkan file loss. 

4. DVD

DVD adalah pengembangan penyimpanan eksternal  dari CD. DVD jarak jauh  lebih besar dan  membaca lebih cepat daripada CD. Keunggulan lainnya adalah kemampuan untuk menghasilkan kualitas video dan audio yang lebih baik. Oleh karena itu, DVD banyak digunakan untuk menyimpan film. DVD ini hanya dapat dibuka dengan  DVD drive yang juga dapat digunakan untuk membuka CD. Seperti CD, DVD memiliki versi RW (rewrite). Artinya, Anda dapat menghapus file lama dan menggantinya dengan yang baru.

5. Memory Card

Memorycard adalah media penyimpanan yang banyak digunakan di ponsel dan kamera. Memori SD ini  sangat kecil, tetapi memiliki kapasitas yang sama dengan flash drive. Penyimpanan SD sering disebut oleh banyak orang sebagai penyimpanan eksternal. Ada tiga jenis memori  SD ini. 

 Kartu SD, panjang 3 mm, lebar 24 mm, tebal 2,1 mm, berat 2 g .  Mini SD, panjang 21,5 mm, lebar 20 mm, tebal 1,4 mm, berat 1 gram, biasanya memorycard fungsi digunakan pada perangkat kamera.  Micro SD memiliki panjang 11 mm, lebar 15 mm, tebal 1 mm, dan berat 0,5 gram, dan biasanya digunakan sebagai penyimpanan eksternal untuk ponsel.

6. Cloud Storage / Penyimpanan Awan

Penyimpanan awan adalah merupakan salah satu media storage file online atau digital, yang menggunakan koneksi jaringan internet untuk mengakses data yang tersimpan. 

 Penyimpanan awan merupakan solusi terbaru dalam dunia storage atau penyimpanan data, menawarkan banyak keunggulan dibandingkan  media penyimpanan seperti hard drive dan flash drive. Dalam proses ini, data yang tersimpan di  Penyimpanan awan komputer secara otomatis tersimpan di sejumlah server yang dikelola oleh penyedia hosting atau yang disebut service provider. Cloud storage adalah penyimpanan secara online sehingga data kamu akan aman jika kamu menggunakan penyimpanan awan paling aman. Contohnya adalah Cloud Storage Indihome memiliki kapasitas yang besar. Apa itu cloud storage indihome? Kamu bisa cek langsung ke website https://myih.telkom.co.id/shop/more/cloud-storage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *