Pengertian, Manfaat dan Jenis Cloud Storage

Pengertian, Manfaat dan Jenis Cloud Storage

Cloud storage sudah bukan hal yang asing lagi di zaman sekarang. Banyak orang yang dulu merupakan penggunaan hardisk atau flashdisk kini sudah beralih menjadi pengguna cloud storage. Alasan banyak orang kini banyak menggunakan media penyimpanan cloud storage adalah karena dianggap lebih simpel, mudah, menarik, dan juga lebih aman. Sering kali kita menggunakan  cloud storage, namun apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya itu cloud storage, manfaatnya dan juga jenis cloud storage ini? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai cloud storage ini.

Apa itu Cloud Storage

Cloud storage merupakan media penyimpanan file yang dapat diakses melalui internet atau secara online yang dapat Anda akses kapanpun dan dimanapun selama masih memiliki koneksi dengan internet.

Cloud storage merupakan terobosan dalam dunia penyimpanan file yang mengalahkan media penyimpanan sebelumnya yang bersifat offline yaitu hardisk atau flashdisk.

Cara kerja cloud storage adalah file Anda akan tersimpan secara otomatis pada sejumlah server yang dikelola oleh penyedia layanan atau yang lebih dikenal dengan nama hosting.

Banyak orang kini lebih memilih menggunakan cloud storage karena beberapa alasan, dan berikut ini adalah beberapa alasan tersebut

  1. Tidak perlu khawatir file yang tersimpan akan terkena virus dan hilang. Karena file tersimpan secara online.
  2. Keamanan lebih terjamin karena file yang tersimpan tidak bisa diakses oleh sembarang orang atau dicuri, karena membutuhkan akses untuk mendapatkan file yang tersimpan secara online.
  3. Saat ini sudah sangat mudah untuk mengakses cloud storage melalui berbagai perangkat seperti handphone, komputer atau laptop. Sehingga bisa diakses kapanpun, dimanapun dan bisa digunakan secara gratis.

Manfaat Cloud Storage

Setelah mengetahui tentang apa itu cloud storage berikut ini adalah beberapa manfaat dari cloud storage.

1. Sebagai Media Berbagi File

Cloud storage dapat Anda gunakan sebagai sarana berbagi file dengan orang lain dengan mudah. Fitur ini memberikan Anda efisiensi waktu karena Anda bisa langsung membagikan file tersebut dengan orang lain secara online.

2. File Lebih Aman

File yang tersimpan di dalam cloud storage akan lebih aman karena untuk mengakses file membutuhkan akses yang hanya Anda miliki. Orang lain juga membutuhkan izin dari Anda sebagai pemilik file untuk mengakses file milik Anda.

3. File Tidak Akan Hilang

File yang tersimpan di dalam cloud storage tidak akan hilang seperti saat Anda menggunakan hardisk atau flashdisk. Hal ini karena semua file Anda tersimpan di server yang tidak akan pernah hilang dan terkena virus.

4. Dapat Berkolaborasi Edit File Bersama

Salah satu manfaat cloud storage adalah Anda dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk merubah file bersama-sama. Hal ini akan membuat Anda lebih efisien dalam hal mengerjakan atau merubah file tersebut.

5. Hemat Biaya

Ada banyak cloud storage yang bisa Anda akses secara gratis tanpa menggunakan biaya. Hal ini membuat Anda lebih hemat biaya, dan juga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan media penyimpanan file seperti hardisk atau flashdisk.

Jenis Cloud Storage

Sebagai pengguna cloud storage apakah Anda sudah mengetahui jenis cloud storage yang sering Anda gunakan? Berikut ini adalah beberapa jenis cloud storage yang perlu Anda ketahui.

1. Personal Cloud Storage

Jenis cloud storage yang pertama ini adalah cloud storage yang biasa digunakan untuk kebutuhan personal seseorang dan hanya dapat diakses oleh penggunanya. Contoh dari cloud storage ini adalah penggunaan iCloud pada perangkat produk Apple.

2. Private Cloud Storage

Private cloud storage adalah jenis penyimpanan yang biasa digunakan oleh suatu perusahaan dan terintegrasi dengan file perusahaan. Untuk pengguna file tersebut juga terbatas pada orang-orang di dalam perusahaan tersebut.

3. Public Cloud Storage

Jenis cloud storage berikutnya adalah public cloud storage. Jenis ini adalah jenis cloud storage yang paling banyak digunakan oleh orang-orang dan dapat diakses oleh siapapun tanpa memerlukan izin untuk mengaksesnya.

4. Hybrid Cloud Storage

Hybrid cloud storage adalah gabungan dari private dan public cloud storage yang biasa digunakan oleh suatu perusahaan. Dimana untuk file-file rahasia dapat menggunakan private cloud storage dan untuk file yang lainnya dapat menggunakan public cloud storage.

Itulah beberapa informasi mengenai cloud storage mulai dari pengertian, manfaat dan jenis cloud storage yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang cloud storage yang kini sudah banyak digunakan. Jika ingin menggunakannya, maka pilihkan produk Cloud Storage Indonesia terbaik Cloud Storage for IndiHome, dijamin datamu akan lebih aman. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: