Pengertian dan Contoh Cloud Computing Pastikan Kamu Mengetahuinya

Sebenarnya ada banyak contoh cloud computing dimana perlu kamu ketahui sebelum memutuskan buat menggunakannya. Nah, istilah satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar orang bukan? bahkan selama beberapa tahun terakhir ternyata juga semakin familiar. 

Teknologi inipun ternyata juga dikenal dengan sebutan Penyimpanan awan dan menjadi salah satu solusi bagi banyak perusahaan IT dimana tengah mengalami berbagai macam kendala. Bahkan dapat dilihat bahwa penggunaannya terus menjamur belakangan terutama bagi kalangan para pemilik bisnis. 

Bukan hanya itu saja, hadirnya teknologi inipun dapat mengurangi adanya biaya pengeluaran didalam bisnis sekaligus mampu memberikan banyak manfaat lainnya. Kendati demikian tidak sedikit dari para pebisnis belum begitu paham mengenai contoh cloud computing tersebut dengan baik. 

Pengertian dan Contoh Cloud Computing Sudah Tahu?

Sebelum kamu mengetahui bagaimanakah contoh cloud computing tersebut, apakah sudah mengetahui apa pengertiannya? Jika disederhanakan ini adalah komputasi awan dimana dapat diakses secara virtual. Sebab dalam proses aksesnya ternyata dilakukan remote via awan. 

Siapapun orang dimana menggunakan teknologi inipun ternyata dapat menggunakannya buat menyimpan file hingga aplikasi dari server dengan lokasi cukup jauh. Kendati demikian tetap bisa menggunakan dan mengaksesnya dari mana saja. 

Agar kamu semakin paham mengenai teknologi ini, berikut beberapa contoh yang perlu diketahui 

1. Google Drive

Pertama adalah keberadaan google drive dimana merupakan contoh paling popular dan sering digunakan oleh banyak orang. Adapun penggunaannya ternyata tidak perlu install aplikasi driver terlebih dahulu. Sebab hanya dengan menggunakan akun Google Mail saja, kamu bisa dengan bebas melakukan akses ke dalamnya. 

2. Dropbox 

Adapun contoh cloud computing berikutnya adalah dropbox dimana mempunyai fungsi sama seperti dengan Gdrive. Hanya saja, Dropbox lebih banyak diakses oleh para mahasiswa. Adapun kelebihan yang ditawarkan didalamnya adalah mampu menyimpan sekaligus membagikan file dengan sangat mudah. 

3. Sosial Media 

Penggunaan sosial media memang sudah bukan menjadi ha lasing lagi buat sebagian besar orang. Nah, bukan hanya digunakan sebagai tempat buat membagikan informasi tetapi juga sering digunakan sebagai cloud computing. Beberapa aplikasi media sosial tersebut seperti Youtube, Linkedin, dan masih banyak lagi. 

4. Bidang Pemerintahan 

Contoh lainnya adalah cloud di bidang pemerintahan dimana juga sudah menerapkan adanya teknologi tersebut. Didalam bidang pemerintahan merupakan layanan jasa alih daya pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi oleh BPPT. 

Manfaat Penggunaan Cloud Computing Yang Perlu Diketahui 

Nah sudah paham bukan apa saja contoh cloud computing diatas? kehadiran dari teknologi inilah ternyata juga mempunyai sejumlah manfaat bagi para pengguna. Adapun beberapa manfaat dengan adanya penggunaan teknologi di bidang IT tersebut antara lain. 

1. Penggunaan Cloud Sangat Fleksibel 

Manfaat pertama adalah adanya penggunaan cloud ini sendiri sangat fleksibel sebab penggunaannya tidak membutuhkan rencana cukup matang dan jumlah penyimpanan dapat menyesuikan kebutuhan dari klien. Nah, sebaiknya pilihlah perusahaan cloud computing terbaik sehingga mampu memberikan segudang manfaat. 

2. Mampu Menghemat Biaya 

Bagi para users ternyata juga tidak perlu pusing dalam memikirkan masalah biaya penggunaan teknologi ini. Sebab apabila tidak digunakan, maka pihak mereka tidak akan pernah menagih biaya bulanan. Tentu saja, ini bisa membuatmu jauh lebih hemat pengeluaran dalam bisnis. 

Dari waktu ke waktu kehadiran teknologi baru memang semakin bermunculan terutama teknologi dimana mampu memberikan kemudahan dalam menyimpanan dan transfer data lebih cepat. Apabila kamu ingin mendapatkan Cloud Storage Terbaik dimana sesuai kebutuhan maka kunjungi segera Cloud Storage For IndiHome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *