Pengertian Cloud Music dan Dampak Positifnya Bagi Kreator

Istilah yang bisa Anda temukan di dunia maya saat ini, cloud music menjadi salah satu diantaranya. Sebenarnya cara kerja penyimpanan awan satu ini sama persis dengan jenis penyimpanan awan untuk file lainnya. Hanya saja terletak perbedaan pada jenis file yang ada di dalamnya. 

Cloud sendiri merupakan sebuah metode penyimpanan berbasis internet yang dikelola oleh perusahaan tertentu. Dengan menggunakan penyimpanan awan, ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan.` Terlebih lagi untuk para kreator musik yang sering menciptakan karya.

Pengertian Cloud Music yang Populer Saat Ini

Cloud berasal dari bahasa Inggris yang artinya awan. Ini merupakan sebuah layanan penyimpanan file berbasis internet yang bisa Anda miliki. Sebenarnya ada banyak sekali jenis layanan Cloud yang bisa Anda miliki. Bahkan beberapa diantaranya tersedia secara gratis. 

Contoh penyimpanan awan yang tidak berbayar adalah Google Drive, iCloud dan lain sebagainya. Google Drive diperuntukkan bagi para pengguna akun Google. Sedangkan iCloud diberikan kepada mereka yang menggunakan perangkat iOS.

Namun kapasitas penyimpanan gratisan tersebut sangat dibatasi. Terlebih lagi proses pengarahan file juga tidak bisa dilakukan secara masif. Bagi Anda yang tidak ingin terkendala dengan hal-hal tersebut memilih Cloud yang berbayar adalah solusi terbaik. 

Ada banyak sekali jenis Cloud yang bisa Anda pilih saat ini. Salah satu diantaranya adalah Cloud Music. Sederhananya jenis cloud satu Ini adalah sebuah penyimpanan awan yang dikhususkan untuk jenis file musik saja. Jadi Anda tidak akan menemukan file dengan ekstensi lain di dalamnya.

Saat ini ada banyak sekali layanan cloud untuk musik yang bisa Anda akses di dunia maya. Tentu saja tersedia jutaan sound dan karya musik keren yang bisa Anda temukan di dalamnya. Jika Anda adalah seorang kreator memiliki penyimpanan awan untuk musik adalah sebuah kewajiban. 

Manfaat Cloud Music Untuk Para Kreator

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya ada banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh seorang kreator ketika mereka mengunggah karyanya ke cloud music. Penting sekali bagi Anda untuk memahami deretan alasan tersebut agar tidak ragu lagi ketika hendak menggunakannya. 

1. Menjaga keamanan file Anda

Dampak positif pertama yang akan Creator dapatkan dari keberadaan Cloud music adalah keamanan file yang terjaga. Sebuah karya musik adalah aset yang sangat berharga. Penting bagi Anda untuk menjaga keamanan data tersebut agar tidak diambil oleh orang lain.`

2. Menghindarkan file musik dari kerusakan atau hilang

Keuntungan lain yang akan mendapatkan dari keberadaan cloud music ini adalah menghindarkan file tersebut dari kerusakan atau hilang. Semuanya pasti tahu kalau perangkat eksternal apapun memiliki jangka waktu penggunaannya masing-masing. 

Jika Anda menyimpan file musik pada perangkat seperti ini, tentu saja ada resiko kerusakan yang akan muncul. Di sisi lain, ada juga resiko perangkat tersebut hilang karena berbagai alasan. Katanya penggunaan penyimpanan awan menjadi rekomendasi terbaik untuk dipilih. 

3. Memudahkan Anda untuk memasarkan karya musik yang dimiliki

Selain beberapa alasan diatas, pengunggahan karya musik ke dalam cloud music ini memudahkan Anda untuk memasarkan karya musik tersebut pada pihak yang diinginkan. Saat ini ada banyak sekali portal penyimpanan awan untuk musik yang open source dan bisa diakses oleh banyak orang. 

4. Menghemat penyimpanan file perangkat Anda

Keberadaan cloud music ini juga membuat penyimpanan pada perangkat Anda jauh lebih hemat. Barang retur pasti tahu kalau ukuran file musik original sering kali lebih besar dibandingkan file mentahan yang sudah dirender. 

Bagi Anda yang sudah memiliki kebutuhan akan penyimpanan awan untuk musik jangan ragu untuk segera menghubungi Cloud Storage For IndiHome, penyedia cloud storage terbaik yang ada saat ini. Kami jamin Anda akan mendapat penawaran harga cloud music terbaik di kelasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *