Mengenal Apa Itu Cloud Hosting dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting dan Cara Kerjanya

Mungkin Anda pernah mendengar tentang cloud hosting namun tidak mengetahui secara detail. Sebelum membahas lebih mendalam, tidak ada salahnya Anda mengenal terlebih dahulu dan memahami bagaimana cara kerjanya.

Dalam mengelola website bukan sekedar membuat kemudian mengisi dengan berbagai konten atau artikel. Namun dibutuhkan pengelolaan yang lebih agar website bisa maksimal dan memberikan banyak keuntungan.

Jika Anda sudah menggunakan shared hosting pasti memahami keterbatasan layanan ini terutama dari segi kapasitas. Server yang digunakan harus dibagi dengan website lainnya dan hal ini membuat web down.

Maka dibutuhkan kecepatan agar lalu lintas pada website semakin meningkat tanpa khawatir down. Salah satunya dengan menggunakan hosting yang memberikan banyak manfaat menguntungkan dalam mengelola web.

Sekilas Tentang Cloud Hosting yang Harus Dipahami

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin belajar bagaimana membuat website berkualitas maka harus memahami dulu tentang cloud hosting. Secara umum web hosting membantu Anda mengkombinasikan dari beberapa server.

Hal ini bertujuan agar beban atau load dengan jam kerja server menjadi lebih stabil dan seimbang. Jika keseimbangan tersebut didapatkan maka performa menjadi sangat baik meskipun sedang ramai dikunjungi.

Anda tidak perlu lagi membagi server dengan web milik orang lain yang dapat merugikan. Karena ketika web orang sedang ramai maka resiko website Anda down menjadi lebih besar lagi.

Namun dengan menggunakan teknologi ini Anda bisa memanfaatkan banyak server sekaligus. Jika ada satu server yang mengalami gangguan maka akan langsung dialihkan ke server lainnya tanpa menganggu performa.

Antara server yang digunakan akan saling backup sehingga Anda tidak perlu khawatir wesite menjadi bermasalah. Untungnya lagi banyaknya server tidak akan berpengaruh sama sekali pada load website.

Dapat dikatakan cloud hosting menjadi pilihan tepat jika Anda ingin mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan website. Ada banyak kemudahan yang akan Anda dapatkan dengan biaya seminimal mungkin.

Terutama dalam kemudahan scaling dan private resources adalah kunci utama yang perlu diperhatikan. Tidak heran jika banyak orang mengatakan kalau layanan ini seperti shared hosting serasa VPS.

Cara Kerja dan Manfaat Menggunakannya

Setelah memahami tentang sekilas pengertiannya maka tidak ada salahnya belajar tentang cara kerja layanan ini. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya penggunaan beberapa server dimanfaatkan dengan sangat baik. 

Ketika server utama mengalami gangguan maka server lainnya sigap langsung mengambil alih. Contoh sederhana ketika server utama sedang kelebihan beban maka langsung digantikan hanya dalam beberapa detik saja.

Dapat disimpulkan kalau layanan ini seperti gotong royong antar sever demi performa terbaik. Sehingga kualitas uptime dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan sesuai keinginan website pengelola maupun penggunjung. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti:

  1. Mampu menampung lebih banyak traffic.
  2. Meminimalkan risiko website down ketika banyak pengunjung.
  3. Membantu agar lalu lintas web berjalan normal.
  4. Web tetap aman dengan pembagian server yang disesuaikan kebutuhan.
  5. Meminimalkan kemungkinkan penipuan, pembobolan data, pencurian.
  6. Pengelolaan manajemen menjadi lebih mudah.
  7. Membuat website berkualitas dan lebih menyakinkan untuk bisnis.
  8. Proses update bisa dibantu dengan layanan CS 24 jam.

Untuk bisa merasakan manfaat dengan cara kerja maksimal maka sebaiknya gunakan layanan cloud storage terbaik. Cloud Storage for IndiHome memberikan layanan yang Anda butuhkan semaksimal mungkin.

Segera saja hubungi kami untuk mengkonsultasikan kebutuhan website Anda agar performanya bisa sesuai harapan. Dengan mengunjungi Cloud Storage for IndiHome  siap membantu Anda mendapatkan layanan cloud hosting terbaik dan profesional pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *