Memaksimalkan Kegunaan Cloud Storage

Memaksimalkan kegunaan cloud storage

Menyimpan data dalam kapasitas yang besar saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pengguna ponsel maupun laptop. Beberapa tahun yang lalu, ponsel dan laptop bersaing dalam menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi munculah cloud storage yang memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai jenis file diluar ponsel ataupun laptop yang kamu miliki. Cloud storage merupakan solusi untuk kalian yang memiliki kebutuhan menyimpan banyak data berupa file dokumen, foto maupun video. Seperti namanya, kegunaan utama dari cloud storage yaitu untuk menyimpan berbagai bentuk data namun cloud storage juga memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai hal yang tidak dapat kamu lakukan saat menyimpan file di laptop, komputer maupun handphone. 

Cara Memaksimalkan Kegunaan Cloud Storage

Terdapat berbagai fitur yang ditawarkan oleh para penyedia jasa cloud storage yang dapat kamu maksimalkan kegunaannya, berikut beberapa cara memaksimalkan kegunaan cloud storage yang dapat kamu lakukan.

1. Memilih Layanan yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat ini banyak jasa penyedia layanan cloud storage yang menawarkan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan kamu menunjang kebutuhan kamu. 

Tidak hanya kebutuhan untuk menyimpan data, namun juga menyimpan musik favorite kamu. Tentu ini menjadi penting untuk para pecinta musik. Kegunaan cloud storage ini akan memudahkan kamu untuk mengakses musik-musik yang ingin kamu dengarkan,

2. Aktifkan Auto-Sync

Sinkronisasi secara otomatis dapat membantu kamu untuk selalu meng-update data yang tersimpan pada cloud storage, sehingga kamu tidak perlu melakukan upload secara manual. Jika kamu merasa sering kali lupa melakukan back-up file, fitur ini akan sangat membantu.

3. Enkripsi File yang Kamu Anggap Rahasia

Menyimpan data kamu pada cloud storage memungkinkan pengguna cloud storage lainnya mengakses data tersebut. Jika kamu merasa data yang kamu simpan adalah data yang rahasia, kamu dapat melakukan enkripsi. 

Dengan melakukan enkripsi ini, data yang kamu simpan akan terkunci dan hanya orang-orang yang memiliki kuncinya yang dapat membuka file tersebut. Namun fitur ini hanya tersedia di beberapa jasa penyedia cloud storage.

4. Bekerja Secara Kolaborasi

Salah satu kegunaan cloud storage yaitu file sharing yang akan memudahkan kamu untuk mengirim dan menerima data hanya dengan sebuah koneksi internet. Kegunaan file storage yang satu ini juga memungkinkan kamu membuka data atau dokumen di berbagai device yang kamu atau teman kerja kamu miliki. 

Dengan adanya fitur ini, kamu juga bisa berkolaborasi dalam mengerjakan suatu data bersamaan dengan partner kerjamu tanpa perlu membuang waktu bertukar data. 

Bahkan jika file yang kamu gunakan adalah file google docs atau google sheet yang berbasis online, akan secara otomatis melakukan update secara real time sehingga akan lebih mempercepat pekerjaan.

2. Backup Daya Penting

Keunggulan utama dari cloud storage yaitu keamanan file dari resiko kehilangan. Jika kamu menyimpan file pada media konvensional seperti harddisk akan sangat beresiko akan kerusakan atau kehilangan harddisk tersebut, namun jika kamu rutin melakukan backup di cloud storage, file kamu akan tersimpan selamanya jika tidak kamu hapus.

Kegunaan cloud storage dapat kamu nikmati dengan membuat akun atau berlangganan pada jasa penyedia cloud storage. Kamu dapat menggunakan jasa penyedia cloud storage seperti cloud storage Indonesia yang menjamin keamanan data kamu dengan penerapan akses otentikasi biometrik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *