Jenis-jenis Server Serta Fungsinya, Kamu Sudah Tahu?

Apakah kamu sudah tahu bahwa jenis-jenis server sendiri ternyata dibedakan berdasarkan dengan fungsi sekaligus penggunaannya? Apabila belum tahu, maka kamu sedang berada di tempat tepat karena kami akan memberikan informasi penting tersebut sehingga bisa dengan mudah mengerti. 

Hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan IT sendiri ternyata menggunakan server karena itulah keberadaannya memang mempunyai peran sangat penting. Setiap jenisnya ternyata akan dijadikan satu mesin sehingga biasanya setiap satu komputer jaringan  mampu memberikan berbagai macam jenis layanan. 

Bukan hanya itu saja, kehadiran dari teknologi inipun mempunyai peran sebagai penyedia layanan akses lebih cepat guna mengirimkan ataupun  menerima data. Untuk wujud fisiknya sendiri biasanya berupa komputer dengan ukuran besar sekaligus beberapa hardware tambahan. Jika kamu belum memahami apa sajakah jenis-jenis server, maka kami mempunyai penjelasannya dibawah. 

Sekilas Pengertian Beserta Jenis-Jenis Server 

Server atau dikenal dengan peladen merupakan sebuah computer syter dengan fungsi memberikan layanan khusus untuk penyimpanan data. Tidak sampai disitu saja, sistem inilah ternyata juga berfungsi buat membatasi maupun mengontrol akses klien didalam sebuah jaringan. 

Tidak sampai disitu saja, sistem tersebut juga menyediakan beberapa resource yang nantinya bisa digunakan oleh komputer lain sehingga mampu menyediakan informasi kepada para user. Nah, adapun jenis-jenis server tersebut diantaranya adalah 

1. FTP 

Pertama adalah FTP atau kepanjangan dari file transfer protocol dimana berkat adanya sistem inilah semua permintaan bisa dilakukan serta memberikan akses data peladen  hanya dengan satu jaringan. 

Didalam prosesnya, sistem yang berkode ASCII ini berbahaya karena tidak melewati proses enkripsi didalam kegiatan transfernya. Namun jangan khawatir sebab kamu dapat menggunakan SFTP demi memberikan perlindungan lebih. 

2. Web Server 

Tipe inipun dimasukkan ke dalam jenis-jenis server dimana wajib diketahui. Nah layanan HTTP/ https itulah ternyata disediakan oleh jenis peladen diatas. Situs-situs seperti mesin pencari, website, blog pasti akan membutuhkan kehadiran dari peladen tersebut. 

Fungsi utama dari jaringan tersebut adalah berguna buat pengirim berkat yang akan diminta oleh user sebelumnya via browser dengan menggunakan protocol khusus. Berkat inilah, seorang pengguna dapat mengakses berbagai data termasuk gambar, teks, video dan masih banyak lagi. 

3. Database Server 

Tipe lainnya yakni database peladen yakni memberikan layanan bagi pengguna yang membutuhkan penyimpanan berupa database. Didalam sistem inilah biasanya akan terdapat basis data dengan jumlah ribuan dari para pengguna. Nah, kumpulan data itulah ternyata juga sudah terorganisir dengan sempurna. 

Tipe-Tipe Peladen Lain yang Perlu DIpahami

Selain jenis-jenis server diatas, sebenarnya masih ada beberapa jenis dalam sistem tersebut dimana wajib diketahui dibawah ini. 

1. Fax 

Sesuai dengan Namanya, kamu pastinya sudah sedikit paham bahwa keberadaan dari jaringan  ini digunakan buat layanan fax bagi seorang pengguna. Dengan teknologi inilah maka membuat semua sistem pengiriman dan penerimaan fax jauh lebih mudah. 

2. Cloud Server 

Tipe berikutnya adalah cloud dimana merupakan sistem virtual yang akan berjalan didalam lingkungan cloud computing. Ini adalah sebuah teknologi dimana biasa digunakan buat menyimpan hingga mengolah data dengan memanfaatkan sumber daya internet. Jika kamu ingin menggunakannya maka pilihkah cloud storage terbaik. 

Kehadiran sistem ini ternyata mempunyai sejumlah fungsi penting didalamnya seperti melayani permintaan komputer dari klien dengan tujuan akan diolah Bersama, menyimpan data maupun informasi agar dapat diakses di kemudian hari dengan mudah hingga mengamankan data dari serangan cyber. Cloud Storage For IndiHome menyediakan Cloud Storage Terbaik dimana dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: