Jaringan Komputer : Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Sekarang  ini, penggunaan Internet menguasai hampir setiap sudut dunia. Bahkan di Indonesia, jumlah pengguna aktif internet meningkat secara signifikan.Contoh fungsi dari internet itu sendiri untuk menghubungkan jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya. Artikel ini menjelaskan bagaimana itu jaringan, jenisnya dan manfaatnya. Setelahnya istilah ini kita dengar, namun tentunya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

 Sebelum membahas jenis dan jenis perangkat, terlebih dahulu kita perlu memahami pengertiannya. Jaringan komputer adalah terdiri dari dua atau lebih yang terhubung ke perangkat komputer atau terhubung satu sama lain dan sumber data digunakan untuk berbagai. Setiap titik akhir pada jaringan memiliki nama lain, yang biasanya disebut sebagai alamat IP atau alamat kontrol akses media.Titik akhir dapat terdiri dari server, komputer, telepon, dan perangkat keras jaringan lainnya. Jaringan komputer bisa dibuat dengan memakai kombinasi teknologi kabel dan nirkabel. Jaringan dapat bersifat pribadi atau publik. Saat menggunakan jaringan pribadi, akses pengguna biasanya mengharuskan Anda memasukkan kredensial dalam bentuk kata sandi. Kata sandi dapat dimasukkan manual oleh administrator atau diperoleh langsung dari pengguna. Jangan membatasi akses untuk menggunakan jaringan publik seperti Internet. 

Apa itu jaringan? Jaringan adalah dapat bersifat pribadi atau publik. Saat menggunakan jaringan pribadi, akses pengguna biasanya diperlukan oleh administrator untuk memasukkan atau memberikan kredensial secara manual dalam bentuk kata sandi yang  diperoleh langsung dari pengguna. Jangan membatasi akses untuk menggunakan jaringan publik seperti Internet.

Sejarah dari Jaringan Komputer

Cerita dimulai dengan munculnya ide dan konsep berbagi komputer. Proyek ini dipimpin oleh sekelompok peneliti di Universitas Harvard Nokia Bell Labs, yang dipimpin oleh Howard Aiken. Ketika superkomputer lahir pada tahun 1950,  sistem TSS (sistem pembagian waktu) juga ditemukan. Momen ini merupakan momen sejarah penting ketika jaringan komputer pertama kali diterapkan. Akhirnya, Transmission Control Protocol (TCP) ditemukan pada tahun 1982. Kemudian, pada tahun 1984, sistem nama domain “DNS” ditemukan. Dan momen paling bersejarah lahir pada tahun 1990, ketika Tim Berners-Lee meluncurkan program World Wide Web (WWW). Dan pada tahun-tahun berikutnya, jaringan komputer berkembang sangat pesat.

Jenis – Jenis dari Jaringan Komputer

Jenis jenis jaringan komputer ada 7 biasanya yang digunakan, yaitu :

1. PAN (Personal Area Network)

Jenis jenis jaringan ini terdiri dari area yang lebih kecil seperti kantor dan rumah. Biasanya ini hanya digunakan untuk keperluan internet dan printer. Selain itu, tidak memerlukan sumber daya yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

2. LAN (Local Area Network)

Jenis jenis jaringan LAN membantu menghubungkan perangkat jaringan dengan kondisi jangkauan yang relatif sempit. Contoh aplikasi jaringan LAN adalah sistem jaringan  sekolah, kantor, dan rumah. Banyak orang  cenderung menggunakan jenis koneksi tertentu, terutama dengan Token Ring dan Ethernet. Selain itu, LAN juga menawarkan teknologi jaringan nirkabel dengan WiFi yang dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN mirip dengan MAN, tetapi lebih terbatas di kampus dan wilayah akademik. Jaringan ini terutama digunakan untuk latihan lab, email, pembaruan kelas, dll.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah menghubungkan antara satu perangkat komputer jaringan yang menghubungkan antara dengan perangkat yang lain pada jaringan yang sama dalam ruang lingkup kota. Jenis jaringan ini besar dari dari jaringan LAN

5. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan LAN yang secara geografis tersebar. Jaringan WAN biasanya menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, dan Frame Relay untuk koneksi jarak jauh.

6. Internet

perangkat jaringan komputer Internet adalah jaringan komputer  yang pernah dibuat manusia dan terbesar. Jangkauan Internet mencakup hampir setiap sudut dunia. Siapa pun dapat mengakses sumber yang berbeda pada perangkat komputasi yang berbeda seperti PC, ponsel, laptop, tablet, dan TV.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan solusi untuk memberikan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk permintaan transfer data. Saat ini, ada banyak  platform yang menjual VPN secara gratis dan menawarkan akses premium.

Manfaat dari Jaringan Komputer

Berikut manfaat jaringan komputer adalah : 

  1. Saling berbagi informasi atau dokumen

  2. Data dapat dikelola dengan aman dan dapat dijaga

  3. Jaringan memudahkan dalam berkomunikasi antar negara atau daerah

  4. Informasi sangat cepat di dapat

  5. Aktivitas manusia dapat dibantu dalam sehari hari 

Baca Juga : Penyimpanan Komputer : Penyimpanan Internal dan Penyimpan Eksternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *