Ini Cara Mengecek Kecepatan Indihome Secara Akurat

Jika Anda baru pertama kali memasang Wi-Fi di rumah, maka cara mengecek kecepatan Indihome menjadi informasi sangat penting bukan? Seperti telah diketahui, IndiHome sendiri menjadi salah satu penyedia layanan internet yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Karena sejumlah kelebihan ditawarkan didalamnya. Bukan hanya speed internet terbaik saja, tetapi IndiHome inipun juga mempunyai beberapa pilihan paket dimana dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari penggunanya. 

Mulai dari harga 200-an ribu hingga 600 ribu per bulan sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masing-masing dari pengguna. Tetapi seringkali, pengguna justru dikeluhkan dengan adanya speed internet lemot. 

Bahkan tidak sesuai dengan deskripsi didalamnya tersebut. speed jangan khawatir berlebihan, karena Anda dapat mengetahui cara cek kecepatan Indihome sebelum melakukan complain. 

Cara Mengecek Kecepatan IndiHome dengan Mudah 

Keberadaan jaringan Wi-Fi memang semakin menjadi tren belakangan ini bahkan jumlah penggunanya meningkat semejak adanya pandemi Covid-19 dan mengharuskan menerapkan sekolah online ataupun WFH bagi karyawan. 

Salah satu perusahaan Wi-Fi terbaik yang banyak dipilih adalah Indihome ini. Apabila Anda merupakan pengguna dari Wi-Fi diatas, maka sangat perlu agar mengetahui cara mengecek kecepatan Indihome, terutama jika pengguna sering mendapi adanya kecepatan internet super lemot. 

  • Menggunakan SpeedTest.Net 

Sebenarnya ada banyak website yang bisa digunakan buat melakukan pengecekan tersebut tetapi paling banyak digunakan adalah speedtest.net. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena hasilnya benar-benar cukup akurat. 

Adapun melakukan pengecekan dengan cara mengecek kecepatan Indihome inipun sangat mudah, berikut panduan lengkapnya hanya untuk Anda. 

  1. Bukalah situs speedtest.net pada browser baik di PC ataupun smartphone 
  2. Jika sudah, Anda akan langsung dialihkan ke halaman baru dan akan muncul ikon Go pada main page. Tombol inilah nantinya dapat digunakan buat melakukan pengecekan kecepatan internet pada Wifi tersebut. 
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses connecting selesai dan Anda akan melihat adanya kecepatan jaringan internet dimana tengah digunakan. 
  • Google Fiber Speedtest 

Masih ada cara mengecek kecepatan Indihome berikutnya adalah melalui Google Fiber Speedtest. Sesuai dengan Namanya,layanan ini sendiri berasal dari raksasa perusahaan Google dimana juga cabang dari Layanan Fiber. 

Hasilnya ternyata juga cukup akurat sehingga banyak digunakan oleh orang. Anda akan disuguhkan dengan beberapa informasi penting seperti speed download, upload hingga ping yang cukup penting. 

Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan mengunjungi situs speedtest.googlefiber.net terlebih dahulu dan ikuti perintah yang terdapat didalamnya. 

Beberapa Penyebab Kecepatan Wifi Indihome Menjadi Lemot 

Memang cara mengecek kecepatan Indihome sendiri dapat dilakukan dengan mudah bahkan hanya dengan menggunakan perangkat HP saja. Namun, ada beberapa alasan juga mengapa kecepatan internet dari jaringan inipun tiba-tiba menjadi lemot diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Jika ternyata koneksi internet lemot bahkan tidak dapat muncul sama sekali maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kabel LAN sudah terputus. Padahal keberadaan kabel ini mempunyai peran sangat penting. 
  2. Tidak hanya itu saja, apabila pengguna sering meletakan router di lantai ternyata juga akan mengganggu speed dari internet. Itulah mengapa cobalah agar meletakkan di tempat lebih tinggi 
  3. Penyebab dari speed internet Wifi terganggu lainnya adalah karena meletakkan Router terlalu jauh. Padahal keberadaan router inipun mempunyai maksimal kapasitas jangkau dimana telah ditentukan terlebih dahulu. 

Jika Anda juga membutuhkan keberadaan cloud storage terbaik juga maka Cloud Storage for Indihome dari cloudstorage.co.id adalah pilihannya. Tetapi jangan lupa agar memahami cara mengecek kecepatan Indihome jika dirasa proses loading cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *