File Transfer Protocol Adalah dan Kelebihan Buat Usernya

File transfer protocol adalah salah satu teknologi dimana sedang menjadi perbincangan hangat selama beberapa tahun terakhir ini. Melalui koneksi TCP, akan membuatmu bisa dengan mudah melakukan transfer data antar server dalam waktu singkat. 

Istilah satu ini memang sudah tidak asing lagi apabila seseorang sering terlibat langsung dengan server ataupun dunia informasi sekaligus teknologi. Namun, bagi sebagian masyarakat awam ternyata masih asing dengan keberadaan istilah tersebut bukan. 

Padahal jika dilihat lebih jauh lagi, file transfer protocol adalah salah satu portokol transfer paling sering dimanfaatkan sebagai layanan pertukaran data. Adapun alasannya adalah karena lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan pengiriman melalui perangkat. Jika disederhanakan, maka kamu bisa melakukan transfer melalui jarak jauh. 

Pengertian File Transfer Protocol Adalah yang Perlu Diketahui 

Apabila kamu ingin memahami lebih lanjut mengenai file transfer protocol adalah, maka wajib memahami dahulu pengertiannya. Sering disingkat dengan sebutan FTP ini adalah protocol standar dimana dimanfaatkan dalam transfer data antar kompur dengan menggunakan bantuan internet. 

Dengan begitu maka user bisa melakukan pengiriman data ke komputer ataupun mengirimkannya ke dalam server. Apakah semua internet users bisa mengakses semua file dan data dari suatu website menggunakan server tersebut? tentu saja tidak karena kamu diwajibkan mempunyai izin terlebih dahulu. 

Adapun izin tersebut biasanya yakni memasukkan username sekaligus password sesuai dengan aturan. Dengan menggunakan teknologi inilah ternyata dapat menjadi solusi paling aman bagi sebuah pemilik bisnis terutama buat menjaga keamana data. 

File transfer protocol adalah teknologi dimana membuat proses pengiriman data ke komputer ataupun server tersebut menjadi aman. Kehadiran dari FTP inilah ternyata juga mempunyai beberapa fungsi didalamnya dimana wajib diketahui diantaranya sebagai berikut 

    1. Memberikan kemudahan dalam melakukan upload halaman website ke dalam website dari server atau dikenal dengan web hosting ke dalam internet 
    2. User bisa melakukan jelajah ataupun mengunduh file dari situs perangkat lunak tipe umum 
    3. Memberikan kemudahan dalam mengirimkan file dengan ukuran besar menjadi 2 bagian 
    4. Punya kemampuan distribi revisi akhir dari sebuah program yang dikerjakan oleh software developers.

Kelebihan FTP yang Wajib Kamu Ketahui 

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kehadiran dari file transfer protocol adalah memiliki peran penting dalam kegiatan transfer data. Soal kelebihan yang ditawarkan, FTP inipun ternyata mempunyai sejumlah kelebihan dimana wajib kamu pertimbangkan diantaranya adalah 

1. Menawarkan Keamanan Super Tinggi Bagi Klien

Kelebihan paling terlihat dari FTP adalah tingkat keamanannya sangat tinggi jika dibandingkan dengan pilihan lainnya. Hal tersebut tidak lepas dari data-data didalamnya dimana telah terenkripsi dengan baik sebagai pelapis keamanan. Agar mendapatkan layanan ini, pastikan pilih penyedia cloud storage terbaik. 

2. Kapasitas Data Yang Ditawarkan FTP Besar 

Alasan lain mengapa banyak pemilik bisnis menggunakan teknologi ini adalah kapasitas data yang ditawarkan memang cukup besar. Bahkan kehadirannya mampu menangani data dengan ukuran besar sekaligus. Bahkan file dengan ukuran bergigabyte dapat dikirimkan dengan mudah. 

3. Tersedianya Fitur Backup Alias Pemulihan 

Tidak sedikit dari orang menyepelakan keberadaan fitur backup atau pemulihan padahal perannya sangat penting. Yakni bisa mencegah hal-hal tidak diinginkan seperti kehilangan data akibat banjir, kebakaran ataupun bencana alam lainnya. Bahkan didalamnya juga sudah menyediakan adanya fitur scheduling. 

Melakukan transfer data dengan cepat dan aman tentu menjadi keinginan bagi banyak orang bukan termasuk kamu yang mempunyai bisnis. Sampai disini pasti sudah paham bahwa Cloud Storage Terbaik adalah sebuah teknologi dengan fungsi penting dan hubungi Cloud Storage For IndiHome sebagai informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *