Cloud Storage Adalah : Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Cloud Storage Adalah

Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi serta internet yang sangat pesat saat sangat mempermudah kehidupan manusia. Cloud storage adalah salah satu revolusi teknologi penyimpanan yang semakin canggih dan mudah. Media ini juga menjadi alternatif penyimpanan yang sangat populer saat ini.

Menggunakan cloud juga memberikan berbagai keuntungan dan manfaat bagi penggunanya. Namun, apa pengertian, jenis, serta manfaatnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini untuk melihat penjelasan lengkapnya!

Apa itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah media penyimpanan yang berbasis online atau digital. Karena itu, ketika kamu ingin mengakses penyimpanan yang satu ini serta data di dalamnya kamu harus terhubung dengan internet. Penyimpanan ini umumnya bisa digunakan secara gratis atau berbayar tergantung pada kebutuhan pengguna.

Umumnya penyimpanan ini tidak memiliki perangkat keras. Penyimpanan ini merupakan inovasi baru dengan lebih banyak kelebihan dibandingkan penyimpanan offline seperti harddisk dan flashdisk. Data-data yang tersimpan akan dimasukkan dalam suatu server dan penyedia layanan cloud akan mengelolanya.

Ketika menggunakan cloud, kamu tidak perlu takut data yang kamu simpan akan terkena virus atau rusak. Karena seluruh data yang tersimpan dalam servernya sudah terjamin keamanannya. Kamu tidak perlu takut data akan menghilang atau orang lain dapat mencuri data-data tersebut.

Jenis-Jenis Cloud Storage

Penyimpanan ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang bisa kamu pilih sebagai alat untuk menyimpan data. Berikut adalah penjelasan masing-masing dari jenisnya:

1. Public Cloud Storage

Dari semua jenisnya, dapat dikatakan bahwa public cloud storage adalah salah satu yang paling populer. Contoh dari jenis ini yang paling terkenal adalah Google Drive, dan Drop Box. Sifatnya yang publik membuat penyimpanan ini dapat diakses di mana saja selama terdapat jaringan internet.

Kelebihan jenis ini selain aksesnya yang mudah adalah tidak membutuhkan perawatan dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan terjangkau. Sayangnya, penyimpanan ini jauh lebih rentan keamanannya. 

2. Personal Cloud Storage

Selanjutnya adalah penyimpanan cloud jenis personal. Penggunaan penyimpanan ini dapat mengakses data yang tersimpan menggunakan sebuah perangkat, karena sistemnya terkoneksi dengan jaringan lokal. Biasanya PCS akan digunakan di dalam rumah untuk diakses oleh seluruh anggota keluarga dan terkoneksi ke device lain.

3. Private Cloud Storage

Penyimpanan ini mirip dengan jenis personal, yang memiliki sistem jaringan lokal yang tidak memungkinkan orang lain yang tidak memiliki akses jaringan dapat mengakses data. Penyimpanan ini lebih terintegrasi, misalnya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berada dalam suatu perusahaan tertentu. 

4. Hybrid Cloud Storage

Jenis penyimpanan yang terakhir adalah hybrid. Hybrid cloud storage adalah kombinasi dari jenis penyimpanan publik dan privat. Penggunanya dapat menggunakan penyimpanan ini secara data secara offline dan juga online

Umumnya penyimpanan ini akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti private cloud. Sistem ini akan menyimpan data yang tidak bisa dibuka sembarangan oleh publik. Tentunya penyimpanan ini membutuhkan dana yang besar.

Manfaat Cloud Storage

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya cloud storage adalah sebuah inovasi dengan segudang manfaat. Berikut adalah tiga manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

1. Menyimpan dan Berbagi Data

Sesuai dengan namanya, manfaat utama penyimpanan cloud adalah untuk menyimpan berbagai data. Selain praktis dan dapat diakses di mana saja, kamu juga tidak akan kesulitan jika ingin berbagi sebuah file. Berbekal jaringan internet kamu bisa melakukan sharing atau synchronize data dengan sangat mudah.

2. Hemat dan Ramah Lingkungan

Cloud storage adalah penyimpanan yang hemat dan ramah lingkungan. Penyimpanan cloud tidak membutuhkan perangkat keras tambahan seperti flashdisk yang bisa rusak dan terbuang. Kamu tidak perlu selalu membeli ketika perangkat rusak, sehingga selain dapat mengurangi anggaran kamu juga tidak menghasilkan limbah.

3. Kontrol Data

Kamu tidak akan kesulitan untuk mengatur setiap data. Karena meskipun kamu mungkin lupa tentang judul atau mana file yang benar, semua data yang kamu simpan tidak akan pernah hilang. 

Penyedia Cloud Storage Terbaik di Indonesia

Setelah kamu mengetahui berbagai manfaat dari penyimpanan, kamu mungkin sedang bertanya-tanya di mana kamu bisa menemukan tempat yang menyediakannya. Maka salah satu penyedia cloud storage terbaik dan terpercaya yang bisa kamu pilih adalah cloudstorage.co.id

1. Terintegrasi Indihome

Cloud Storage for Indihome adalah layanan penyimpanan digital praktis dan aman yang disediakan khusus untuk pelanggan Indihome. Untuk mendapatkan penawaran ini, kamu bisa mengaksesnya melalui alamat situs cloudstorage.co.id atau melalui aplikasi Cloud Storage yang bisa kamu unduh di Playstore dan Appstore. 

Jika kamu pengguna Indihome, kamu cukup menggunakan akun MyIndihome kamu untuk masuk ke dalam layanan Cloud Storage. Pastikan jika akun MyIndohome kamu sudah terverifikasi terlebih dahulu sebelum mengakses layanan Cloud Storage. 

2. Backup Kontak Otomatis

Cloud Storage memiliki fitur penyimpanan berbagai macam jenis data. Kamu bisa menyimpan berbagai data atau file seperti foto, video, dan juga dokumen lainnya di dalam satu tempat yang terintegrasi.

3. Berbagi Akun dengan Keluarga

Fitur lain dari Cloud Storage adalah kamu dapat berbagi bermacam-macam data seperti foto video, dan dokumen lainnya dengan anggota keluarga kamu. Kamu bisa berbagi data dengan mudah dan aman menggunakan layanan Cloud Storage.

4. Server Cloud Storage di Indonesia

Keamanan dan kenyamanan data yang kamu simpan dalam Cloud Storage juga lebih terjamin. Hal ini karena server Cloud Storage berada di dalam negeri.

5. Akses Dengan Biometrik

Selain karena server Cloud Storage yang berada di dalam negeri, keamanan layanan Cloud Storage juga terjamin dengan adanya akses masuk layanan yang menerapkan standar otentikasi biometrik.

Sebagai penyedia cloud terbaik, kami memberikan banyak keuntungan dan pelayanan terbaik untuk setiap pengguna.

Jika kamu ingin berbagi folder atau berkas dengan semua anggota keluarga, maka kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah. Penyimpanan data-data juga ada di Indonesia sehingga memiliki kenyamanan dan keamanan yang lebih terjamin. Akses pengguna juga telah menerapkan standar otentikasi biometrik.  

Jika saat ini kamu sedang membutuhkan layanan penyedia cloud, kamu tidak perlu bingung. Segera berlangganan di Cloud Storage for Indihome. Caranya adalah dengan mendaftar secara langsung melalui website di cloudstorage.co.id.

Kamu Tertarik Menggunakan Cloud Storage?

Nah, itu adalah ulasan lengkap tentang pengertian, jenis, manfaat penyimpanan cloud. Kesimpulannya, cloud storage adalah sebuah inovasi yang menjadi solusi untuk memaksimalkan tempat penyimpanan data. 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan cloud storage yang memiliki berbagai macam kelebihan, jangan lupa untuk kunjungi cloudstorage.co.id. Tidak perlu ragu dan nikmati pelayanan yang mudah serta praktis, sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *