Apa Itu VPS? Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa itu VPS? Sebenarnya, VPS merupakan sebuah server virtual yang digunakan untuk menyimpan data serta file di website. Umumnya, VPS ini digunakan untuk website yang memerlukan sumber daya berukuran besar. 

Hal ini disebabkan karena penggunaannya tidak membutuhkan berbagai sumber daya dengan web yang lainnya. VPS menggunakan teknologi virtualisasi setra membagi server fisik dalam beberapa sumber daya berbeda-beda. 

Dengan adanya sumber daya pribadi, sudah pasti performa dari website tidak akan terpengaruh oleh pengguna yang lain. Bila diibaratkan, server VPS ini merupakan gedung apartemen, di dalam sebuah gedung terdapat unit apartemen serta memiliki fasilitasnya sendiri-sendiri. 

Apa Itu VPS dan Fungsinya?

Dengan menggunakan VPS, Anda bisa menjadi lebih leluasa untuk menentukan jenis panel control yang nantinya dipergunakan. Selain itu Anda juga akan memperoleh bayak bandwith serta penyimpanan bila dibandingkan dengan menggunakan shared hosting. 

Setelah mengenal apa itu VPS, berikutnya adalah fungsi yang dimiliki VPS. Berikut berbagai macam fungsi VPS yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Web hosting

Apa itu VPS, utamanya adalah fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan data serta file website. VPS memberi sumber daya untuk web dengan traffic tinggi. Sumber daya yang diberikan bisa dikatakan pas. 

Hal ini disebabkan karena sumber daya yang diberikan tidak begitu besar hingga harus menggunakan dedicated server tetapi juga tidak begitu kecil seperti menggunakan shared hosting. 

Bukan hanya dari sumber dayanya, VPS juga menawarkan berbagai tools serta framework tambahan yang dapat Anda instal dengan mudah. Seluruh kelebihan VPS tersebut bisa diperoleh dengan harga murah. 

  • Game server

Apa itu VPS jika digunakan sebagai game server? Dengan server pribadi ini, Anda bisa dengan bebas melakukan berbagai macam hal yang erat kaitannya dengan game online. 

Contohnya saja seperti menginstal game serta mengadakan sesi bermain game menggunakan aturan sendiri. Selain itu Anda juga dapat membuat koneksi khusus untuk melakukan permainan agar bebas lag. 

Ketiga, Anda dapat menghindari adanya campur tangan pihak ketiga sehingga nantinya privasi akan jauh lebih terjamin. Tetapi, ketika menggunakan VPS sebagai game server, Anda harus memiliki prosesor yang cepat serta resource yang besar. 

  • Mengembangkan serta menguji aplikasi

Apa itu VPS jika digunakan untuk mengembangkan aplikasi? Siapa yang menyangka bila VPS juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi, mulai dari aplikasi website, desktop hingga platform seluler.

Ketika Anda menggunakan VPS, nantinya Anda dapat menginstal seluruh tools yang dibutuhkan, contohnya ketika tertarik membuat aplikasi dengan basis Windows. 

Bukan hanya itu, VPS juga bisa membantu melakukan pengujian aplikasi sebelum melakukan peluncuran. Dengan menggunakan hosting VPS, Anda bisa dengan mudah membuat ruang khusus di dalam VPS kemudian menginstal aplikasi di sana. 

Dari sini, Anda dapat melakukan modifikasi apps di ruang berbeda, melakukan testing bahkan melakukan identifikasi bug. Bila dibandingkan dengan mengeluarkan uang untuk langganan hosting, tentu saja VPS bisa menjadi pilihan menarik. 

  • Melakukan backup data

Ini menjadi fungsi dari VPS yang tidak boleh ketinggalan. VPS berfungsi sebagai backup data. Seperti yang kita ketahui, seluruh server sangat rentan mengalami kehilangan data. Contohnya seperti file terhapus, rusak hingga salah konfigurasi. 

Dengan adanya VPS untuk melakukan backup server, Anda dapat menyimpan data terakhir dengan up to date, apalagi bila banyak data yang harus Anda backup.

Selain menggunakan VPS, Anda juga dapat menggunakan atau berlangganan bersama cloud storage terbaik dari cloudstorage.co.id. Namun pastikan untuk tidak sembarangan dalam melakukan pemilihan. 

Untuk masalah memori penyimpanan, Cloud Storage bisa dikatakan lebih menarik dijadikan sebagai pilihan. Namun, sebelum melakukan pemilihan, mengetahui apa itu VPS menjadi hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *