Apa itu Cloud Storage, Jenis dan Fungsinya

Apa itu Cloud Storage, Jenis dan Fungsinya

Seiring dengan berkembangnya teknologi, ada banyak hal yang ikut berubah. Salah satu hal yang ikut berubah adalah media penyimpanan data. Saat ini sudah ada teknologi penyimpanan data yang bernama cloud storage. Media penyimpanan yang bernama cloud storage ini kini hadir menggantikan flashdisk dan hardisk. Banyak orang yang kini beralih ke cloud storage karena lebih praktis, mudah, dan juga aman. Jika kamu sudah menggunakan cloud storage, sudahkan kamu tahu apa itu cloud storage sebenarnya, jenis-jenis cloud storage dan juga fungsi dari cloud storage ini? Untuk mengetahui, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa itu Cloud Storage

Apa itu cloud storage? Secara umum cloud storage dapat diartikan media penyimpanan data-data secara online. Data-data yang kamu simpan ke dalam cloud storage juga sangat mudah untuk kamu akses kembali karena hanya membutuhkan jaringan internet saja.

Jika melihat dari kata-kata yang digunakan untuk media penyimpan online ini, yaitu cloud dan storage, maka kamu juga akan memiliki gambaran tentang apa itu cloud storage

Kata cloud dapat diartikan sebagai awan yang merupakan perumpamaan dari internet yang sangat luas dimana kamu bisa menyimpan apapun di dalamnya. Sementara storage merupakan media yang dapat menyimpan berbagai hal seperti audio, gambar, video, dan berbagai macam hal lainnya.

Cloud storage pada dasarnya adalah pengembangan dari cloud computing. Teknologi cloud storage pertama dikenalkan oleh John Mc Carthy pada sekitar tahun 1960 kepada Amazon. Amazon menjadi salah satu pelopor cloud storage di dunia dan sampai pada akhirnya kini banyak penyedia cloud storage seperti Google.

Cara kerja cloud storage ternyata juga cukup sederhana. Ketika kamu menyimpan sebuah file ke dalam cloud storage, maka file tersebut akan tersimpan dalam sebuah server atau hosting dan bisa kamu akses kapanpun ketika kamu membutuhkan selama ada jaringan internet.

Jenis-jenis Cloud Storage

Setelah mengetahui apa itu cloud storage, sudahkah kamu mengetahui jenis-jenis cloud storage? Berikut ini adalah beberapa jenis cloud storage yang perlu kamu ketahui

1. Personal Cloud Storage

Jenis cloud storage yang pertama adalah personal cloud storage. Cloud storage jenis ini adalah media penyimpanan yang hanya dapat diakses oleh satu orang dan bersifat hanya untuk kebutuhan personal orang tersebut saja. Contoh dari cloud storage jenis ini adalah iCloud pada perangkat Apple.

2. Private Cloud Storage

Jenis cloud storage yang berikutnya adalah private cloud storage. Jenis ini adalah media penyimpanan yang biasa digunakan dalam suatu perusahaan. Untuk mengaksesnya juga terbatas hanya menggunakan jaringan perusahaan tersebut.

3. Public Cloud Storage

Jenis cloud storage ini adalah cloud storage yang umum digunakan oleh banyak orang. Untuk mengakses file di dalamnya juga tidak memerlukan akses khusus dan bisa diakses oleh siapa saja

4. Hybrid Cloud Storage

Jenis cloud storage yang terakhir adalah hybrid cloud storage. Jenis ini adalah gabungan dari private dan public cloud storage yang biasa digunakan oleh suatu perusahaan. Dimana untuk file-file rahasia didalamnya dapat diakses menggunakan private cloud storage dan untuk file yang lainnya dapat menggunakan public cloud storage.

Fungsi Cloud Storage

Pada dasarnya cloud storage mempunyai tiga fungsi dasar yang dapat kamu manfaatkan. Berikut ini adalah tiga fungsi dasar dari cloud storage yang dapat kamu manfaatkan.

1. Media Penyimpanan Data-data Penting

Fungsi cloud storage yang pertama adalah fungsi utama dari cloud storage itu sendiri, yaitu sebagai media penyimpanan data-data penting. Dengan menggunakan cloud storage, kamu dapat memastikan bahwa data-data penting kamu akan selalu berada dalam tempat yang aman dan tidak akan pernah hilang.

2. Media Berkolaborasi

Ini adalah salah satu keunggulan dan juga fungsi dari cloud storage, yaitu sebagai media kolaborasi. Dengan menggunakan cloud storage, kamu dapat berbagi beberapa file dengan orang lain sesuai dengan keinginan kamu. Orang lain yang sudah kamu berikan akses ke dalam file dapat membantu kamu dalam mengerjakan file-file tersebut

3. Alat Berbagi

Fungsi dasar cloud yang terakhir adalah alat untuk berbagi berbagai macam media yang ada kamu miliki. Dengan menggunakan cloud, kamu hanya tinggal mengirimkan akses file tersebut dengan orang lain. Selain itu juga dengan menggunakan cloud storage, akan lebih mudah untuk mendapatkan file tersebut.

Saat ini untuk mendapatkan cloud storage tidaklah susah, sudah ada banyak penyedia cloud storage Indonesia yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu cloud storage, jenis-jenis dan juga fungsi dari cloud storage. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: