7 Contoh Cloud Storage Sebagai Media Penyimpanan Data

Contoh Cloud Storage

Contoh cloud storage memang cukup banyak. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan gratis. Cloud storage sendiri digunakan untuk menyimpan data secara online. 

Pada umumnya, memang banyak sekali orang yang sudah terbiasa menyimpan data pentingnya di memori internal maupun eksternal. 

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih menghadirkan cloud storage ini sebagai solusi terbaik yang akan memungkinkan Anda menyimpan banyak data secara cepat, dan mudah 

Lantas, apa itu cloud storage dan apa saja contohnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage merupakan sebuah metode penyimpanan data yang terdapat pada sejumlah server. 

Nah, untuk bisa mengakses data yang Anda simpan pada server ini, maka akan dibutuhkan koneksi internet yang stabil. 

Cloud storage sendiri menawarkan beberapa keunggulan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penyimpanan data pada memori eksternal. Keunggulan yang ditawarkan diantaranya adalah:

  • Cloud storage bisa diakses melalui banyak perangkat yang terkoneksi dengan internet stabil. 
  • Anda bisa membagikan data di server kepada pihak lain secara mudah, dan cepat. 
  • Dalam hal penyimpanannya, cloud storage bisa menjamin keamanan dan keutuhan data. 
  • Layanan cloud storage menawarkan layanan penyimpanan gratis. 

Contoh Cloud Storage

Setelah Anda mengetahui apa itu cloud storage dan keunggulannya dibandingkan dengan penyimpanan lain, maka Anda bisa mengetahui apa saja contoh cloud storage yang bisa digunakan berikut ini. 

1. Cloud Storage for Indihome

Cloud storage yang satu ini sangat recommended bagi kamu yang ingin menyimpan data secara aman baik foto, video, maupun file dokumen yang lain. Kamu dapat mengaksesnya kapanpun dan kapanpun, praktis bukan? 

Selain itu, kamu juga bisa berbagi akun dengan keluarga, mencadangkan kontak secara otomatis, serta akses yang sangat aman karena sudah menerapkan standar otentikasi biometrik, jadi bersifat sangat rahasia.

Keunggulan lainnya yang menjadi nilai plus bagi Cloud Storage for Indihome ini adalah semua data disimpan di dalam negeri/Indonesia, jadi keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

2. OneDrive

OneDrive merupakan cloud storage yang berasal dari Microsoft. Cloud storage ini langsung tersedia bagi para pengguna sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1. 

Dengan OneDrive ini, maka Anda bisa menyimpan berbagai jenis file, baik video, foto, maupun dokumen dengan lebih mudah dan cepat. 

3. Dropbox

Dropbox juga menjadi salah satu cloud storage yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Layanan penyimpanan yang satu ini memiliki fitur khusus, dan sangat mudah digunakan. 

Layanan penyimpanan ini bisa Anda akses melalui banyak perangkat, mulai dari Windows, Linux, Mac, iOS, Android, hingga Blackberry. 

Untuk kapasitas penyimpanannya tersedia secara gratis dengan memori sebesar 2 GB. Kapasitas ini tentunya sudah cukup untuk menyimpan beberapa data penting Anda. 

4. Google Drive

Untuk contoh cloud storage yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga. Bagi Anda yang memiliki email dengan basis Google, tentu sudah umum jika bisa menggunakan Google Drive. 

Penyimpanan Google Drive ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Bahkan, kapasitas yang disediakan bisa mencapai 15 GB. 

Kapasitas ini tentunya sudah mampu menyimpan berbagai jenis file yang mana telah terhubung dengan Google mail, Google+, dan Google Docs. 

5. Box

Jika Anda saat ini sedang menggeluti bisnis di bidang IT, maka untuk penyimpanannya bisa menggunakan Box ini. Fitur dasar yang ada pada cloud storage box ini  memang hampir sama dengan cloud storage lain pada umumnya. 

Khususnya,  untuk cloud storage box ini memiliki kemiripan dengan CD Google Drive. 

6. Copy

Copy cloud storage dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Barracuda Networks. Layanan penyimpanan yang satu ini memang sangat cocok digunakan untuk perorangan hingga para pelaku bisnis. 

Kapasitas penyimpanannya sendiri bisa mencapai 15 GB. Kapasitas sebesar itu bisa Anda dapatkan secara gratis, sama halnya dengan Google Drive. 

7. iCloud

Jika cloud storage dari iCloud memang lebih dikhususkan untuk pengguna Windows, untuk iCloud ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna Mac dan iOS saja. 

Cloud storage iCloud bisa digunakan secara otomatis oleh semua device Mac dan iOS yang terkoneksi dengan akun, dan tersambung pada iCloud yang sama. 

iCloud sendiri bisa Anda gunakan untuk back up kontak, kalender, bookmarks, notes, foto, dan data penting lainnya. Semua data tersebut akan tersimpan secara aman dalam server online Apple. 

Pengguna iCloud akan mendapatkan storage sebesar 5 GB secara gratis. Namun, Anda juga masih bisa menambah kapasitas storage hingga 50 GB dengan membayar 99 sen per bulannya. 

8. Mega

Mega merupakan layanan cloud storage yang berasal dari file hosting megaupload.com. File hosting ini merupakan layanan file download yang pernah sangat populer di masanya. 

Mega sendiri memberikan Anda ruang penyimpanan gratis hingga 50 GB. Namun, jika kapasitas penyimpanan tersebut masih kurang, Anda bisa membeli kapasitas tambahan dengan harga yang sudah ditentukan. 

Inilah beberapa contoh cloud storage yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan semua data penting secara online. Yuk, mulai gunakan Cloud Storage Indonesia terbaik sekarang juga untuk mengamankan semua datamu secara mudah!

Tinggalkan komentar Anda

%d bloggers like this: