4 Keuntungan Backup Data ke Cloud Storage yang Bisa Kamu Dapatkan

4 Keuntungan Backup Data ke Cloud Storage yang Bisa Kamu Dapatkan

Apakah kamu masih menggunakan hard disk untuk keperluan backup data? Tahukah kamu bahwa saat ini, banyak orang sudah lebih memilih menyimpan atau backup data ke cloud storage karena dianggap lebih efektif dan efisien. 

Mengapa demikian? Hal ini karena cloud storage mampu menjawab hampir semua masalah penyimpanan yang mungkin selama ini sedang kamu hadapi. Maka tak heran jika perkembangan cloud storage di era modern ini semakin melonjak setiap waktunya.

Kelebihan Backup Data ke Cloud Storage

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah sebuah layanan digital untuk mengakomodasi keperluan penyimpanan data di internet. Contoh layanan penyimpanan awan yang populer adalah Google Drive, OneDrive, Dropbox, iCloud, dan masih banyak lagi.

Salah satu manfaat dari penyimpanan awan adalah untuk mem-backup atau menyimpan duplikat data sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu media penyimpanan fisik mengalami gangguan atau kerusakan. Adapun kelebihan backup data ke cloud storage antara lain:

1. Menjaga File agar Tidak Hilang

Kita tidak pernah tahu tentang hal-hal yang mungkin akan terjadi pada media penyimpanan fisik di beberapa waktu kedepan nanti. Entah itu hilang, rusak, terserang virus, terkena hack, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu memiliki media penyimpanan cadangan untuk mencadangkan seluruh file-file penting yang masih tersimpan di storage fisik. 

Agar data penting kamu tetap terjaga dan tidak ikut hilang, maka tak ada ruginya untuk mem-backup file ke cloud storage sebagai langkah preventif. 

2. Data Tidak Akan Rusak

Saat file data kamu sudah tersimpan ke cloud storage, bisa dipastikan bahwa data-data tersebut tidak akan mengalami perubahan kualitas ataupun bentuk kerusakan lainnya. 

Kondisi dan kualitas file tersebut akan tetap sama sejak pertama kali kamu mengunggahnya ke media penyimpanan awan. 

Jikalau misalnya perangkat desktop atau mobile kamu mengalami hilang atau rusak mendadak, nasib file kamu akan tetap aman di cloud storage. Syaratnya kamu harus ingat dengan username dan kata sandi akun provider layanan cloud storage tersebut.

Dengan begitu, kamu hanya perlu melakukan login ulang untuk dapat mengakses semua file-file penting yang sudah tersimpan disana.

3. Mudah Diakses

Kelebihan backup data ke cloud storage selanjutnya adalah dapat diakses oleh siapa saja dan dengan jenis perangkat apa saja. 

Saat melakukan perjalanan jauh pun kamu tetap bisa mengakses seluruh file yang tersimpan dalam cloud storage asalkan perangkat kamu mendapat koneksi jaringan internet.

4. Tidak Membuat Memori Perangkat Penuh

Cloud storage mampu menyimpan segala jenis data baik itu teks, audio, video, dan jenis ekstensi file lainnya. Sebesar apapun data yang tersimpan dalam cloud storage tidak akan berpengaruh pada memori penyimpanan di perangkat kamu. 

Karena pada dasarnya, seluruh data kamu telah tersimpan dalam database digital khusus yang dikelola oleh pemberi layanan cloud storage terkait. 

Selain itu, penyimpanan awan juga tetap berani menawarkan kapasitas penyimpanan data yang cukup besar tergantung jenis provider-nya.

Sudahkah Kamu Melakukan Backup Data ke Cloud Storage?

Itu dia 4 kelebihan yang akan kamu dapatkan jika menyimpan data ke penyimpanan awan. Kamu bisa bebas memilih jenis provider-nya, namun saya sarankan kamu pakai Cloud Storage for IndiHome, agar akun kamu dengan baik agar tidak disalah gunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. yuk, gunakan Cloud Storage Indonesia sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *